Tour Aqso 2020

Tour Aqso 2020

Tour Aqso 2020

Tour Aqsa bagi semua umat Islam adalah salah satu hal yang dinanti selain melaksanakan Rukun Islam. Menapaki sejarah agama sendiri, tentunya membawa dampak tersendiri bagi keimanan seseorang serta dapat lebih menghargai dan meneladani tokoh-tokoh dibalik tersebarnya dakwah Islam.

Sejarah Masjid Al-Aqsa

Sebelum memutuskan untuk Tour Aqso, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai sejarah dan fakta-fakta dari Masjid Al-Aqsa yang terletak di Palestina (Yerusalem). Kota yang sangat istimewa bagi agama Islam, dimana kota ini menjadi tempat bagi beberapa Rasul dalam menerima wahyu dari Rabb semesta alam.

tour travel aqsa jakarta
tour travel aqsa jakarta

Yerusalem dibangun pertama kali oleh Nabi Daud AS setelah berhasil menguasai kota tersebut dari masyarakat Yebusit. Selanjutnya kota ini dikembangkan dan dijadikan sebagai ibu kota kerajaan Nabi Daud. Tahta Nabi Daud kemudian digantikan oleh Nabi Sulaiman AS.

Pada masa Nabi Sulaiman AS inilah dibangun sebuah tempat yang mulia (Haekal atau Harem Syarief) yang sudah lengkap dengan singgasananya. Ahli Yahudi menyatakan bahwa Nabi Sulaiman Baitallah, yang kemudian menjadi tempat beribadah pertama yang dibangun dengan megah dan indah, bagi umat Yahudi.

Di tengah bangunan Baitallah tersebut terdapat Sakhrah Muqaddasah atau sebuah batu hitam. Berlandaskan pada batu tersebut, Rasulullah SAW melanjutkan mi’raj nya menghadap kepada Allah SWT untuk menerima perintah Shalat bagi umat Islam.

Tour Aqsa 2020 – Namun ternyata dalam buku Hanafi al-Mahlawi yang berjudul Al-Amakin al-Masyhuriyah fi Hayati Muhammad SAW, menyatakan bahwa jauh sebelum masa Nabi Sulaiman AS membangun Baitallah tersebut, ternyata nenek moyang Nabi Sulaiman AS yakni Nabi Ya’kub AS telah membangun sebuah bangunan Masjid di kota Yerusalem tersebut yakni Masjid Al-Aqso.

Sehingga Masjid ini sudah dibangun semenjak Nabi Ya’kub AS dan kemudian direnovasi oleh Nabi Daud AS dan disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS. Masjid yang menyimpan sangat banyak sejarah ini, ternyata merupakan masjid kedua yang dibangun di dunia ini setelah masjid pertama yakni Masjid Al-Haram (Makkah).

Dalam Shahih Muslim dan Shahih Bukhari disebutkan, bahwa Abu Dzar RA meriwayatkan dimana ia pernah bertanya kepada Nabi Muhammad tentang masjid yang pertama dibangun di muka bumi, maka Rasul menjawab : “Masjid Al-Haram.” Abu Dzar kemudian bertanya lagi masjid apa selanjutnya, Rasul menjawab : “Masjid Al-Aqsa.” Abu Dzar menanyakan pula mengenai jarak waktu pembangunan kedua masjid terebut, Rasulullah SAW menjawab : “40 tahun.”

Di dalam berbagai keterangan yang ada, Masjid Al-Aqsa ini pertama kali dibangun sekitar 2.500 tahun SM (sebelum masehi). Saat ini Masjid yang berada di Yerusalem Timur ini menjadi saksi konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel. Masjid berkubah perak ini berdiri di dalam kompleks Al-Haram Asy-Syarif yang memiliki luas area 14 hektare. Banyak fakta menarik seputar masjid ini yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan Travel Tour Aqsa Jakarta.

Fakta Menarik Mengenai Masjid Al-Aqsa

Tour Aqsa 2020 akan memberikan Anda pengetahuan menarik mengenai berbagai fakta dari Masid Al-Aqsa yang telah dirangkum dari beberapa sumber yang ada. Semoga nantinya fakta-fakta ini akan membuat Anda semakin tertarik dan segera menginjakkan kaki langsung di Masjid Tertua Kedua di Bumi ini.

  1. Menjadi Tempat Berpijak Nabi Muhammad SAW untuk Isra Mi’raj

Dalam perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad menuju ke langit, umat Islam meyakini bahwa beliau singgal di Masjid Al-Aqa dan berpijak di sebuah batu yang terletak di tengah bangunan Masjid. Tempat berpijak tersebut adalah batu hitam yang saat ini terdapat di bangunan yang dinamakan Dome of The Rock.

Nabi Muhammad AW pergi menggunakan Buroq saat Mikraj untuk melaksanakan perintah menjalankan shalat dari Allah SWT. Diyakini pula bahwa batu tersebut juga menjadi tempat dimana Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih Nabi Ismail AS.

Dalam beberapa hadis juga disebutkan bahwa masjid Al-Aqsa adalah masjid yang istimewa karena menjadi kiblat pertama bagi umat Islam. Semakin penasaran tentunya untuk segera menginjakkan kaki di masjid ini bukan?

  1. Terdiri dari Beberapa Bangunan Masjid

Banyak orang dan mungkin salah satunya Anda yang mengira jika hanya terdapat satu masjid di kompleks Al-Haram Al-Syarif ini yakni Masjid Al-Aqso. Cukup banyak juga yang menyebutkan bahwa Dome of The Rock adalah Masjid Al-Aqso.

muslim tour aqsa 2019
muslim tour aqsa 2019

Namun faktanya, ternyata tidak hanya terdiri dari satu masjid saja. Beberapa masjid yang ada di kompleks tersebut diantaranya Masjid Buraq, Masjid Marwan dan Masjid Qibly. Jadi tidak hanya ada masjid Al-Aqso saja, tetapi juga terdiri dari beberapa bangunan masjid. Travel Tour Aqsa akan mengantarkanmu berkeliling ke semua sudut kompleks dan mengulik sejarah pada masing-masing tempat tersebut.

  1. Pembangunan Kubah Batu Pertama dalam Sejarah Islam

Kubah pertama dalam sejarah Islam adalah Dome of The Rock. Bangunan kubah ini dibangun pada masa kepemimpinan Khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan. Penyempurnaan kubah dilakukan dengan penambahan lapisan emas dilakukan di masa pemerintahan Ottoman.

  1. Pernah Menjadi Tempat Pembuangan Sampah

Ternyata tempat suci bagi umat Islam ini pernah menjadi tempat pembuangan sampah di masa kependudukan Romawi. Ketika kompleks Al-Aqso tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah, umat Yahudi tidak diperbolehkan berada atau tinggal di kota tersebut.

Namun setelah Khalifah Umar bin Khatab berhasil mengusir Romawi dari kota tersebut, barulah Umar berhasil menyingkirkan semua sampah tersebut dengan tangannya sendiri. Umar sebagai pemimpin saat itu, juga memperbolehkan umat Yahudi kembali ke kota Yerusalem setelah beberapa abad diasingkan.

  1. Pernah Dibakar

Dennis Michael Rochan, zionis asal Australia pada tahun 1969 pernah membakar masjid Al-Aqsa. Api berhasil melahap mimbar Salahuddin al-Ayyubi dan seluruh tembok masjid. Saat kejadian tersebut tidak ada mobil damkar yang mendekat untuk memadamkan api. Api dipadamkan oleh umat Islam yang bergotong royong berusaha memadamkan kebakaran.

Atas aksinya tersebut, Rohan sempat diadili oleh pihak Israel kala itu. Tapi tidak beberapa lama, Rohan dibebaskan dengan alasan ia dinyatakan tidak waras atau dalam kondisi tidak sehat mental.

  1. Menjadi Kiblat Pertama bagi Umat Islam

Kiblat pertama bagi umat Islam adalah Masjid Al-Aqsa, dulu umat Islam melaksanakan shalat mengarah ke masjid ini. Hal itu hanya berlaku selama 16 hingga 17 bulan setelah perpindahan ke kota Madinah. Setelah Nabi Muhammad SAW mendapatkan petunjuk, barulah arah kiblat ini diubah dan dipindah menghadap Ka’bah di Makah.

travel agent tour aqsa di jakarta
travel agent tour aqsa di jakarta
  1. Tempat Lahir Karya-karya Besar dari Imam Al-Ghazali

Tour Aqsa selain mengajak berkeliling, juga akan memandu Anda untuk lebih memahami sejarah atau kejadian yang pernah terjadi di Aqso. Termasuk penjelasan mengenai lahirnya karya-karya besar dari Imam Al-Ghazali. Di Masji Al-Aqso ini beliau menuliskan “Ihya Ulumuddin.”

Diketahui bahwa Al-Ghazali tinggal di salah satu bangunan atau kamar yang terdapat di area kompleks Al-Aqso. Di tempat tersebut itulah beliau berhasil menuliskan karya terbesar tersebut. Anda bisa mengunjungi tempat ini saat sedang melaksanakan Tour Masjid Al-Aqso.

  1. Sebagai Saksi Tempat Pembantaian Umat Islam

Tempat bersejarah ini tidak hanya menyimpan sejarah bahagia bagi umat Islam, namun juga menjadi saksi masa kelam dalam sejarah umat Islam. Dimana 70ribu penduduk Islam dibantai oleh tentara salib, mereka pun mengubah fungsi dari bangunan yang ada di kompleks tersebut.

Masjid mereka jadikan sebuah istana sedangkan Dome of The Rock dijadikan kapel. Muslim yang berhasil selamat, kemudian di salib oleh tentara dan diletakkan di area pusat masjid. Mengunjungi Al-Aqsa dengan mengikuti Travel Tour Aqsa akan memberikan pengalaman berkesan bagi Anda. Sehingga pastikan Anda menggunakan Travel tour aqsa yang tepat dan terpercaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *