Tour Aqsa Jordan Mesir 2021

Tour Aqsa Jordan Mesir 2021

Tour Aqsa Jordan Mesir 2021

Ketika hendak memutuskan untuk berlibur, tak jarang pula ada perasaan bimbang terkait destinasi wisata manakah yang hendak dikunjungi. Pasalnya, banyak sekali destinasi wisata yang tersebar luas seantero jagad raya ini. Pun jenis nya juga beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata religi pun ada. Namun, apabila Sahabat Tour Aqsa sekalian ingin menikmati liburan yang anti mainstream dan penuh akan makna, maka Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berlibur ke wisata yang memiliki nilai edukasi yakni sejarah yang terkandung di dalamnya. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak hanya sekedar berlibur, melainkan sembari menambah wawasan terkait sejarah yang pernah terukir di bumi ini. Jika memang Sahabat Tour Aqsa tertarik dengan hal yang demikian, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berlibur ke Al – Aqsa. Mengapa Al – Aqsa? Karena Al – Aqsa merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan muslim. Hal ini dikarenakan AL – Aqsa ini mengandung sejarah yang amat penting bagi umat muslim, salah satunya ialah peristiwa Isra Mi’raj. Oleh karena itu, tak heran apabila wisatawan muslim berbondong – bondong untuk berkunjung ke Al – Aqsa guna menyaksikan langsung bangunan yang menjadi sejarah tersebut. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berkunjung ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba Paket Tour Aqsa Jordan Mesir 2021. Dipastikan liburan Sahabat Tour Aqsa sekalian penuh makna. Untuk informasi lebih lengkap seputar Tour ke Al – Aqsa, yuk simak informasi di bawah ini.

Riwayat Al – Aqsa Sesungguhnya

  1. Terletak di Kompleks Kota Tua Yerusalem

Tahukah Sahabat Al – Aqsa sekalian bahwa Masjidil Aqsa merupakan sebuah kompleks di Kota Tua Yerusalem. Yerusalem ialah salah satu kota tertua yang ada di dunia. Pada masa lalu, konon katanya kota Yerusalem ini pernah berulang kali direbut, ditaklukan, dihancurkan dan dibangun kembali oleh berbagai pihak serta seakan setiap lapisan buminya mengungkapkan berbagai potongan sejarah masa lalu. Kota Tua Yerusalem ini  hanya memiliki luas kurang dari 1 km persegi. Akan tetapi mencakup banyak situs suci dari tiga agama yakni Islam, Yahudi, dan Kristen. Masjidil Aqsa sendiri ialah bangunan yang mencakup Kubah Batu (Dome of Rock) yang berkubah emas, Masjid Qibly, Masjid Buraq, dan Masjid Marwani. Masjid Qibly yang biasa disebut Masjid al-Aqsa karena paling dekat dengan kiblat di Kabah, Mekah. Kompleks masjid-masjid ini dinamakan Masjidil Aqsa atau kompleks Al-Haram Asy-Syarif. Masjid Qubbat as-Sakhrah atau Masjid Kubah Batu dikenal dengan sebutan Dome of the Rock. Kaum Yahudi biasa menyebutnya dengan sebutan Temple Mount (Gunung Kuil). Bangunan tersebut adalah sebuah bangunan yang terletak di tengah-tengah kompleks Al-Haram asy-Syarif, Masjid Al-Aqsa, di Kota Yerusalem.  Masjid ini biasanya disebut juga dengan Masjid Umar. Pembangunan masjid ini dimulai ketika Yerusalem jatuh ke dalam kekuasaan Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab.

  1. Seni Bangunan Agung Islam Pertama

Travel Tour Aqsa Jordan Mesir 2021 Jakarta
Travel Tour Aqsa Jordan Mesir 2021 Jakarta

Terletak di Baitul Muqaddis, Qubbat As-Sakhrah adalah seni bangunan agung Islam pertama yang didirikan pada kisaran tahun 685 M hingga 691 M oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan yakni khalifah Kerajaan Ummaiyyah. Kubah ini dibangun setengah tahun setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw. Inilah masjid pertama yang menggunakan kubah dalam sejarah arsitektur Islam. Interior Masjid Kubah Batu dihiasi dengan arabesk yakni hiasan berbentuk geometris, tanaman rambatan serta ornamen kaligrafi. Unsur hiasan ini sempat menjadi ciri khas arsitektur Islam sejak abad ke-7 M. Hingga saat ini, kaligrafi masih menjadi ornamen yang menghiasi interior bangunan sebuah masjid. Pembangunan masjid berkubah ini sepenuhnya dikerjakan dua orang Muslim yang berasal Palestina yakni Raja’ bin Hayat dari Bitsan dan Yazid bin Salam dari Jerusalem. Pembangunan kubah diawali oleh Khalifah Abdul bin Marwan yang terdiri atas tiga tingkatan. Tingkatan pertama dan kedua memiliki tinggi yang mencapai 35,3 meter. Secara keseluruhan, tinggi masjid mencapai 39,3 meter. Bagian dalamnya terdapat ruangan yang terdiri atas tiga koridor yang sejajar melingkari batu (sakhrah). Koridor bagian dalam merupakan lantai tawaf yang langsung mengelilingi batu, seperti tempat tawaf di Masjidil Haram. Dipenuhi ukiran-ukiran model Bizantium, di dalamnya terdapat mihrab-mihrab besar. Jumlahnya 13 buah dan masing-masing mihrab terdiri atas 104 mihrab kecil. Untuk memasukinya, ada empat pintu gerbang besar yang masing-masing dilengkapi atap.

  1. Pesona Interior Bangunannya

Bagian dalam masjid terdapat batu (sakhrah) yang berukuran 56×42 kaki. Di bawah sakhrah, terdapat gua segi empat yang luasnya 4,5×4,5 meter dan tingginya 1,5 meter. Layaknya ukiran-ukiran di dalam masjid, bentuk kubahnya juga banyak dipengaruhi arsitektur Bizantium. Hal menarik terkait Masjid al-Aqsha ini merupakan sebagai kiblat pertama umat Islam dan merupakan salah satu tempat Rasulullah Saw dalam perjalanan Isra. Dalam as-Sirah, ketika menjelaskan peristiwa Isra Mi’raj, Ibnu Ishaq menuturkan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu diperjalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yaitu Baitul Maqdis di Ilya.”

“Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami… (QS. al-Isra: 1).

Tour Aqsa Jordan Mesir 2021
Tour Aqsa Jordan Mesir 2021
  1. Penuh Keberkahan

Dikutip dari Ensiklopedia Sirah Nabi Muhammad, bahwa disebut aqsa (terjauh) karena memang jauhnya jarak antara Masjidil Aqsha dengan Masjidil Haram. Bagi umat Islam, Masjidil Aqsa adalah masjid yang hendaknya untuk diziarahi. Allah Swt menyebut Masjidil Aqsha sebagai tempat yang sekelilingnya diberkahi. Berkah tersebut mencakup keberkahan dalam bidang agama dan bidang dunia. Keberkahan di bidang agama karena merupakan tempat turunnya para nabi, sedangkan keberkahan dunia karena dikelilingi oleh kebaikan-kebaikan duniawi, yaitu terdapatnya sungai-sungai, pohon-pohon, dan buah-buahan yang semua itu menjadi sebab terpenuhnya kehidupan dan bahan makanan. Masjidil Aqsa adalah masjid kedua yang dibangun di atas bumi sebagaimana hadits Abu Dzar yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan muslim. Dia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah! Masjid manakah yang pertama dibangun di mukan bumi?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Haram.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian masjid mana?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Aqsa.’ Aku bertanya lagi, ‘Berapa jarak (pembangunan) antara keduanya?” Beliau menjawab, ‘Empat puluh tahun.’”

  1. Pendiri Masjid Al – Aqsa

Tahukah Sahabat Tour Aqsa sekalian bahwa terdapat perbedaan pendapat mengenai siapakah yang pertama membangunnya. Pendapat pertama menyatakan bahwa yang pertama adalah salah seorang putra Nabi Adam AS. Pendapat kedua menyatakan bahwa yang pertama membangunnya adalah para malaikat kemudian sebagian besar para nabi merawatnya. Disebutkan bahwa Nabi Ibrahim AS memperkokoh bangunannya. Demikian pula yang dilakukan oleh Nabi Ya’qub AS dan yang dilakukan Nabi Dawud AS serta putranya, Nabi Sulaiman AS, ketika umat Islam menaklukan Al-Quds pada tahun 15 Hijriah. Khalifah Umar ibnu al-Khaththab memasuki pelataran Masjidil Aqsha dan mengatakan, “Demi Allah! Inilah masjid Dawud AS, Rasulullah Saw telah mengabarkan kepada kami bahwa di sinilah beliau di-isra’-kan.” Umar ra lalu memerintahkkan agar Masjidil Aqsa dipugar.

  1. Menjadi Perhatian Para Khalifah

Semenjak ditaklukkan oleh umat Islam, masjid Al – Aqsa tersebut menjadi perhatian para khalifah. Adapun yang paling terkenal melakukan pemugaran adalah al-Walid bin Abdil Malik yang berasal dari Daulah bani Umayah pada tahun 72 Hijriah. Pada tahun 1099 Masehi, Pasukan Salib menyerbu kota al-Quds, mengepung, mendudukinya, serta membantai laki-laki, perempuan, dan anak-anak. Panglima Salib Raymonf memasuki pelataran Masjidil Aqsa di antara mayat-mayat yang berserakan dan darah yang mengalir. Al Quds jatuh di bawah pendudukan Tentara Salib selama 91 tahun. Kegelapan al-Aqsa tidak berlangsung lama sebab atas izin Allah, pada tahun 1887 Masehi, Shalahuddin al-Ayyubi berangkat menuju al-Quds dan berhasil merebutnya kembali. Setelah itu, para khalifah Daulah bani Ayyubiyah memberikan perhatian terhadap Masjidil Aqsa.

  1. Menjadi Situs Yang Populer

Masjidil Aqsa yang disebut juga dengan Baitul Maqdis kini sangat populer di Palestina dan dunia. Saat wilayah tersebut di bawah cenkeraman Yahudi-Israel. Masjidil Aqsa adalah satu dari tiga masjid yang menjadi tujuan perjalanan reliqi karena disunnahkan mendatangi dan berziarah ke sana.Kota tempat Masjidil Aqsa berdiri disebut kota al-Quds, kaum Yahudi menyebutnya Yerusalem . Sebuah nama berbahasa Arab yang mereka ubah menjadi Orsalim. Sama halnya mereka mengubah Birsyabi dari yang semula Bi’r as-Sab’. Masjidil Aqsa merintih dan meminta belas kasih dunia, semenjak Yahudi – Israel merampas dan menjajah al-Quds pada tahun 1967 Masehi.

Tips Memilih Jasa Travel

  1. Telah Berpengalaman Dan Professional

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak melaksanakan liburan hendaknya tak asal dalam memilih jasa travel. Sahabat Tour Aqsa harus jeli dan teliti dalam memilih jasa travel. Amati bahwa jasa travel yang profesional dapat menjelaskan secara rinci mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Memang tak ada salahnya ketika Sahabat Tour Aqsa mengetahui informasi dari teman dan kerabat yang berpengalaman dalam memakai jasa suatu travel. Selain informasi yang didapat, hal tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan Sahabat Tour Aqsa sebelum menjatuhkan pilihan. Pada dasarnya, pilihan perjalanan, semisal perjalanan keluarga, berkelompok/grup, petualangan, atau wisata pribadi, merupakan keputusan personal yang bertujuan sama yakni ingin mendapatkan kepuasan dalam perjalanan dari segi apa pun. Pada umumnya jasa travel yang berpengalaman dan professional tak semata mengejar transaksi pada saat itu saja, tetapi akan berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan klien mereka.

  1. Melihat Review Jasa Travel Yang Hendak Dipilih

Tak bisa dipungkiri bahwa jasa travel yang berkualitas pastinya memiliki reputasi yang bagus dimata customernya. Sudah dipastikan bahwa feedback yang jujur itu datang dari customer yang pernah menggunakan jasa travel tersebut. Sahabat Tour Aqsa perlu mengumpulkan semua review dan feedback dari semua jasa tour travel. Hal ini bertujuan agar memudahkan untuk melakukan perbandingan kualitas pelayanan. Carilah informasi tersebut di Internet, media sosial, forum traveling, atau website. Segala layanan jasa pasti tak ada yang sempurna, pasti ada saja feedback yang negatif. Nah yang harus Sahabat Tour Aqsa perhatikan adalah apakah jasa travel tersebut merespon dengan baik feedback negatif tersebut. Karena dengan cara memperbaiki layanan mereka, Sahabat Tour Aqsa dapat memperhatikan feedback negatif yang berulang, misalnya hari ini layanannya lambat, seminggu kemudian ada juga feedback tentang layanannya lambat. Berarti itu menunjukkan bahwa tidak ada perbaikan tentang jasa tour travel tersebut. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa dapat memilih jasa travel yang lebih baik.

  1. Fasilitas Yang Diberikan

Sahabat Tour Aqsa dapat juga menilai jasa travel dengan fasilitas yang disuguhkan. Dengan biaya yang akan Sahabat Tour Aqsa keluarkan, Sahabat Tour Aqsa berhak menanyakan apapun terkait dengan paket liburan. Terlebih terkait dengan fasilitas yang akan dapatkan nantinya. Sebaiknya Sahabat Tour Aqsa menanyakan dengan jelas sebelum memilih jasa tour travel, agar Sahabat Tour Aqsa tidak merasa dirugikan nantinya. Misalnya fasilitas hotel, makanan, bus, hingga tiket pesawat. Pastikan juga bahwa harga yang Sahabat Tour Aqsa keluarkan sesuai dengan fasilitas yang akan diberikan. Biasanya semakin tinggi paket harga, maka semakin banyak fasilitas yang akan Sahabat Tour Aqsa dapat. Jadi amati dengan betul terkait fasilitas apa saja yang diberikan sebelum Sahabat Tour Aqsa memilih jasa tour travel tersebut.

  1. Kejelasan Jadwal Perjalanan

Dengan memilih berlibur untuk menggunakan jasa travel, pastinya pihak jasa travel sudah menyusun acara tour mulai dari keberangkatan hingga kepulangan. Biasanya terdapat destinasi yang ditentukan oleh penyedia jasa travel yang tidak bisa diganggu gugat oleh anggota, misalnya spot berbelanja, restoran, hotel, dan sebagainya. Untuk itu Sahabat Tour Aqsa hendaknya mengetahui dengan jelas kemana Sahabat Tour Aqsa akan pergi dengan menanyakan seluruh acara tour tersebut. Sahabat Tour Aqsa dapat melihat kredibelitas perusahaan jasa tour travel dari jam terbangnya. Biasanya, perusahaan jasa tour travel yang punya jam terbang yang banyak bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut dapat dipercaya. Mengapa begitu? Karena dengan adanya jam terbang yang banyak, itu artinya sudah banyak orang yang sukses mereka berangkatkan. Dan mereka sudah berpengalaman dalam hal transportasi, memandu wisatawan, dan memberikan destinasi wisata yang menarik. Dan ketika sudah dikatakan berpengalaman, maka tak mungkin jadwal perjalanan tak tersusun dengan jelas. Oleh karena itu, Saat Sahabat Tour Aqsa melakukan survei jasa travel terkait jadwal perjalanannya. Sahabat Tour Aqsa dapat membaca itenerary yang biasanya tercantum dalam website resmi jasa travel tersebut.

Cara Menjaga Kesehatan Selama Berlibur

Liburan merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan dan dipercaya dapat melepas segala penat dalam diri. Namun, bagaimana jadinya ketika saat berlibur kesehatan sedang dikatakan kurang baik? Tentu liburan pun akan terganggu bukan? Oleh karena itulah, ada beberapa cara yang dapat Sahabat Tour Aqsa pahami agar selama berlibur tubuh senantiasa dalam keadaan sehat. Apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tetap sehat selama liburan? Berikut lebih jelasnya.

  1. Menjaga Pola Makan

Pada Saat liburan dan berkunjung ke lokasi yang sebelmnya belum pernah dikunjungi, tentunya Sahabat Tour Aqsa sekalian ingin mencoba berbagai makanan khas yang tersedia. Akan tetapi yang perlu di ingat ialah bahwasannya Sahabat Tour Aqsa sekalian tetap perlu menjaga porsi makanan, karena ini berguna untuk menjaga kesehatan selama berlibur. Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Jangan lupakan untuk memilih makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi agar tubuh tetap sehat. Selain itu, sebisa mungkin untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga. Pastikan bahwa makanan maupun tempat makannya bersih dan tertutup serta tidak terpapar debu yang mudah membawa kuman penyakit. Hindari konsumsi camilan tidak sehat sepanjang perjalanan. Misalnya kudapan yang mengandung penyedap rasa, pemanis, atau pengawet. Sebaiknya Sahabat Tour Aqsa menyiapkan bekal buah-buahan yang awet di perjalanan seperti apel dan jeruk. Sehingga kesehatan Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat lebih terjaga.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan merupakan salah satu hal yang hendaknya dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Mengkonsumsi air putih atau infused water akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh, badan jadi tidak mudah lemas ataupun dehidrasi. Kekurangan asupan cairan pada tubuh dapat menyebabkan pusing, mudah lelah, hingga kulit menjadi kering.   Menurut Alissa Rumsey, terapis nutrisi berbasis yang berbasis di New York, Amerika Serikat, air menyumbang 60 persen dari total berat tubuh. Maka itu kita perlu terhidrasi. Jadi perlu sekali untuk banyak minum air putih atau infused water selama liburan agar tubuh tetap sehat. Jangan lupa untuk membawa air minum sebagai bekal di perjalanan. Ingatlah bahwa perjalanan yang panjang dapat membuat Sahabat Tour Aqsa mengalami dehidrasi, terlebih jika dilakukan pada siang hari dan pasokan cairan dalam tubuh tidak mencukupi. Pastikan Sahabat Tour Aqsa mengonsumsi air putih delapan gelas per hari atau setara dengan 2 liter. Sebisa mungkin kurangi asupan minuman bersoda atau minuman manis. Hal ini bertujuan agar kesehatan Sahabat Tour Aqsa tetap terjaga selama perjalanan.

Travel Tour Aqsa Jordan Mesir 2021
Travel Tour Aqsa Jordan Mesir 2021
  1. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup merupakan salah satu faktor penting yang harus dilakukan guna menjaga kesehatan tubuh, terlebih pada saat berlibur. Karena tidur yang cukup dan berkualitas mampu menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga.  Saat Sahabat Tour Aqsa tidur dengan cukup selama delapan jam sehari di malam hari, maka akan terjadi peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh dan protein tertentu yang dapat melawan penyakit. Jadi, jagalah kualitas tidur Sahabat Tour Aqsa selama liburan. Begadang ataupun kurang tidur karena berlibur sangat perlu dihindari, karena ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Usahakan untuk tetap mendapatkan istirahat yang cukup serta berkualitas yakni selama delapan jam sehari di malam hari. Sehingga tubuh Sahabat Tour Aqsa tidak mudah sakit.

  1. Meluangkan Waktu Untuk Berolahraga

Saat liburan bukan berarti meliburkan diri juga dari olahraga. Sahabat Tour Aqsa harus tetap menyisihkan waktu untuk latihan fisik, terutama jika asupan makanan Sahabat Tour Aqsa tidak terkontrol alias selalu terisi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi dan kudapan manis. Hendaknya Lawan rasa malas yang ada dan luangkan waktu 30 menit saja untuk berolahraga. Bila Sahabat Tour Aqsa tak memiliki waktu berolahraga, Sahabat Tour Aqsa dapat menggunakan tutorial olahraga melalui video di YouTube. Cukup mudah bukan?

  1. Mencuci Tangan Dengan Teratur

Tahukah Sahabat Tour Aqsa sekalian bahwa ketika dalam perjalanan, tubuh jadi mudah letih dan mudah terserang penyakit. Mencuci tangan merupakan hal yang sangat penting untuk menghindari hal tersebut. Dengan mencuci tangan Sahabat Tour Aqsa dapat mencegah penularan penyakit yakni mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan ini dapat dilakukan pada saat sebelum makan, setelah menggunakan toilet umum, dan setelah memegang benda-benda milik umum. Yang tak kalah penting ialah gunakanlah masker jika di sekitar Anda banyak orang yang sedang flu atau batuk. Sebaiknya rajinlah mencuci tangan untuk mencegah penularan penyakit. Selain mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, hand sanitizer juga bisa menjadi pilihan yang praktis.

Demikianlah informasi bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak melaksanakan Tour Aqsa Jordan Mesir 2021. Sahabat Tour Aqsa dapat mengumpulkan informasi yang dapat menjadi bekal sebelum berangkat ke Al – Aqsa sembari menunggu keberangkatan. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *