Tour Aqsa Bandung

Tour Aqsa Bandung

Rutinitas di keseharian yang dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama memang terkadang membuat diri menjadi penat. Sebetulnya rasa penat merupakan sebuah isyarat bahwa Sahabat Tour Aqsa sekalian butuh beristirahat sejenak guna meningkatkan produktivitas lebih baik. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa salah satu hal yang dapat Sahabat Tour Aqsa lakukan disaat penat ialah dengan cara berlibur. Banyak sekali destinasi wisata yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang memiliki budget lebih untuk liburan, Sahabat Tour Aqsa dapat memilih liburan ke luar negeri. Tentu sangat menyenangkan bukan? Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur, namun tak sekedar liburan. Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba Paket Tour Aqsa. Mengapa? Karena dengan memilih liburan Tour Aqsa, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak hanya sekedar liburan untuk menghilangkan penat. Akan tetapi, lebih dari itu yakni berlibur sembari menyelipkan nilai edukasi yang tentunya menambah wawasan Sahabat Tour Aqsa sekalian sebagai umat muslim. Tentunya sangit menarik dan sayang sekali apabila dilewatkan. Sahabat Tour Aqsa dapat merencanakan liburan dengan mengikuti Tour Aqsa 2021. Tentunya asyik sekali bukan? Teruntuk Sahabat Aqsa yang tertarik dengan Tour Aqsa Bandung dan ingin mengetahui informasi lebih banyak terkait Tour Aqsa, Tour Aqsa Bandung maupun yang lain dengan lebih lengkap, yuk simak informasi dibawah ini.

Mengenal  Al – Aqsa

Sebagai umat muslim, tampaknya Sahabat Tour Aqsa sudah tak asing lagi apabila mendengar kata Al – Aqsa. Pasalanya, Al – Aqsa disebut sebagai salah satu tempat yang menjadi napak tilas nabi Muhammad Saw dalam sejarah isra’ mi’raj. Selain itu, Al – Aqsa memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh Sahabat Tour Aqsa. Hal ini dikarenakan Al – Aqsa memiliki latar belakang sejarah yang berkesan bagi umat muslim. Karena itulah, berkunjung ke Al – Aqsa merupakan salah satu rekomendasi yang tepat bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur dengan suasana yang religi. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketauhi bahwa Al – Aqsa atau yang biasa disebut dengan Haram Al-Syarif ialah salah satu masjid yang berada di kota Jerusalem (Al-Quds). Bukan menjadi hal yang asing lagi jika kota ini merupakan kota yang disucikan oleh tiga agama sekaligus yakni agama Islam, Kristen, dan Yahudi. Keberadaan masjid ini merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari Jerusalem.

Masjid Al – Aqsa bagi umat muslim menjadi salah satu saksi bisu bukti peninggalan perjalanan suci Nabi Muhammad Saw dalam menjalankan perintah dari Allah Swt. Perjalanan yang dilakukan dari Masjidil Haram di Makkah (Hijaz) ke Masjid Al – Aqsa (Palestina) yang kemudian diangkat hingga ke Sidratil Muntaha (Al-‘Arsy). Pada perjalanan ini yang disebut perjalanan Isra Mi’raj, Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul Allah yang terakhir menerima perintah langsung dari Allah Swt yakni untuk menjalankan shalat wajib lima waktu. Keberadaan Al – Aqsa di kota inilah yang menjadikan Jerusalem sebagai kota suci ketiga setelah Makkah dan Madinah bagi umat muslim seluruh dunia. Sehingga keberadaan masjid Al – Aqsa ini sebisa mungkin harus dipertahankan sesuai fungsinya yang sebagai tempat peribadatan umat muslim dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kota Jerusalem.

Keuntungan Berlibur ke Aqsa Bersama Jasa Travel

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa memanfaatkan liburan dengan berkunjung ke wisata religi seperti halnya berlibur ke Aqsa merupakan salah satu hal yang amat menyenangkan. Karena banyak hal yang akan Sahabat Tour Aqsa dapat selama menjalankan liburan. Nah, bagi yang bertanya – tanya apa sajakah keuntungan berlibur bersama jasa travel? Berikut lebih jelasnya.

  1. Mengoptimalkan Waktu Yang Ada

Salah satu keuntungan Ketika Sahabat Tour Aqsa memilih berlibur dengan jasa travel ialah waktu yang telah terjadwal dengan baik. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak perlu pusing memikirkan perihal waktu untuk berkunjung ke destinasi yang akan dituju. Selain waktu yang lebih maksimal, dengan menggunakan jasa travel Sahabat Tour Aqsa sudah dengan jelas mengetahui tempat tujuan wisata. Hal ini dikarenakan jasa travel telah Menyusun jadwal dan waktu sebaik mungkin untuk Sahabat Tour Aqsa sekalian. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan alokasi waktu yang cukup pada setiap destinasi wisata yang dikunjungi. Tentunya ini berbeda sekali Ketika Sahabat Tour Aqsa memilih berlibur tanpa menggunakan jasa travel. Karena Ketika Sahabat Tour berlibur tanpa menggunakan jasa travel maka, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak mengetahui Batasan waktu untuk satu tempat yang dikunjungi. Oleh karena itulah, terkadang tak terjadi kemaksimalan waktu untuk mengunungi destinasi wisata yang lain.

  1. Mengetahui Destinasi Yang Dikunjungi

Saat Sahabat Tour Aqsa memutuskan untuk berlibur menggunakan jasa travel, pastinya dalam setiap perjalanan yang dilakukan terdapat pemandu yang siap menjelaskan terkait histori dari destinasi wisata yang akan dikunjungi. Dengan begitu, Sahabat Tour Aqsa akan mengetahui nilai dari sebuah destinasi yang dikunjungi. Selain itu, Sahabat Tour Aqsa juga dapat mengetahui hal – hal apa saja yang menarik dan bisa dinikmati di destinasi wisata tersebut. Kesimpulannya ialah informasi yang Sahabat Tour Aqsa dapatkan dari mencari sendiri (berlibur sendiri tanpa travel) tentu tak akan sebanyak dan semudah di dapatkan Ketika Sahabat Tour Aqsa berlibur dengan menggunakan Jasa Travel. Travel Tour Aqsa

  1. Terjadwal dan Teratur

Tentunya asik sekali Ketika liburan yang Sahabat Tour Aqsa sekalian rencanakan dapat terlaksana dengan baik. Terlebih saat Sahabat Tour Aqsa memeprcayakannya pada jasa travel. Berkat memaksimalkan waktu dengan baik, maka Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat mengunjungi beberapa kota sekaligus. Hal ini tentunya karena campur tangan jasa travel yang telah mengatur sedemikian rupa jalannya liburan agar berjalan dengan baik. Sahabat Tour Aqsa dapat mencobanya pada saat hendak merencanakan liburan. Untuk jasa travel yang terpercaya, Sahabat Tour Aqsa dapat mempercayakannya kepada Satutours Travel. Wah Sangat asik sekali bukan?

Alasan Al – Aqsa Harus Dipertahankan

Sahabat Tour Aqsa tentunnya mengerti bahwa Palestina menjadi salah satu negeri Islam yang diberkahi. Tak hanya itu saja, di palestina ini penduduknya merupakan orang – orang yang paling berhak untuk menempati negeri itu daripada yang lainnya. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Palestina menjadi salah satu negeri yang menjadi tempat pelaksanaan Isra Nabi Muhamad Saw dan tempat beliau bertolak mira’j ke langit. Sedangkan Masjidil Aqsa yang terletak di Palestina adalah Masjid kedua di bumi yang dibangun setelah Masjidil Haram. Diriwayatkan dari Abu Dzar, dia berkata. “Aku bertanya kepada Rasulullah tentang masjid pertama yang dibangun di bumi.” Beliau menjawab, “Masjidil Haram.” “Aku bertanya lagi kemudian masjid apa lagi?” Beliau menjawab. “Masjidil Aqsa.” Aku bertanya lagi, “Berapa lama jarak pembangunan keduanya?” Beliau menjawab “40 tahun.” (Bukhari, Muslim, Nasa’i).

Menurut riawayat dari Thariq As-Suwaidan dalam bukunya “Misteri Haji dan Umrah, Mengungkap Rahasia Besar Amalan Haji dan Umrah” menuliskan bahwasannya umat Muslim di seluruh dunia diharap menumbuhkan perhatian umat muslim terhadap permasalahan yang menimpa tanah Palestina yang penuh berkah ini, dan mengembalikannya sebagai tanah kaum muslimin lagi. Umat Islam seluruh dunia harus bahu – membahu membantu menyelesaikan permasalahan tanah Palestina yang terjajah. “Kita berikan segala bantuan yang kita mampu kepada saudara-saudara kita yang terjajah, baik itu hartaku jiwa, waktu, rumah, maupun kontribusi lainnya,” katanya.

Sahabat Tour Aqsa hendaknya memahami bahwa permasalahan Palestina merupakan permasalahan paling utama yang menjadi perhatian Sahabat Tour Aqsa sekalian. Sahabat Tour Aqsa harus mampu memberikan apa yang Sahabat Tour Aqsa miliki untuk menolong penyelesaian masalah tersebut baik itu berupa semangat, tulisan maupun ungkapan perasaan Sahabat Tour Aqsa yang dapat memacu semangat untuk turut serta memperjuangkannya. “Mari kita ulurkan tangan membantu perjuangan intifadah (perjuangan) anak-anak Palestina yang berjuang melawan tirani Israel dengan hanya bermodalkan batu. Mari kita dukung perjuangan mereka dan kobarkan semangat perjuangan untuk membasmi para penjajah yang menyiksa penduduk Palestina, baik secara materiil ataupun moril,” tulis Thariq. Di sisi lain, umat Islam juga diharap memanjatkan untaian doa kepada Allah siang dan malam, agar segera menyingkap awan kelam yang menyelimuti umat islam di Palestina dan menghilangkan segala kesusahan mereka di dunia, serta membasmi ke jaliman yang menghantui kehidupan mereka.

Momen Pembebasan Al – Aqsa

Pembebasan masjid yang menjadi saksi sejarah sakral umat muslim ini sudah semestinya dilakukan. Pertemuan-pertemuan negara-negara muslim dunia yang digelar di berbagai negara telah kembali berhasil menaikkan isu pembebasan Al-Aqsa ini. Secara konsepnya pembebasan Al-Aqsa memang perlu dilakukan pembebasan terhadap Jerusalem sebagai satu bagian yang tak terpisahkan. Pembebasan ini memiliki konsekuensi logis untuk berhadap-hadapan kembali dengan Israel. Secara politik Internasional Israel telah berhasil membujuk Amerika Serikat yang tadinya berposisi sebagai mediator menjadi mendukung penuh akuisisi Israel atas Jerusalem. Hal ini diperlihatkan oleh Amerika Serikat yang memindahkan kedutaan besar mereka ke Jerusalem. Selain itu, Amerika Serikat pun secara terang-terangan telah mengakui Jerusalem sebagai ibu kota negara Israel. Aksi ini pun dikecam oleh seluruh negara-negara muslim dan organisasi-organisasi muslim di seluruh dunia. Akhirnya negara-negara muslim ini melakukan pertemuan guna membahas permasalahan ini.

Hal utama yang dikhawatirkan apabila Israel dibiarkan bebas menjamah kompleks Al – Aqsa ini tentunya akan terjadi perusakan dan penurunan fungsi masjid bukan lagi sebagai tempat ibadah. Selain itu juga Al – Aqsa juga merupakan simbol kesucian bagi umat muslim dunia. Kejatuhan Al-Aqsa ini merupakan tamparan keras bagi kewibawaan umat muslim. Oleh sebab itu perlu adanya perjuangan pembebasan Al – Aqsa guna mengembalikan kewibawaan umat muslim di mata dunia. Pada prosesnya perlu adanya langkah – langkah yang dilakukan guna berhasilnya agenda pembebasan ini. Politik pendudukan wilayah yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina telah menyebabkan penderitaan di berbagai sektor kehidupan rakyat Palestina. Penderitaan multi dimensi ini telah menyebabkan kemerosotan kesehatan, fasilitas – fasilitas penunjang, hingga sarana prasarana umum yang kian merosot. Setidaknya perlu adanya 10 agenda yang dapat diwacanakan dan digunakan sebagai salah satu masukan guna dirumuskan lebih lanjut nantinya. Hematnya berikut strategi untuk pembebasan palestina terdiri dari:

  1. Menumbuhkan ekonomi kerakyatan di internal rakyat palestina agar bisa menjadi basis perekonomian yang kuat antar masyarakat.
  2. Memberikan pelayanan yang layak untuk wanita dan anak-anak palestina. Pelayanan dalam hal ini ialah pelayanan kesehatan dan juga pelayanan pendidikan.
  3. Palestina agar lebih giat lagi menguatkan jalur – jalur diplomasinya di luar negeri. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan solidaritas antar negara pendukung Palestina, terutama negara-negara muslim di dunia.
  4. Pada era disrupsi seperti sekarang ini, perlu kiranya Palestina beserta negara-negara sahabatnya membuka peluang-peluang jalur diplomasi baru dengan pihak-pihak negara besar di dunia. Terutama mendesak negara-negara besar dunia untuk menyatakan sikapnya atas Palestina.
  5. Perlu adanya sebuah langkah-langkah taktis yang holistik mulai dari langkah sosial budaya, langkah politik, militer, hingga arus pergerakan masyarakat dengan visi kemerdekaan yang hakiki.
  6. Mendesak PBB untuk turut campur dalam urusan HAM, terutama pengadilan terhadap kejahatan-kejahatan Israel terhadap rakyat Palestina.
  7. Pembatasan ruang gerak aktivitas peribadatan di Al-Aqsa pada dasarnya pun termasuk pelanggaran terhadap HAM. Isu yang bisa dinaikkan ialah isu tentang HAM. Pada poin ini langkah yang dapat dilakukan ialah mendorong dunia Internasional melalui media-media kampanye untuk mengangkat isu HAM sebagai isu Palestina.
  8. Perlu dibuatkan sebuah konsorsium dunia yang fokus mengurus persoalan Palestina. Konsorsium ini dimaksudkan agar fokus pengawalan terhadap isu dan pencarian pendanaan terhadap diaspora Palestina bisa terdistribusikan dengan baik dan tepat sasaran.

Strategi tersebut dapat dilakukan apabila negara – negara muslim dan para pendukungnya mampu bersatu dalam satu tujuan yang sama yakni pembebasan masjid Al – Aqsa. Pembebasan Al – Aqsa sebagai bagian tak terpisahkan dari pembebasan Jerusalem. Kemudian pembebasan Jerusalem dapat terwujud sebagai konsekuensi logis dari pembebasan Palestina secara keseluruhan.

Hal Menarik Aqsa Yang Perlu Diketahui

Saat Sahabat Tour Aqsa hendak berlibur ke Aqsa tentunya menjadi salah satu hal yang sangat istimewa. Pasalnya, dengan Sahabat Tour Aqsa berlibur kesana, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan banayk cerita dan pengalaman yang anti mainstream. Hal menarik apa saja yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui? Yuk simak berikut ini.

  1. Satu – Satunya Masjid Selain Ka’bah Yang Disebutkan Dalam Al – Qur’an

Masjid Al – Aqsa adalah satu – satunya masjid yang terkutip dalam kitab suci agama islam. Begitu istimewanya Al – Aqsa ini. Kutipan terkait Al – Aqsa ini disebutkan dalam Q.S. Al – Isra ayat 1 ketika Allah berfirman terkait isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Berikut kutipannya yang artinya : “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Isra’ : 1)

  1. Dome Of The Rock Yang Asli Terlihat Sangat Berbeda

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa the Dome of the Rock dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik ibn Marwan. Pada Mulanya kayu dengan kuningan, timah atau penutup keramik. Kubah ikon yang pada umumnya semua orang tahu bahwa kubah itu dibangun hampir seribu tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Ottoman, Suleyman yang Agung. Lapisan emas khas ditambahkan ke kubah bersama dengan ubin Ottoman ke fasad bangunan.

  1. Kompleks Juga Merupakan Tanah Pemakaman

Memang tidak ada catatan khusus dan akurat terkait siapa saja dan berapa banyak yang telah dimakamkan di lokasi tersebut. Namun yang perlu diketahui ialah di al – Haram as – Sharif merupakan tempat peristirahatan bagi banyak Nabi dan Sahabat Nabi.

  1. Pernah Digunakan Sebagai Tempat Pembuangan

Sejarah menyebutkan pada jaman dahulu ketika orang-orang Romawi mengasingkan orang-orang Yahudi dari kota, sebagian besar penduduk Romawi menggunakan area Masjid Al-Aqsa sebagai tempat pembuangan sampah. Ketika Umar Radhiyallahuanhu membuka kota bagi Islam, ia membersihkan sampah dengan tangan kosong. Dia juga mengakhiri pengasingan orang Yahudi yang sudah berabad-abad, memberi keluarga pengungsi hak untuk tinggal di Yerusalem sekali lagi.

  1. Pernah Terjadi Pembakaran

Pada tahun 1969, seluruh Masjid al Qibly pernah terjadi insiden dibakar hingga habis. Diketahui bahwa terdapat seorang Zionis Australia dengan sengaja membakar mimbar Nuruddin dan Masjid Qibly. Kebakaran yang dihasilkan hampir menyelimuti seluruh masjid. Dunia Muslim terbangun dengan pemandangan dari mimpi terburuk dari yang buruk. Mereka putus asa dan mencoba memadamkan api semampu mereka. Seluruh umat manusia menggantungkan kepalanya karena malu. Sejak saat itu, masjid itu dibangun kembali. Namun, seperti dinukil dari Shugal, serangan terhadap situs tersuci ketiga dalam Islam rupanya masih berlanjung hingga hari ini. Penggalian yang merusak fondasi seluruh masjid, kunjungan yang tidak sah, dan ancaman harian untuk membangun kembali kuil tua semuanya sedang berlangsung. kejadian masa lalu ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga situs paling suci ketiga dalam Islam ini.

  1. Tempat Al – Ghazali Hidup dan Menulis Karya Terbesarnya

Al – Ghazali merupakan salah satu ulama paling terkenal dalam sejarah umat muslim yang memiliki nama lengkap Imam Abu Hamid Al – Ghazali. Al – Ghazali menghabiskan hari – harinya di Masjid Al – Aqsa yakni menulis yang dianggap sebagai karya terbesarnya yang berjudul Ihyaa Ulum Al – Din (Kebangkitan Ilmu Agama). Al – Ghazali merupakan sosok yang dihormati oleh semua aliran pemikiran, hal ini dikarenakan kemampuannya terjun ke kedalaman jiwa manusia sambil tetap berlabuh pada ajaran Al – Qur’an dan Nabi. Sebuah bangunan di Masjid Al – Aqsa menandai yang menjadi bekas kamar lamanya.

  1. Pernah Terjadi Lokasi Pembantaian

Pada jaman dahulu saat tentara Salib pertama datang ke Yerusalem, mereka menemukan mayoritas penduduk Muslim terkurung di Masjid Al Aqsa. Mereka membantai sekitar 70.000 dari mereka dan kemudian mengubah Masjid Qibly menjadi istana, kubah menjadi kapel, dan ruang bawah tanah menjadi kandang kuda. Seperti dituliskan di Shugal, umat Muslim yang selamat dari pembantaian awal kemudian disalibkan di sebuah salib besar yang ditempatkan di dekat pusat masjid. Inilah satu-satunya salib yang dipecahkan oleh Salahudin. Dasar salib sendiri hingga kini masih bisa terlihat di sana.

  1. Tak Hanya Satu Masjid Saja

Tahukah Sahabat Tour Aqsa? Bahwasannya Masjid Al – Aqsa itu tak hanya terdiri dari satu masjid saja. Melainkan ada beberapa masjid. Kebanyakan orang cenderung menganggap masjid Al – Aqsa sebagai bangunan di sudut paling selatan masjid. Sebenarnya, itu merupakan masjid kiblat. Hal tersebut dikatakan demikian karena itu merupakan salah satu yang terdekat dengan kiblat. Namun, pada kenyataannya seluruh kompleks adalah bagian dari Masjid Al – Aqsa. Nama lainnya biasa disebut dengan Al – Haram As – Sharif.

Inilah sekilas informasi mengenai Tour Aqsa Bandung yang dapat menjadi referensi terbaik Sahabat Tour Aqsa sekalian. Semoga seluruh informasi yang dipaparkan dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *