Tour Aqsa 2024

Tour Aqsa 2024

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa berkunjung ke Aqsa menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh umat muslim. Karena saat Sahabat Tour Aqsa berlibur dengan mengunjungi Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat melihat – lihat langsung beragam bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu persitiwa penting dalam islam. Luar biasa kan? Dengan Sahabat Tour Aqsa berlibur ke Aqsa pula Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk melaksanakan shalat di Masjidil Aqsa. Masjidil Aqsa ini merupakan salah satu masjid yang istimewa setelah Masjidil Haram di Makah dan Masjid Nabawi yang berada di Madinah. Karena dianggap istimewa inilah saat Sahabat Tour Aqsa dapat melaksanakan shalat di Masjidil Aqsa, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Sebab itu, bagi wisatawan yang berkunjung ke Aqsa pastinya tak melewatkan momen istimewa yang satu ini yakni shalat di Masjidil Aqsa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke Aqsa kemudian ingin pula merasakan syahdunya shalat dan beribadah di Masjidil Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftar paket Tour Aqsa ataupun paket Tour Aqsa Jordan Mesir di Satutours Travel. Sahabat Tour Aqsa tak perlu khawatir. Karena selain sudah berpengalaman dan amanah, Satutours Travel juga menyiapkan harga yang ramah kantong loh. Nah.. bagi Sahabat Tour Aqsa yang persiapan untuk mendaftar Tour Aqsa di tahun ini, tahun berikutnya ataupun Tour Aqsa Tahun 2024, hendaknya pantau terus informasi yang ada ya. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin menegtahui informasi lebih lengkap seputar Tour Aqsa 2024, simak terus ulasan dibawah ini ya.

Menikmati Syahdunya Sujud di Masjidil Aqsa

Sebagai umat muslim yang sedang berlomba – lomba mencari pahala kebaikan dari amalan yang dilakukan, maka tak heran apabila Sahabat Tour Aqsa sekalian amat mendambakan dapat mengunjungi tempat – tempat terbaik dengan pahala yang berlipat ganda. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang amat dinanti dapat berkunjung dan melaksanakan ibadah, ada pula Masjidil Aqsa yang tak kalah istimewanya dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Masjid yang letaknya berada di Kota Tua Yerussalem Timur ini pada zaman dahulu mulanya disebut dengan Baitul Maqdis yakni kiblat shalat umat Islam yang pertama sebelum berpindah ke Ka’bah yang berada di Masjidil Haram, Mekah. Penamaan Masjid Al – Aqsa ini diambil dari Bahasa Arab (yakni =  Al-Masjid al-Aq ) yang memiliki arti ” Masjid Terjauh “. Tak seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang terus melakukan perluasan wilayah, menurut sejarah Masjidil Aqsa ini tak bertambah dan berkurang luasnya. Karena terletak pada kompleks Baitul Maqdis, tak jarang sering terjadi keliruan diantara pengunjung mengenai di mana sebenarnya letak Masjidil Aqsa. Sahabat Tour Aqsa hendaknya mengetahui bahwa, Masjidil Aqsa ialah nama dari kompleks tersebut dan di dalamnya tak hanya terdiri dari Jami’ Al Aqsa saja, namun terdapat pula Kubah Shakhrah atau yang dikenal dengan bangunan berkubah emas dengan nama lain Dome of The Rock serta berbagai situs bersejarah lainnya.

Beribadah di Masjidil Aqsa ini sudah dikenal keistimewaan pahalanya yang luar biasa. Sebab itulah, saat Sahabat Tour Aqsa berada di Aqsa, tentunya jangan sia – siakan waktu hanya untuk berkeliling serta menikmati pesona sekitarnya saja. Akan tetapi manfaatkanlah pula kesempatan yang ada untuk melakukan ibadah yang pahalanya dilipatgandakan oleh Allah Swt. Tentunya sangat istiewa sekali kan? Karena itulah, saat berada di Aqsa hendaknya Sahabat Tour Aqsa memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk mencari pahala dengan menikmati syahdunya sujud di Masjidil Aqsa. Saat Sahabat Tour Aqsa dapat berangkat ke Aqsa pun hendaknya mengingat dan bersyukur bahwa tak semua orang mendapat kesempatan untuk dapat pergi berlibur sembari menikmati ibadah dan mencari pahala. Dari Abu Darda’ dan Jabir RA, dari Nabi Muhammad SAW bersabda bahwasannya “Keutamaan shalat di Masjidil Haram adalah seratus ribu kali shalat atas masjid selainnya. Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) adalah seribu shalat. Sedangkan di masjid Baitul Maqdis adalah 500 kali lipat” Coba amati bahwa saat Sahabat Tour Aqsa melakukan shalat di Masjidil Aqsa akan mendapat pahala 500 kali lipat, banyak sekali kan.. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana berangkat berlibur ke Aqsa cobalah untuk merasakan nikmatnya sujud dengan syahdu di Masjidil Aqsa. Untuk melaksanakan satu kali shalat saja pahalanya 500 kali lipat, apalagi saat Sahabat Tour Aqsa shalat berkali – kali yakni shakat 5 waktu di Aqsa. Wah, sungguh luar biasa pahala yang akan di dapat Sahabat Tour Aqsa, saat Sahabat Tour Aqsa dapat merasakan syahdunya nikmat sujud di Masjidil Aqsa.

Sedang Mengumpulkan Biaya Untuk Berlibur? Simak Tips Ini Yuk!

Dalam benak terdalam Sahabat Tour Aqsa pastinya ingin melakukan liburan kan? Terlebih di keseharian Sahabat Tour Aqsa sangat disibukkan dengan aktivitas yang sangat membosankan dan lama – kelamaan semakin membuat jenuh. Apabila kondisi tersebut dibiarkan secara terus menerus pastinya tak akan baik dan akan mempengaruhi produktivitas kerja bukan? Nah.. salah satunya yang dapat menjadi penghibur Sahabat Tour Aqsa dikala jenuh ialah hanya dengan pergi berlibur. Akan tetapi sayangnya tak semua Sahabat Tour Aqsa tak memiliki biaya untuk pergi berlibur. Jika seperti ini, pastinya Sahabat Tour Aqsa harus menabung terlebih dahulu guna dapat pergi berlibur. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengumpulkan biaya ataupun sedang mengumpulkan biaya untuk rencana pergi berlibur, yuk simak informasi berikut ini!

  1. Membuat Perencanaan Liburan Dengan Rinci

Hal utama yang perlu Sahabat Tour Aqsa lakukan saat ingin berlibur dan sedang dalam rangka mengumpulkan uang ialah dengan cara rencanakan liburan yang Sahabat Tour Aqsa ingin lakukan. Karena dengan Sahabat Tour Aqsa membuat rencana berlibur dengan rinci hal ini menjadi salah satu cara memenuhi rencana target agar liburan yang diharapkan Sahabat Tour Aqsa dapat segera terlaksana. Jika Sahabat Tour Aqsa memiliki target liburan di tahun ini maupun tahun berikutnya, hendaknya langkah awal yang perlu Sahabat Tour Aqsa lakukan adalah dengan cara membuat rencana liburan dengan detail. Sebisa mungkin Sahabat Tour Aqsa menentukan hendak kemana ingin pergi berlibur? Di luar negeri ataukah dalam negeri? Tentukanlah secara jelas terkait tempat yang menjadi tujuan untuk berlibur nantinya. Karena dengan hal ini akan memudahkan Sahabat Tour Aqsa sekalian dalam menyiapkan kebutuhan budget liburan. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berlibur ke Al – Aqsa, tentunya juga memantau terus segala informasi seputar Tour Aqsa. Hal ini bertujuan supaya  Sahabat Tour Aqsa sekalian tak ketinggalan seputar informasi, salah satunya informasi seputar biaya untuk pergi berlibur. Tour Aqsa Jordan mesir

  1. Menentukan Biaya Untuk Berlibur

Setelah Sahabat Tour Aqsa membuat rencana terkait liburan yang akan dijalani, selanjutnya Sahabat Tour Aqsa menentukan biaya yang diperlukan untuk pergi berlibur. Sahabat Tour Aqsa dapat mulai menganggarkan berapakah biaya yang akan dibutuhkan untuk berlibur. Untuk mengetahui estimasi biaya yang akan dikeluarkan, Sahabat Tour Aqsa dapat mencari informasi seputar tujuan destinasi yang akan dikunjungi atau lebih mudahnya Sahabat Tour Aqsa dapat berpatokan dengan harga tour yang disediakan oleh jasa travel. Karena dengan Sahabat Tour Aqsa mengetahui biaya yang dibutuhkan, maka Sahabat Tour Aqsa akan memiliki target yang jelas untuk mengumpulkan biaya yang ditujukan untuk menikmati liburan. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa dapat dengan mudah mempersiapkannya, karena telah mengetahui berapa biaya yang hendak dikumpulkan. Saran untuk Sahabat Tour Aqsa yang memiliki hobby travelling hendaknya memiliki tabungan khusus yang diperuntukkan bagi dana khusus berlibur. Sehingga dengan adanya tabungan seperti itu tentunya cukup memudahkan bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak pergi berlibur tanpa menganggu dana pribadi. Setidaknya Sahabat Tour Aqsa dapat menabung dengan menyisihkan 5 hingga 10% dari gaji untuk biaya liburan. Target yang dipasang ini tentunya agar membuat Sahabat Tour Aqsa dapat menyisihkan budget dan tidak meleset.

  1. Cobalah Meminimalisir Pengeluaran, Jangan Boros

Apabila sebelumnya Sahabat Tour Aqsa termasuk seseorang yang gemar berbelanja ataupun nongkrong, hendaknya sebisa mungkin dikurangi. Karena Sahabat Tour Aqsa harus meminimalisir pengeluaran yang terlalu berlebihan agar Sahabat Tour Aqsa tetap dapat menabung dengan lancar. Karena perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui jika ingin menginginkan agar budget liburan dapat segera terpenuhi, salah satu hal yang hendaknya dilakukan Sahabat Tour Aqsa ialah menghindari pengeluaran yang berlebih. Sudah seharusnya, Sahabat Tour Aqsa dapat membedakan pengeluaran yang penting dan tidak penting untuk dilakukan. Seperti mengurangi kegiatan belanja di mall atau nongkrong. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa sekalian harus benar – benar menyeleksi dan mencatat pengeluaran dengan detail setiap bulannya. Hal ini dikarenakan agar budget yang ditargetkan dapat segera terkumpul. Agar pengeluaran tak berlebih, ada satu cara yang dapat Sahabat Tour Aqsa coba. Caranya ialah dengan membuat daftar kebutuhan dan prioritaskan. Dengan membuat daftar kebutuhan dan memprioritaskannya, Sahabat Tour Aqsa sekalian akan terhindar dari pengeluaran yang berlebih. Coba bayangkan saja daripada uang yang akan digunakan untuk berbelanja berlebihan, mending ditabung untuk menambah tabungan supaya budget cepat mencapai target kan?

Peran Abdul Malik bin Marwan Dalam Pembaharuan Al – Aqsa

Keberadaan Masjidil Aqsa yang memiliki umur yang tua tentunya sudah diketahui oleh seluruh umat muslim. Karena memang Masjidil Aqsa ini dikenal sebagai masjid kedua yang tertua di bumi. Luar biasa kan? Menurut infromasi yang beredar, sejarah pembangunan Masjidil Haram itu lebih dahulu dilakukan 40 tahun lebih awal daripada pembangunan Masjidil Aqsa. Meruntut kisah Masjidil Aqsa, Masjidil Aqsa ini banyak sekali mengalami berbagai perubahan karena beragam kondisi. Saat tahun 683 M silam, beberapa tahun setelah Nabi Muhammad Saw wafat, Sahabatnya yakni Khalifah Umar bin Khattab mengembangkan Masjidil Aqsa ini. Pengembangan Masjidil Aqsa ini berlanjut hingga pada masa kepemimpinan Al – Walid yakni pada tahun 705 M. Pengembangan yang dilakukan pada masa kepemimpinan Al – Walid meliputi kubah masjid dan bangunan sekelilingnya. Sejak saat itu, pembaharuan bangunan Masjiidl Aqsa terus dilakukan tanpa mengubah bentuk dasar bangunan yang telah berusia sekitar 13 abad. Terdapat seorang ulama di Yerusalem dengan nama Al Muqaddasi yang pada tahun 985 M menulis mengenai masjid ini. Menurutnya, bangunan utama Masjidil Aqsa ini terdapat 26 pintu yang berhadapan dengan mihrab. Pintu itu juga dijuluki sebagai Green Brazen Gate, yang diketahui dilapisi kuningan keemasan. Katanya, pintu ini sangat berat sehingga hanya orang kuat yang dapat menggeser engsel pintunya.

Pada bagian kanan halaman Masjidil Aqsa dikelilingi dinding yang berada di sepanjang tembok sebelah barat di area Al – Haram asy – Syarif dengan ditunjang pesona pilar – pilar dengan bahan marmer dan diplester. Di bagian belakang Masjidil Aqsa atau tepatnya di sebelah utara dinding di area Al Haram asy – Syarif ialah pilar – pilar berkubah. Pada bagian tengah bangunan utama Masjidil Aqsa dilengkapi dengan atap yang amat kuat dan melengkung hingga menopang kubah megah. Masjidil Aqsa saat ini menjadi masjid yang dibangun secara permanen oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Dinasti Umayyah pada 66 Hijriyah hingga 73 Hijriyah. Masjidil Aqsa yang berada di sebuah area yang berbentuk persegi empat dengan luas sekitar 285 x 470 meter atau sama dengan 133.950 meter persegi. Masjidil Aqsa ini juga kerap dibilang berbentuk serambi kiblat. Pembangunan Masjidil Aqsa yang mampu menampung ribuan jamaah ini dirancang agar tahan terhadap gempa bumi yang sering terjadi di daerah itu. Hal ini bertujuan agar bangunan yang berdiri kokoh ini tak mudah runtuh begitu saja.

Mengenal Sisi Istimewa Al – Aqsa

Saat Sahabat Tour Aqsa ingin berlibur ke Aqsa pastinya ada satu hal yang menarik minat Sahabat Tour Aqsa. Istimewanya Al – Aqsa memang lebih dari sekedar kata – kata yang mampu diucapkan. Karena di tanah Aqsa inilah tersimpan banyak memori masa lalu yang berkaitan dengan berkembangnya agama islam dan juga peristiwa penting yang dialami oleh nabi – nabi terdahulu. Karena itulah, banyak sekali umat muslim yang sangat menginginkan untuk berkunjung dan menunaikan shalat di Al – Aqsa ini. Wilayah yang menjadi saksi bisu dalam sejarah yang pernah terjadi ratusan tahun silam ini memiliki beberpa hal menarik yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui. Apa saja? yuk simak informasi di bawah ini.

  1. Ornamen Pada Masjidil Aqsa

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang berencana berlibur ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat melihat langsung 4 menara masjid di sisi selatan, utara, dan barat. Menara pertama terletak di sebelah barat daya yaitu Al Fakhariyyah. Menara yang pertama ini dibangun atas perintah Sultan Mamluk, Lajin pada tahun 1278. Menara yang dibangun dengan gaya tradisional Suriah ini memiliki landasan dan poros bangunan berbentuk persegi dan terbagi menjadi tiga lantai dengan cetakan hias. Di bagian atas terdapat dua deret muqarnas atau ceruk hias sebagai hiasan balkon muazin. Tak hanya itu saja, di Masjidil Aqsa ini juga terdapat gerbang penuh sejarah yang dikenal dengan nama gerbang Al – Mawazin. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa gerbang Al Mawazin ini menjadi salah satu bagian pada Masjidil Aqsa yang memiliki pesona tersendiri tersendiri bagi wisatawan. Gerbang Al – Mawazin terdiri dari 8 gerbang yang berdiri secara mandiri dan mengelilingi kubah Shakhrakh atau kubah batu. Di setiap gerbang tersebut terdiri dari 2 hingga 4 lengkungan.

  1. Museum Islam di Aqsa

Ketika Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Aqsa, hendaknya Sahabat Tour Aqsa dapat pula untuk mampir ke museum islam di Aqsa yang dikenal bersejarah. Museum islam ini berdiri dengan letak yang tak jauh dari Jami’ Al – Aqsa. Museum islam yang terletak di Al – Aqsa ini dikenal sebagai ruang pertemuan untuk Madrasah Fakhruddin Muhammad. Madrasah ini didirikan pada masa Al Mansur Qalawun, Sultan Mamluk Mesir dan diresmikan menjadi museum pada tahun 1923. Museum yang sudah berdiri selama puluhan tahun yang lalu ini juga menampilkan 600 salinan Al – Qur’an yang disumbangkan kepada Masjidil Aqsa di masa pemerintahan Umayyah, Abbasiyyah, Fatimiyyah, Mamluk dan Utsmani. Apabila Sahabat Tour Aqsa berada di Al – Aqsa, berkunjung kesini yuk!

  1. Aneka Jenis Kubah

Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang memiliki keinginan untuk berkunjung guna berlibur ke Al – Aqsa pastinya akan mampir ke kawasan Al – Aqsa. Sahabat Tour Aqsa juga dapat beribadah di Jami’ Al – Aqsa yang memang menjadi tempat shalat yang terletak di komplek Masjidil Aqsa bagian selatan. Bangunan yang penuh akan sejarah ini memiliki ciri khas yang berupa kubah berwarna biru keabu – abuan. Luas dari bangunan ini ditaksir sekitar 35.000 meter persegi dan mampu menampung jamaah sebanyak lima ribu jamaah.  Di bagian tengah Masjidil Aqsa terdapat pula Kubah Shakhrah yang  bangunannya berbentuk persegi delapan dan berkubah emas. Bangunan ini diperkirakan didirikan pada masa Khalifah Bani Umayyah Abdul Malik dan putranya, Al Walid I. Bangunan ini bahkan sempat menjadi gereja Templum Domini (Kuil atau Bait Tuhan) selama kepemimpinan Kerajaan Kristen Yerusalem. Di sebelah Kubah Shakhrah berdiri Kubah Mi’raj yakni kubah mandiri yang didirikan oleh Tentara Salib. Sebagai bagian dari Templum Domini atau Kuil Tuhan, kemungkinan besar tempat ini dahulu digunakan sebagai tempat pembaptisan. Kubah Nabi atau Kubah Jibril sendiri merupakan kubah mandiri yang berada di Masjid Al Aqsa sebelah utara. Kubah yang didirikan pada tahun 1538 oleh Muhammad Bey, Gubernur Yerusalem di masa Utsmaniyah ini, konon sejarahnya dipakai oleh Nabi Muhammad Saw menjadi imam para nabi untuk salat berjamaah saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Saat Sahabat Tour Aqsa sudah berada di Al – Aqsa, pastinya Sahabat Tour Aqsa dapat langsung melihat keaslian bangunan – bangunan yang besejarah ini.

  1. Air Mancur Qasim Pasya dan Air Mancur Qayt

Perlu Sahabat Tour Aqsa sekalian ketahui bahwa di Al – Aqsa terdapat Air mancur yang memiliki nama Qasim Pasya atau dikenal dengan sebutanAir Mancur Jeruk Pahit, merupakan air mancur yang digunakan sebagai tempat wudhu dan minum yang terletak di pelataran barat Masjidil Aqsa. Bangunan ini menjadi bangunan umum pertama di kompleks Masjid Al Aqsa di masa pemerintahan Turki Utsmani. Sedangkan Air mancur Qayt Bay merupakan air mancur umum yang terletak di Masjidil Aqsa bagian barat, berjarak 50 meter sebelah barat Kubah Shakhrah. Air mancur ini dibangun pada tahun 1455 atas perintah Sultan Mesir, Al Ashraf Saifuddin Enal. Jika Sahabat Tour Aqsa berada di Al – Aqsa, bisa banget mampir nih!

Seperti inilah sekilas informasi tentang Tour Aqsa bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mencoba berlibur kesana. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak mendaftar Tour Aqsa 2024 tetap semangat ya! Semoga keinginan Sahabat Tour Aqsa untuk berlibur ke Aqsa segera terlaksana. Aamiin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *