Tour Mesir 2020

Tour Mesir 2020

Tour Mesir 2020

Mesir merupakan sebuah negara di Jazirah Arab yang memiliki nama resmi Republik Arab Mesir. Negara Afrika yang berbatasan langsung dengan benua Asia ini menyimpan sejarah panjang berbagai budaya, baik budaya Mesir Kuno dengan peninggalan-peninggalanya seperti piramida dan sphinx, budaya romawi, bizantium, yunani, hingga budaya Arab. Dalam perjalanan travel tour Aqsa, sahabat Tour Aqsa bisa menyempatkan waktu untuk singgah di negara padang pasir. Banyak peninggalan-peninggalan seni dan kebudayaan masa lalu yang bisa sahabat Tour Aqsa jadikan jujugan perjalanan wisata religi sahabat Tour Aqsa. Berikut ini peninggalan budaya Islam yang saat ini bisa sahabat Tour Aqsa temukan jika sahabat Tour Aqsa hendak melakukan Tour Mesir 2020 :

tour mesir terbaik di jakarta
tour mesir terbaik di jakarta
  1. Miqyas-al Nil

Bangunan Miqyas-al Nil atau yang sering dikenal sebagai Nilomerter merupakan sebuah masjid yang didirikan di atas sungai Nil, tepatnya berada di bagian selatan pulau Rodha di kota Kairo. Bangunan yang didirikan pada abad ke-9 dan sering disebut sebagai salah satu keindahan arsitektur peninggalan Islam Klasik yang masih bisa sahabat Tour Aqsa nikmati sampai saat ini. Pada mulanya bangunan ini ditujukan sebagai bangunan irigasi yang selanjutnya disebarkan ke penjuru kota Kairo. Di dalam Miqyas-al Nil terdapat lorong-lorong ke bawah dan anak-anak tangga yang juga berguna untuk mengukur debit air sungai Nil.

paket tour mesir 2020
paket tour mesir 2020

Bangunan ini dibangun oleh Ahmad ibn Muhammad ibn Katsir al-Farghani yang merupakan salah satu arsitek muslim yang tersohor di zamannya. Bangunan Miqyas-al Nil ini dihubungkan dengan kanal-kanal, kolam, dan danau buatan yang saat ini sudah terkubur sisa-sisa banjir sungai Nil. Namun sahabat Tour Aqsa masih bisa menyaksikan keindahan arsitektur Miqyas-al Nil yang megah dan indah, meskipun saat ini fungsi utamanya sudah tidak terpakai lagi.

  1. Masjid Amr bin Ash

Masjid pertama dan tertua di Mesir adalah Masjid Amr bin Ash. Amr bin Ash merupakan panglima perang pada masa Khalifah Umar Bin Khattab yang berhasil menundukan wilayah mesir dari pasukan Romawi pada tahun 641. Kala itu Amr bin Ash memproklamirkan Mesir sebagai wilayah kedudukan Islam dengan ibu kotanya Fustath, dan menjadi gubernur di sana. Pada awalnya Amr bin Ash mendirikan masjid ini dari batu bata dan batang pohon kurma, serta atapnya terbuat dari daun kurma kering. Seiring berjalannya waktu, masjid ini mengalami sejumlah pemugaran seperti perluasan wilayah masjid, penambahan 4 menara, penambahan kolom barisan di dalam masjid, hingga renovasi total akibat kebakaran di  akhir tahun 1700-an. Bangunan masjid yang saat ini bisa sahabat Tour Aqsa lihat dan gunakan untuk beribadah adalah hasil renovasi tahun 1800-an. Masjid yang merupakan makam dari Amr bin Ash ini juga pernah menjadi lokasi shooting sebuah film Indonesia, dan paling ramai didatangi umat muslim pada malam Lailatul Qadar.

  1. Masjid Ahmad Ibn Tulun

Masjid tertua ke-dua di Mesir ini merupakan peninggalan dari pendiri dinasti Tulun yakni Ahmad Ibn Tulun yang berkuasa di Mesir pada tahun 868-884 M. Masjid yang hingga saat ini masih memerlihatkan arsitektur gaya padang pasir dengan corak masjid Irak ini juga dikenal sebagai masjid Samarra sebab Ahmad Ibn Tulun sendiri berasal dari kota Samarra, Irak. Sahabat Tour Aqsa bisa menemukan masjid Ahmad Ibn Tulun di tengah kota Al-Qatai, tidak jauh dari Kairo.  Masjid seluas 2,6 hektar ini memiliki bangunan utama dengan luas lebih dari 16ribu m2 ini dibangun dengan dasar bata merah dengan plester semen. Masih ada pula menara batu yang direnovasi pada tahun 1296 berada di tengah masjid. Keindahan arsitektur klasik khas padang pasir yang tentunya akan membuat sahabat Tour Aqsa terkesan selama perjalanan tour Aqsa.

  1. Masjid Al-Azhar

Masjid di tengah kota Kairo merupakan masjid pertama yang dibangun dinasti Fathimiyyah saat berkuasa di Mesir. Masjid yang saat ini berada di depan Universitas Al-Azhar ini tidak boleh sahabat Tour Aqsa lewatkan karena keindahan menara dan arsitekturnya yang megah. Selain sebagai pusat ibadah para pelajar dan penduduk di sekitarnya, masjid ini juga menyimpan berbagai benda-benda kuno peninggalan dinasti Fathimiyyah beratus tahun yang lalu.

biaya tour mesir 2020
biaya tour mesir 2020
  1. Gunung Sinai

Gunung Sinai merupakan salah satu lokasi yang tersohor bagi beberapa budaya keagamaan seperti Islam, Katolik, dan Yahudi. Gunung yang terkenal karena dipercaya sebagai tempat Nabi Musa AS mendapatkan  wahyu yang dituangkan dalam 10 perintah Allah ini menjadi lokasi peziarahan dan wisata yang menarik. Gunung Sinai yang memiliki tinggi 2285 mdpl ini terletak di barisan selatan pegunungan di semenanjung Sinai. Gunung Sinai juga merupakan salah satu pendakian yang indah dengan batu-batu granit yang menyelimuti seluruh bagian gunung ini. Di kaki gunung ini sahabat Tour Aqsa juga bisa menemukan biara St. Katarina yang merupakan biara tertua di dunia.

paket tour mesir terbaik di jakarta
paket tour mesir terbaik di jakarta
  1. Mata Air Musa

Kisah pelarian Nabi Musa bersama Bani Israil tidak bisa dilepaskan dari negara Mesir. Jejak-jekan peninggalan yang terkenal selain Gunung Sinai adalah 12 mata air yang dipercaya muncul setelah Nabi Musa AS mendapat perintah dari Allah untuk memukulkan tongkatnya ke tanah. Situs mata air Musa ini bisa sahabat Tour Aqsa temukan di perbatasan antara pegunungan Sinai dengan provinsi Suez, sekitar 165 km dari Kairo.

travel agent muslim tour aqsa di jakarta
travel agent muslim tour aqsa di jakarta

Keduabelas mata air ini dipercaya mewakili masing-masing bani Israil yang ikut keluar bersama Nabi Musa AS dari Mesir. Bagi sahabat Tour Aqsa yang ingin melakukan tour Mesir 2020 nanti, sahabat Tour Aqsa bisa menyaksikan sumur-sumur batu di tengah padang gurun yang ditumbuhi pohon-pohon palem di sekitarnya. Keberadaan sumur-sumur dan pohon palem ini memberikan kesejukan tersendiri di tengah panasnya padang pasir.

  1. Benteng Qaitbay

Benteng Qaibay terletak di pesisir pantai utara Mesir, di kota Alexandria. Benteng Qaitbay merupakan sebuah bangunan benteng peninggalan  Sultan Al Ashraf An Nashr Syaufudin Qaitbay yang dibangun sekitar tahun 1423. Benteng yang didominasi warna putih pualam ini dibangun untuk mempertahankan kota Alexandria dari serangan pasukan Mongol.

Saat ini sahabat Tour Aqsa bisa menikmati panorama keindahan laut Mediterania dari dalam bagian benteng Qaibay ini. Selain keindahan lorong-lorong putih, sahabat Tour Aqsa juga bisa menikmati pemandangan kota Alexandria dari ruang-ruang yang ada di dalam benteng tersebut. Masih ada pula barang-barang sisa peperangan yang ditinggalkan dan terawat rapi di dalam benteng tersebut yang masih bisa Sahabat Tour Aqsa lihat.

Mesir menjadi tempat bersejarah bagi tiga agama besar Samawi yakni Islam, Katolik, dan Yahudi karena di sinilah sejarah Taurat Musa terjadi. Sisa-sisa peradaban ketiga agama, terutama Islam yang terakhir masuk ke negeri padang pasir ini masih dapat sahabat Tour Aqsa lihat dan gunakan selama melakukan travel tour Aqsa, sembari singgah ke Mesir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *