Tour Aqsa Jordan Mesir 2024

Tour Aqsa Jordan Mesir 2024

Saat mendapatkan kesempatan berlibur tentunya Sahabat Tour Aqsa akan merasa senang sekali kan? Terlebih waktu liburnya tergolong libur yang panjang, pasti langsung cuss nyusun rencana liburan. Kalau Sahabat Tour Aqsa punya waktu yang cukup lama untuk pergi berlibur, cobain deh untuk liburan ke luar negeri. Dijamin seru banget loh! Ga hanya seru aja yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan, akan tetapi kesan liburan yang memberi kesan yang berbeda dari liburan – liburan sebelumnya yang pernah dijalani. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mencoba untuk berlibur ke luar negeri cobalah untuk menentukan destinasi yang akan dijadikan tujuan Sahabat Tour Aqsa untuk berlibur. Pastinya Sahabat Tour Aqsa juga mempertimbangkan kesediaan biaya untuk pergi berlibur. Sahabat Tour Aqsa tak perlu khawatir dengan anggapan orang – orang yang bilang bahwa liburan ke luar negeri itu butuh biaya yang banyak. Sahabat Tour Aqsa cukup tenang, karena ada pula tujuan destinasi ke luar negeri yang biayanya tak menguras kantong Sahabat Tour Aqsa sekalian. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke luar negeri dengan biaya yang ramah kantong, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk mendaftar Tour Aqsa ataupun Tour Aqsa Jordan Mesir. Apabila Sahabat Tour Aqsa memilih untuk mendaftar Tour Aqsa Jordan Mesir, maka Sahabat Tour Aqsa akan diajak berkeiling ke 3 negara sekaligus. Bagaimana? Asik sekali kan? Tentunya amat disayangkan apabila Sahabat Tour Aqsa memiliki biaya yang cukup dan memiliki keadaan yang sehat namun enggan untuk berangkat. Jika Sahabat Tour Aqsa ingin mengumpulkan biaya, Sahabat Tour Aqsa dapat pula nantinya untuk mendaftar Tour Aqsa Tahun 2024. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi seputar Tour Aqsa Jordan Mesir 2024, yuk simak informasi dibawah ini.

Sepenggal Kisah Gerbang di Masjidil Aqsa

Banyaknya cerita yang menghiasi Aqsa membuat wilayah Aqsa dikenal luas oleh seluruh penduduk di penjuru dunia. Dengan banyaknya cerita yang ada, di wilayah Aqsa ini terdapat beberapa tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu di setiap peristiwa yang pernah terjadi. Kawasan yang paling bersejarah di wilayah Aqsa ialah berada di Kota Lama Yerusalem. Wilayah tersebut dikelilingi tembok yang tinggi dan panjang, termasuk Gerbang Emas. Tembok yang memiliki panjang 4 meter dengan tinggi sekitar 12 meter ini dibangun kembali diperkirakan pada tahun 1535 oleh kesultanan Ottoman. Saat masa pembangunan Gerbang Emas, ada yang meyakini bahwa gerbang tersebut dibangun pada akhir masa kekuasaan Bizantium. Akan tetapi, ada pula yang meyakini bahwa pembangunannya dilakukan pada awal masa kekhalifahan Umayyah. Gerbang emas ini memiliki arti yang penting bagi seluruh umat islam. Gerbang ini memiliki makna yang luar biasa karena melalui gerbang inilah yang menjadi akses langsung untuk menuju ke Masjidil Aqsa. Gerbang emas tepatnya berada di sebelah timur Al – Haram Asy – Syarief. Selain disebut gerbang emas, ada sebutan lain yang ditujukan untuk gerbang ini. Nama sebutan yang lain ini ialah Bab Al Dhahabi. Menurut informasi yang beredar, Gerbang Emas yang berada di Masjidil Aqsa ini terdiri dari dua pintu. Dari dua pintu yang ada, terdapat di sebelah selatan yang disebut dengan gerbang Ar Rahmah dan satunya lagi berada di bagian utara yang disebut dengan Gerbang At Taubah. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa penamaan Gerbang Ar Rahmah ini berasal dari pemakaman Ar Rahmah yang menjadi tempat disemayamkannya dua Sahabat Nabi Muhammad Saw. Diantara dua sahabat Nabi Muhammad Saw ini ialah Shaddad bin Aus dan Ubadah bin Samit.

Di Gerbang Emas inilah terdapat sejarah bagi perkembangan ilmu Islam. Karena di wilayah gerbang inilah diyakini sebagai tempat Imam Al Ghazali menulis beberapa bagian kitab Ihya Ulumuddin dan melahirkan karya besarnya. Disana pula Imam Al Ghazali juga diyakini berada untuk mengajarkan ilmu – ilmu yang dimilikinya. Sesuatu yang paling menakjubkan ialah bahwa di Gerbang Emas ini pula juga diyakini akan menjadi lokasi dimana Allah kelak menghisab amal manusia saat hari kebangkitan. Selain berkesan bagi umat islam, gerbang emas ini juga dianggap penting bagi umat nasrani dan yahudi. Bagi kaum Nasrani dan Yahudi, Gerbang Emas ini menjadi tempat Maria (Maryam) menemui orang tuanya setelah Malaikat Gabriel (Jibril) memberitahu bahwa ia akan memiliki seorang putra. Di Gerbang emas pula diyakini umat Nasrani sebagai tempat masuknya Yesus (Nabi Isa) pada Palm Sunday atau Minggu Palma (Hari Minggu sebelum Paskah). Yesus diyakini masuk dari gerbang itu ke kota Yerusalem sebelum akhirnya disalib. Sedangkan bagi kaum Yahudi, Gerbang Emas ini akan menjadi tempat masuknya Messias. Messias ini diyakini merupakan wakil Allah yang akan membawa keselamatan bagi umat Yahudi. Gerbang emas inilah yang menjadi tempat lewatnya utusan kuil untuk membawa domba kurban menuju padang pasir pada hari Yom Kippur.

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa terdapat sejarah panjang di balik kisah ditutupnya Gerbang Emas. Diketahui bahwa gerbang emas ini ditutup total pada tahun 1541 oleh Sultan Sulaiman dari Kesultanan Ottoman (Utsmani). Sebelum benar – benar ditutup tersebut, sebelumnya Gerbang Emas ini juga pernah ditutup di tahun 810 oleh umat muslim. Namun dibuka kembali pada tahun 1102 saat Perang Salib. Kemudian gerbang emas ini kembali ditutup oleh Shalahuddin Al Ayyubi. Pada saat itu, Shalahuddin Al Ayyubi berhasil memimpin pasukan untuk memenangkan Perang Salib, sehingga ia bisa menguasai Palestina dan Kota Yerusalem. Diketahui bahwa Sultan Sulaiman kembali menutup total gerbang itu ratusan tahun kemudian. Penutupan Gerbang Emas ini menjadi sebuah langkah untuk mempertahankan diri. Beliau meyakini bahwa umat Yahudi akan memasuki kota Yerusalem dari Gerbang Emas. Sebab itulah beliau memutuskan untuk menutup total Gerbang Emas. Keyakinan Sultan Sulaiman itu berasal dari informasi umat Yahudi yang menyebut bahwa Mesias (Juru selamat kaum Yahudi) akan tiba dan memasuki Yerusalem dari Gerbang Timur. Literatur Talmud juga memaparkan hal yang sama, dan menyebut gerbang dimaksud sebagai Gerbang Shushan yang mengarah ke Persia. Travel Tour Aqsa

Tak hanya Gerbang Emas, ada pula gerbang lain yang dianggap penting bagi umat Islam yakni Gerbang Hulda. Gerbang ini berada di tembok bagian selatan komplek Masjidil Aqsa yang juga memberikan akses langsung menuju ke Masjidil Aqsa. Terdapat dua kelompok pintu di gerbang Hulda, yaitu kelompok pintu sebelah barat yang terdiri dari dua pintu (Gerbang Ganda) dan kelompok pintu di sebelah timur yang terdiri dari tiga pintu (Triple Gate). Triple Gate ini juga disebut sebagai Bab An Nabi. Gerbang yang dilalui Nabi Muhammad pada saat masuk ke Masjidil Aqsa. Akan tetapi, Gerbang Hulda kini telah ditutup atau diblokir. Terdapat pendapat yang menyangkal bahwa tembok itu adalah gerbang. Padahal di gerbang ini ada lorong – lorong yang langsung mengarah ke Masjidil Aqsa yang diperkirakan tembus ke Gerbang Hulda. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa terdapat beberapa gerbang untuk menuju ke Kota Tua Yerusalem guna ke Masjidil Aqsa. Antara lain :

  1. Gerbang Damaskus

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa sebutan dari gerbang yang menghadap ke utara ini ialah Gerbang Nablus. Karena ada jalan dari gerbang mengarah ke Nablus atau Sechem. Jika diteruskan ke utara, maka akan mengarah ke Damaskus. Sat ini, Gerbang Damaskus merupan gerbang yang paling ramai karena terdapat pasar di sana.

  1. Gerbang Santo Stephanus

Sebutan lain untu gerbang ini ialah Gerbang Singa. Hal ini karena Sultan Sulaiman bermimpi diterkam sekelompok singa sebelum membangun gerbang ini.

  1. Gerbang Dung

Gerbang Dung ini berada di sebelah barat kota tua Yerusalem, gerbang ini sering dianggap sebagai Gerbang Belakang.

  1. Gerbang Herodes

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa nama gerbang ini muncul dari pemikiran para peziarah Kristen di tahun 1500 an. Mereka menyangka ada Istana Herodes di balik pintu gerbang ini. Ketika masa perang, gerbang di bagian utara kota tua Yerusalem ini pernah menjadi tempat masuknya pasukan Turki saat proses penguasaan Yerusalem.

  1. Gerbang Zion

Gerbang ini diyakini umat Yahudi sebagai Gerbang Daud, karena dekat dengan makam Nabi Daud. Terletak di atas bukit Zion dan menghadap ke kota Hebron.

  1. Gerbang Baru

Saat Gerbang Baru dibandingkan dengan gerbang lainnya, gerbang ini masih tergolong baru karena baru didirikan pada tahun 1880-an. Sebab itulah gerbang ini disebut sebagai gerbang termasuk paling baru.

  1. Gerbang Jaffa

Diketahui bahwa gerbang jaffa ini sudah ada sejak tahun 1800. Gerbang ini menjadi salah satu gerbang utama yang ada di kota Yerusalem. Jalan yang membentang dari pintu gerbang ini langsung mengarah pada Pelabuhan Jaffa.

Mudahnya Berlibur Bersama Satutours Travel

  1. Liburan Lancar, Anti Ribet

Salah satu hal yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan saat berlibur bersama Satutours Travel ialah akan mendapatkan pelayanan yang terbaik yang tentunya akan membuat liburan menjadi lancar dan anti ribet. Hal ini tentu tak akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan ketika liburan tanpa menggunakan jasa travel. Dengan menggunakan jasa travel bersama Satutours Travel Sahabat Tour Aqsa sekalian tak perlu repot untuk membuat jadwal perjalanan liburan yang rumit. Sahabat Tour Aqsa juga tak perlu kebingungan dalam menentukan dan memilih destinasi wisata mana saja yang ingin dikunjungi di negara yang dituju. Sebagian dari Sahabat Tour Aqsa mungkin beranggapan bahwa membuat itinerary merupakan hal yang mudah. Karena cukup cari di google dengan kata kunci yang dimaksud, Sahabat Tour Aqsa dapat menemukan puluhan destinasi menarik untuk dikunjungi. Padahal kenyataannya, membuat jadwal perjalanan tak semudah apa yang dibayangkan. Karena Sahabat Tour Aqsa harus mempertimbangkan faktor lain seperti harus tahu transportasi yang hendak digunakan hingga merancang urutan masing – masing wisata yang akan dikunjungi setiap harinya. Dengan menggunakan jasa travel, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak perlu ribet memikirkan hal – hal yang diulas tersebut. Melainkan cukup duduk dengan nyaman dan menikmati perjalanan. Sehingga, liburan yang nyaman pun akan membersamai Sahabat Tour Aqsa sekalian. Karena itulah, berlibur bersama Satutours Travel merupakan pilihan yang tepat bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian.

  1. Pemanfaatan Waktu Liburan Lebih Maksimal

Apabila Sahabat Tour Aqsa hanya memiliki waktu liburan yang terbatas, menggunakan jasa travel untuk pergi berlibur menjadi pilihan yang terbaik. Karena, keuntungan menggunakan jasa travel dibandingkan liburan tanpa menggunakan jasa travel ialah liburan yang lebih efisien. Saat menjelajahi negara serta lokasi baru, tak jarang ada kalanya bingung atau tersesat. Meskipun terbilang wajar, akan tetapi itu akan membuang waktu yang berharga. Tentunya sayang sekali bukan? Waktu yang seharusnya bisa untuk mengunjungi lokasi lain akan tetapi batal hanya karena hal tersebut. Nah, dengan menggunakan jasa travel tentu akan membantu Sahabat Tour Aqsa sekalian dalam merancang liburan yang lebih efisien. Sahabat Tour Aqsa juga dapat memiih paket liburan yang sesuai dengan keinginan Sahabat Tour Aqsa. Semua ini dapat Sahabat Tour Aqsa percayakan pada Satutours Travel yang siap membawa Sahabat Tour Aqsa berlibur dengan kesan yang istimewa.

  1. Kepengurusan Visa Keberangkatan

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang pernah berlibur ke luar negeri, pastinya juga pernah mengurus pengajuan visa yang tentunya telah mengetahui bagaimana ribetnya proses pengurusan tersebut kan? Tak bisa dipungkiri bahwa hal ini akan membuat membingungkan bagi yang pertama kali mengurus visa sendiri. Nah dengan menggunakan jasa travel, Sahabat Tour Aqsa tak perlu repot untuk mengurus bagaimana proses pengurusan visa ketika hendak berangkat ke luar negeri. Karena dengan Sahabat Tour Aqsa berlibur bersama Satutours Travel, maka perihal proses pengurusan visa telah menjadi tanggung jawab pihak travel. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak perlu repot memikirkan hal tersebut. Bagaimana? Anti ribet kan?

Sekilas Tentang laut Mati di Jordania

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa penamaan Laut mati yang berada di Jordan ini ada alasannya loh.. Alasan dinamakan laut mati ialah karena adanya kandungan garam yang amat tinggi sehingga tak ditemukan makhluk hidup di dalam air. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa kandungan garam yang terdapat di dalam air Laut Mati  di Jordan ini mencapai 33,7%, sedangkan kandungan rata–rata garam yang ada di laut seluruh dunia yaitu 3,5%. Nah, cukup tinggi kan? Tak berhenti sampai disitu, Laut Mati ini juga tak terlepas dari sejarah umat islam. Secara geologi Laut Mati di Jordan ini terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Jordan (Jordan Riff Valley). Yang mana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air garam, kapur dan gipsum.Terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi. Sejak jaman dahulu, material yang terdapat dalam Laut Mati ini dikenal karena memiliki banyak manfaat, salah satunya manfaat untuk perawatan kulit.

Berkunjung ke Masjid Ibnu Tulun di Mesir

Dari sekian banyak peninggalan bersejarah kisah umat islam di masa lampau, terdapat salah satu peninggalan umat Islam yang dikenal di Mesir yakni Masjid Ibnu Tulun. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid ini menjadi salah satu bukti kejayaan Islam di Mesir pada masa lampau. Bangunan masjid ini menjadi salah satu masjid tertua yang berada di Kota Kairo Mesir setelah Masjid Amr Ibn ‘Ash. Sebab itulah, tak heran apabila Masjid Ibnu Tulun ini dianggap sebagai situs kuno yang harus dilindungi Pemerintah Mesir. Menurut sejarah, Masjid Ibnu Tulun ini dibangun pada tahun 879 M oleh Gubernur Mesir pada saat itu yakni Ahmad Ibnu Tulun. Apabila dibandingkan dengan Masjid Amr Ibn ‘Ash yang merupakan masjid pertama di Mesir sekaligus di Benua Afrika, Masjid Ibnu Tulun ini terlihat lebih tua. Hal ini mungkin karena restorasi yang dilakukan di masjid ini yang masih berupaya untuk mempertahankan keaslian dari bangunan awalnya. Jika diperhatikan dengan detail saat mengelilingi masjid ini, maka Sahabat Tour Aqsa akan menemukan bagian dinding yang masih merupakan bagian dari bangunan aslinya.

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa bangunan Masjid Ibnu Tulun ini sudah mengalami beberapa kali perbaikan. Pertama kali dilakukan perbaikan diperkirakan pada tahun 1177. Pada saat itu negara Mesir ini berada di bawah kekuasaan Badr Al – Jamali yakni seorang gubernur yang ditunjuk oleh penguasa Daulah Fatimiyah. Al – Jamali ini dikenal karena gagasan pemikirannya untuk menambahkan kalimat Dan Ali adalah Wali Allah pada tulisan dua kalimat syahadat yang terdapat pada dinding mihrab Masjid Ibnu Tulun. Penambahan kalimat tersebut menjadikan tulisan kalimat dua syahadat yang terukir di dinding mihrab masjid ini yang dipercaya sebagai kalimat syahadat versi syiah. Perbaikan untuk kedua kalinya dilakukan pada masa Sultan Malik al – Mansur yakni penguasa Dinasti Mamluk di Mesir yang diperkirakan pada tahun 1296. Sultan Malik al – Mansur melakukan beberapa kali perbaikan serta penambahan bangunan baru. Proses perbaikan terakhir terhadap bangunan masjid bersejarah ini diketahui dilakukan pada tahun 2004 yang dilaukan oleh Dewan Purbakala Mesir.

Sama seperti masjid lainnya yang dibangun pada masa Dinasti Abbasiyah, di tengah – tengah Masjid Ibnu Tulun ini terdapat sebuah halaman yang amat luas. Diketahui bahwa luasnya melebihi ruangan masjid itu sendiri. Kemudian keberadaan halaman yang luas ini membuat suasana di dalam masjid lebih terasa sangat sejuk, karena adanya sirkulasi udara yang baik. Di bagian tengah halaman ada sebuah bangunan dengan kubah besar. Bangunan yang dilengkapi dengan kubah tersebut ialah sebuah sumur yang biasa dipergunakan sebagai tempat untuk mengambil air wudhu. Bangunan Masjid Ibnu Tulun ini tersusun atas koridor – koridor panjang yang disangga oleh pilar – pilar dengan ornamen ukiran ayat – ayat Alquran. Diketahui bahwa pilar tersebut terbuat dari batu bata yang diplester dengan semen. Koridor yang ada di masjid ini meniru bentuk bangunan gereja di Kairo pada masa lampau. Selain itu ada pula bagian lain yang tak kalah indahnya yakni mihrab masjid. Keseluruhan dinding mihrab masjid Ibnu Tulun ini dilengkapi dengan ukiran berbahan plester semen dan kayu serta mozaik kaca pada bagian atas dan panel marmer pada bagian bawah mihrab. Pada bagian atas mihrab terpahat tulisan dua kalimat syahadat. Sungguh indah sekali kan?

Inilah sekilas informasi seputar Tour Aqsa Jordan Mesir 2024 untuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke luar negeri dan ingin mencoba Aqsa sebagai tujuan berlibur. Dengan memilih paket Tour Aqsa Jordan Mesir, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan berbagai hal yang menarik selama liburan. Tak hanya sekedar dapat memandang kokohnya bangunan yang penuh kisah istimewa tersebut, namun Sahabat Tour Aqsa juga sekaligus mengetahui kisah sejarah yang ada di dalamnya. Tentunya sangat menyenangkan kan apabila berlibur sembari mendapatkan banyak hal baru? Semoga informasi ini bermanfaat untuk membantu Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana untuk berlibur dengan Tour Aqsa Jordan Mesir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *