Paket Tour Masjid Al Aqsa 2021 di Surabaya

Paket Tour Masjid Al Aqsa 2021 di Surabaya

Paket Tour Masjid Al Aqsa 2021 di Surabaya

Paket Tour Masjid Al Aqsa 2021 di Surabaya
Paket Tour Masjid Al Aqsa 2021 di Surabaya

Mengisi waktu libur panjang sebaiknya direncanakan sejak jauh-jauh hari, sehingga Sahabat Tour Aqsa dapat mulai menabung. Rencanakanlah liburan Sahabat Tour Aqsa sejak sekarang. Ada banyak pilihan yang dapat Sahabat Tour Aqsa di Surabaya pilih, salah satunya adalah dengan mengikuti paket tour masjid Al Aqsa 2021 di Surabaya. Paket tour ini sangat menarik, Sahabat Tour Aqsa akan memperoleh tambahan wawasan serta edukasi mengenai sejarah Islam. Sahabat Tour Aqsa Surabaya bisa mendapatkan paket wisata yang lengkap juga, yakni meliputi wisata religi tentang sejarah Al Aqsa yang menjadi kiblat pertama dan juga awal perjalanan nabi melaksanakan Isra Mi’raj, merasakan pengalaman sholat di masjid-masjid di kawasan Al Aqsa, lalu juga ada wisata budaya menyaksikan keindahan arsitektur masjid-masjidnya, juga bisa merasakan wisata kuliner dengan mencicipi makanan khas Palestina seperti ada Maqluba yang berbahan beras dan daging kambing atau sapi atau ayam, dengan bumbu rempah khasnya, lalu ada juga Sahlab, minuman khas Palestina, Hummus, Baklava dan lain sebagainya.

Pilihan Jadwal Waktu Pelaksanaan Tour Aqsa

Pilihan Jadwal Waktu
Pilihan Jadwal Waktu

Jadwal waktu terbaik melakukan wisata ke Aqsa itu Sahabat Tour Aqsa Surabaya, ialah bisa pada saat libur sekolah atau bisa juga pada saat libur Idul Fitri di bulan Mei 2021, atau saat libur Idul Adha di bulan Juli 2021, atau saat libur tahun baru Islam di bulan Agustus 2021, dan akan lebih tepat lagi adalah pada saat libur memperingati peristiwa Isra Mi’raj di setiap tahunnya, yang akan tiba di bulan Oktober di tahun 2021, sehingga akan lebih terasa momennya.

Perkiraan Biaya Travel Tour Aqsa

biaya paket tour wisata ke Aqsa itu Sahabat Tour Aqsa adalah sekitar 1500 USD hingga sekitar 3000 USD,
biaya paket tour wisata ke Aqsa itu Sahabat Tour Aqsa adalah sekitar 1500 USD hingga sekitar 3000 USD,

Sebagai gambaran biaya paket tour wisata ke Aqsa itu Sahabat Tour Aqsa adalah sekitar 1500 USD hingga sekitar 3000 USD, tergantung pada jenis akomodasi dan kelengkapan fasilitas serta jangka waktu rencana lama jadwal perjalananannya.

Area Kawasan Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa pertama kali dibangun oleh Nabi Yakub dan lalu direnovasi oleh Nabi Daud, hingga akhirnya masjid al Aqsa disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS.
Masjidil Aqsa pertama kali dibangun oleh Nabi Yakub dan lalu direnovasi oleh Nabi Daud, hingga akhirnya masjid al Aqsa disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS.

Masjidil Aqsa itu merupakan area kawasan yang sangat bersejarah. Masjidil Aqsa pertama kali dibangun oleh Nabi Yakub dan lalu direnovasi oleh Nabi Daud, hingga akhirnya masjid al Aqsa disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS. Masjid tersebut menjadi masjid kedua yang dibangun di dunia setelah Masjidil Haram yang ada di Makkah. Mengingat begitu tingginya nilai sejarah yang dimiliki, banyak masyarakat muslim yang sangat tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke Masjidil Aqsa.

Masjidil Aqsa ini jugalah yang pada awalnya menjadi kiblat umat muslim di dunia, sebelum kemudian Rasulullah SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk memindahkan kiblat ke Masjidil Haram. Rasulullah SAW juga melakukan sholat dua rakaat di Masjidil Aqsa pada malam Isra’ Mi’raj. Terdapat beberapa tempat bersejarah di dalam area Masjidil Aqsa yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui, yakni berikut ini.

Qubbah Al-Silsilah

Diberi nama Qubbah Al-Silsilah karena bentuknya seperti kubah rangkaian. Qubbah Al-Silsilah ini dibangun oleh Kekhalifan Bani Umayyah dan letaknya berada persis di sebelah timur Kubah Batu. Diberi nama Qubbah Al-Silsilah karena bentuknya seperti kubah rangkaian. Di dalam Kubah terdapat rangkaian cahaya yang seperti tergantung antara bumi dan langit serta dapat dilihat dari luar. Bangunan Kubah tersebut dibangun di atas bangunan segi enam yang ditopang langsung oleh enam tiang. Di sekeliling Kubah terdapat bangunan serambi 11 segi yang berada tepat di atas 11 tiang kokoh.

Menara Bab al-Ashbath

Di zaman kekhalifahan Utsmaniyah, bangunan menara diperbaiki dan sengaja dibentuk menyerupai silinder

Menara Bab Al-Ashbath tepatnya terletak di sebelah utara masjid Al-Aqsa. Bangunan ini didirikan di zaman Sultan Al-Mulk yang dipimpin Gubernur Saifuddin Qatlubigo. Tidak seperti menara pada umumnya yang terdiri dari 4 sudut, Menara Bab Al-Ashbath terdiri dari 8 sudut. Di zaman kekhalifahan Utsmaniyah, bangunan menara diperbaiki dan sengaja dibentuk menyerupai silinder.

Qubbah Mi’raj

Didirikan pada masa kekhalifahan al-Ayubiyah, Qubbah Mi’raj dibangun atas perintah langsung Walikota al-Quds, Amir al-Zanjili

Qubbah Mi’raj dibangun di sebelah barat Qubbah Al-Shakhra. Didirikan pada masa kekhalifahan al-Ayubiyah, Qubbah Mi’raj dibangun atas perintah langsung Walikota al-Quds, Amir al-Zanily. Sejarah tersebut tertulis pada prasasti yang terdapat di sebelah pintu utama. Masih banyak beberapa bagian bersejarah di kawasan Masjidil Aqsa yang Sahabat Tour Aqsa bisa kunjungi selama perjalanan.

Lima Masjid di Area Al Aqsa

Di kawasan al Aqsa itu secara total terdapat lima buah masjid, sebagai berikut ini.

Masjid Al Aqsa atau Haram Al Syarif

Masjid Al Aqsa atau Haram Al Syarif
Masjid Al Aqsa atau Haram Al Syarif

Pertama adalah masjid Al Aqsanya sendiri, yang sering disebut sebagai haram al Syarif, yang dibangun sekitar 20 tahun setelah Dome of the Rock berdiri dan kini menjadi masjid terbesar di Palestina. Al Aqsa itu sendiri memiliki arti kata secara harafiah sebagai masjid terjauh. Keberadaan masjid ini sangat erat dengan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw. Masjid ini cukup luas dan terdiri dari tujuh lorong, dengan daya tampung sekitar 4.000 hingga 5.000 jamaah. Sejarah mencatat bahwa pada masa Perang Salib, Masjid Al-Aqsa sempat berada di bawah kekuasaan Romawi. Bangunan Masjid tersebut lantas dipergunakan sebagai istana dan markas ksatria Templar, tapi setelah Yerusalem bebas dari kependudukan Romawi, masjid itu lalu kembali difungsikan menjadi tempat ibadah umat Islam.

Dome of the Rock

Dome of the Rock
Dome of the Rock

Dome of the Rock letaknya ada di dekat masjid Al Aqsa. Dome of the Rock merupakan sebuah bangunan suci yang terletak tepat di tengah-tengah halaman depan Masjid Al-Aqsa. Bangunan ini memiliki kubah berwarna emas. Bentuk bangunan Dome of the Rock berbentuk segi delapan atau disebut juga octagonal. Pembangunan situs tersebut membutuhkan waktu sekitar 4 tahunan lamanya dan dibangun oleh para arsitek dan ahli konstruksi yang profesional serta handal. Beberapa fakta menarik tentang bangunan ini adalah merupakan pijakan pada saat Nabi Muhammad Saw hendak melakukan perjalanan ke surga dalam menerima perintah sholat di malam Isra Mi’raj. Beberapa orang meyakini juga bahwa batu ini merupakan tempat Nabi Ibrahim menyembelih anaknya, yaitu Nabi Ishak. Bahkan beberapa sumber menyebutkan bahwa batu itu juga adalah tempat lahirnya Nabi Daud.

Masjid Qibly

Di sebelah selatan Masjid Al-Aqsa terdapat bangunan yang dikenal dengan nama masjid Qibly.
Di sebelah selatan Masjid Al-Aqsa terdapat bangunan yang dikenal dengan nama masjid Qibly.

Di sebelah selatan Masjid Al-Aqsa terdapat bangunan yang dikenal dengan nama masjid Qibly. Masjid ini mendapatkan nama tersebut karena masjid ini adalah situs yang paling dekat dengan arah kiblat, yakni Ka’bah di Mekah. Struktur bangunan Masjid Qibly memiliki kubah berwarna perak keabu-abuan. Pada masjid ini terdapat sebuah ruangan kecil di sudut paling kiri Masjid yang dikenal sebagai Masjid Umar dan dibangun untuk menghormati khalifah Umar Ra. yang membantu pembebasan Yerusalem di sekitar tahun 638 Masehi.

Masjid Buraq

 

Masjid Buraq terletak di sudut barat daya kompleks Masjid Al-Aqsa. Tempat itu diyakini sebagai tempat Nabi Muhammad Saw. mengikat Buraq, yakni binatang berkuda yang Rasulullah tumpangi pada saat melakukan perjalanan Isra Mi’raj. Oleh karena itu, Masjid ini dinamakan sebagai masjid Buraq.

Masjid Buraq tersebut memiliki ukuran yang kecil dan sempit, letaknya berada di bawah permukaan tanah dan terdapat beberapa tangga menuju sana. Masjid ini dibuka pada hari Jum’at dan beberapa kesempatan tertentu saja mengingat bangunan masjid itu kini mengalami retakan-retakan sebagai akibat dari kelembaban  yang ekstrim.

Masjid Marwan

Masjid Marwan
Masjid Marwan

Masjid Marwan lokasinya ada di bawah tanah pada sisi tenggara kompleks Masjid Al-Aqsa. Pada masa Perang Salib Masjid ini merupakan bekas kandang kuda. Pada dinding masjid masih terlihat lubang-lubang bekas mengikat tali kuda. Setelah Yerusalem bebas, seorang khalifah bernama Marwan mengubah area ini menjadi tempat ibadah. Oleh karena itu, Masjid ini dinamakan Masjid Marwan.

Demikianlah pembahasan mengenai paket tour masjid Al Aqsa 2021 di Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *