Paket Tour Aqsa Terbaik

Paket Tour Aqsa Terbaik

Banyak sekali pilihan yang sebenarnya ada disekitar Sahabat Tour Aqsa, salah satunya ialah perihal destinasi liburan. Tak bisa dipungkiri bahwa terkadang Sahabat Tour Aqsa merasa bingung saat menentukan destinasi liburan. Padahal dalam benak rasanya ingin sekali segera berlibur. Akan tetapi, tak sedikit dari Sahabat Tour Aqsa yang merasa bingung untuk menentukan destinasi liburan yang dituju. Sebenarnya, jika Sahabat Tour Aqsa ingin segera berlibur tanpa pusing memikirkan dan merencanakan perjalanan yang akan dilalui, Sahabat Tour Aqsa dapat berlibur menggunakan jasa travel. Karena dengan Sahabat Tour Aqsa berlibur menggunakan jasa Travel, maka ini akan mempermudah Sahabat Tour Aqsa dalam menjalankan liburan dan menikmatinya. Keuntungan Sahabat Tour Aqsa berlibur menggunakan jasa travel ialah karena jasa travel pasti telah memiliki destinasi tujuan yang terencana dan terjadwal dengan baik. Sehingga, liburan Sahabat Tour Aqsa lebih terarah dan mengesankan pastinya. Apabila saat ini Sahabat Tour Aqsa sedang merencanakan liburan dengan kesan liburan yang berbeda, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba berlibur dengan memilih Tour Aqsa. Dengan Sahabat Tour Aqsa berlibur memilih Paket Tour Aqsa Terbaik, maka pastinya liburan Sahabat Tour Aqsa akan memberikan kesan yang berbeda. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetauhi informasi seputar Penyelenggaraan Tour Aqsa serta ingin mengetahui lebih lenjut seputar Tour Aqsa Jakarta, yuk simak informasi dibawah ini.

Berlibur ke Aqsa Dengan Aman dan Nyaman

            Sebagian dari Sahabat Tour Aqsa mungkin timbul pertanyaan dalam benaknya yakni amankah untuk berkunjung ke Al – Aqsa? Hal ini tentu saja wajar menjadi pertanyaan di benak Sahabat Tour Aqsa sekalian. Karena Sebagian besar umat muslim masih ragu sebab masjid yang pernah menjadi kiblat umat muslim ini berada di wilayah yang dijaga ketat oleh tantara Israel. Namun, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak perlu ragu dan cemas. Mengapa? Karena selama Sahabat Tour Aqsa menggunakan jasa travel yang terpercaya, maka dipastikan semua akan berjalan dengan aman dan lancar. Lagipula, selama ini juga tak pernah ada kejadian yang mengkhawatirkan selama terdapat kujungan ke Al – Aqsa. Jadi, Sahabat Tour Aqsa sekalian tak perlu takut dan dapat mencoba untuk berkunjung ke Al – Aqsa. Tahukah Sahabat Tour Aqsa? Bahwasannya mengunjungi masjid Aqsa adalah perintah Nabi Muhammad Saw. Hal ini sesuai dengan Hadist yang berisi “ Tidak sepatutnya (bersusah payah) keluar berlayar (untuk menziarahi masjid) kecuali (pergi) ketiga masjid yakni Masjidil Haram di Mekkah, Masjidir rasul (Masjid Nabawi di Madinah) dan Masjidil Aqsa di Palestina. “ (H.R. Imam Al – Bukhari)

Masjidil Aqsa ini merupakan salah satu lokasi istimewa yang pernah menjadi kiblat umat muslim dan sebagai tempat Nabi Muhammad Saw mendapatkan perintah untuk menjalankan shalat lima waktu. Di masjidil Aqsa inilah Nabi Muhammad Saw menuju ke Sidratul Muntaha yakni menjalani peristiwa Isra Mi’raj. Perihal masjid Al – Aqsa yang dikenal ini ternyata tak terbatas pada masjid saja. Akan tetapi meliputi seluruh Al – Haram Asy – Syarif. Masjidil Aqsa ini dikenal sebagai masjid terjauh dalam Surat Al – Isra yang terkutip di dalam Al – Qur’an. Maimunah biniti Sa’ad dalam hadis tentang berziarah ke Masjid Al – Aqsa menyebutkan “ Ya Nabi Allah, berikan fatwa kepadaku tentang Baitul Maqdis” Kemudian Nabi berkata “Tempat dikumpulkannya dan disebarkannya (manusa), maka datangilah ia dan shalat di dalamnya. Karena shalat di dalamnya seperti shalat 1000 rakaat”

Pada Saat Sahabat Tour Aqsa sekalian melihat foto Masjidil Aqsha itu merupakan bukanlah potret Masjidil Aqsa yang asli yakni foto – oto yan lebih sering diperlihatkan dengan kubah emas. Padahal pada kenyataannya, foto yang dilampirkan itu ialah bukan foto dari Masjidil Aqsha melainkan foto masjid yang disebut dengan Masjid Qibli. Masjid Qibli ini merupakan salah satu masjid yang dibangun pada masa Umar bin Khattab. Sedangkan yang dimaksud dengan Masjidil Aqsa ialah keseluruhan area luas yang dikelilingi dinding yang disebut Alharam Assyarief.

Ragam Pintu Yang Ada di Masjidil Aqsa

Sahabat Tour Aqsa hendaknya mengetahui bahwasannya masjidil Aqsa ini merupakan masjid yang berada di Kompleks Masjid Al – Aqsa tepatnya di kota tua Al-Quds Yerusalem , Palestina. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Masjidil Aqsa ini diketahui memiliki luas yang ditaksir sekitar 144 hektar atau sekitar 144.000 meter persegi. Masjidil Aqsa ini ternyata tak hanya terdiri dari satu pintu saja, melainkan ada beberapa pintu yang lain untuk memasukinya. Diketahui bahwa terdapat 17 pintu yang ada di Masjidil Aqsa ini. Diketahui bahwa 10 pintu masih terbuka yang terletak di sisi utara dan barat, sehingga dapat dimasuki oleh jamaah yang hendak beribadah. Sedangkan, tujuh pintu yang lainnya tertutup. Ada 3 (tiga) pintu terbuka di sebelah utara yakni pintu Hiththah, pintu al – Ashbat dan pintu Duwaidariyah. Sedangkan yang tujuh pintu lainnya terbuka di koridor barat yakni pintu An-Nadhir, Al-Hadid, Al-Qoththonin, Ghowaninah, Al-Muthohharoh, As-Silsilah dan Al-Maghoribah. Selanjutnya pintu – pintu yang tertutup di antaranya pintu As – Sakinah yang terletak di sebelah barat, Al – Janaiz atau Al – Buroq, At – Taubah dan Ar – Rahmah yang terletak di sebelah timur dan lainnya sebelah selatan. Termasuk pintu Ar – Rahmah yang tertutup rapat dan digembok besi. Inilah yang memicu aksi protes pekan – pekan terakhir akhir Februari tahun 2019 lalu. Dikutip dalam buku Tarikh Masjidil Aqsha karya Dr Muhammad Hasyim Ghousah, dipaparkan karakteristik pintu – pintu yang terdapat di Masjidil Aqsa untuk dapat diketahui umat Islam.

  1. Pintu Hiththah

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pintu Hiththah ini terletak di koridor utara Masjid AL – Aqsa. Pintu Hiththah ini menjadi salah satu pintu yang termasuk dalam bangunan tua, pintu ini  diperbaharui pada masa Sultan Malik al-Muadzdzon Syarafuddin Isa al-Ayyubi pada tahun 617 H / 1220 M. Selanjutnya, Pintu Hiththah ini kembali diperbaharui pada tahun 989 H / 1581 M. 

  1. Pintu Syarful Anbiya

Pintu Syarful Anbiya merupakan salah satu pintu yang terdapat di Masjid Al – Aqsa yang terletak dibagian tengah depan sebelah utara Masjid Al – Aqsa, menuju lengkungan utara dari Kubah Sakhrah. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Pintu ini disebut Syarful Anbiya yang berarti kemuliaan para Nabi ini karena pintu ini yang dinisbatkan pada jalur para Nabi. Pintu ini disebut juga dengan Pintu Ad – Duwaidariyah yang dinisbatkan pada nama madrasah di sebelah pintu tersebut. Pintu ini disebut juga sebagai Pintu Faishal karena  Raja Faishal bin al-Husain pernah mengunjungi Masjidil Aqsa pada tahun 1930 M.

  1. Pintu An – Nazir

Pintu An – Nazir merupakan salah satu pintu yang ada di Masjid Al – Aqsa yang letaknya berada di koridor barat dari Masjid Al – Aqsa, tepatnya berada diantara Madrasah a l -Manjakiyah dan Madrasah al – Wafaiyah. Pintu An – Nazir ini pernah diperbahatui pada tahun 600 H / 1203 M. Pintu ini diperbaharui di masa al – Ayyubiyah seperti tertulis pada prasasti pada  pintu kayu. Travel Tour Aqsa

  1. Pintu Al – Qoththonin

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Pintu Al – Qoththonin merupakan salah satu pintu yang berada di Masjid Al – Aqsa dan letaknya berada di sebelah barat dari Masjid Al –  Aqsa. Diketahui bahwasannta pintu Al – Qoththonin merupakan pintu yang paling besar dan letaknya berada diantara pintu masjid yang paling utama dan sejajar dengan pasar Qothonin. Pada saat Sultan Mameluk Muhammad Qalawun berkuasa, ia memerintahkan gubernurnya al-Amir Saifuddin an-Nashiri untuk merenovasi pintu ini pada tahun 737 H / 1333 M.

  1. Pintu Al – Muthoharoh

Diketahui bahwa Pintu Al – Muthoharoh ini terletak di sebelah barat Masjid Al – Aqsa yang mengarah langsung ke tempat wudhu atau bersuci (thoharoh). Pintu ini termasuk pintu lama sebagaimana pintu – pintu lainnya. Pintu Muthoharoh ini diperbaharui pada masa  pemerintahan Mamalik tahun 665 H / 1266 M. oleh al-Amir Adaghidi atau tahun 666 H / 1267 M oleh al-Amir Alauddin al-Bashiri.

  1. Pintu As – Silsilah

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Pintu As – Silsilah ini  berada di sebelah barat Masjidil Aqsa yang terhubung dengan lorong sebelah barat. Sebagian orang mengatakan bahwasannya pintu ini ada dua, bukan satu. Pintu pertama dinamakan As – Silsilah yang berarti rantai karena diyakini dulunya terdapat  rantai yang tergantung di pintu. Sedangkan, Pintu kedua dinamakan As – Sakinah. Pintu kedua ini ditutup dan dibuka hanya dalam kondisi darurat. Pintu gerbang ini diperbaharui pada masa pemerintahan al – Ayyubiyah tahun 600 H / 1266 M pada saat al Malik al-Adil Saifuddin Abu Bakar memerintah. Bagian atas pintu As – Silsilah tertutup kubah. Kubah ini berdiri di atas dinding – dinding pintu. Dekorasi kubah sangat indah berbentuk persegi delapan. Bagian atas pintu terdapat bangunan berupa ruangan, yang sejarah pembangunannya kembali ke zaman Mameluk dan Kesultanan Turki Utsmani.

  1. Pintu Al – Asbath

Pintu Al – Asbath ini merupakan pintu yang terletak di sudut timur laut Masjid Al – Aqsa. Diketahui bahwa pintu ini diperbaharui pada masa pemerintahan Ayyubiyah yang berkisar pada tahun 610 H / 1213 M. Kemudian diperbaharui kembali pada tahun 769 H./1367 M. Selanjutnya direnovasi kembali pada tahun 945 H / 1538 M pada masa Sultan Sulaiman. Sahabat Tour Aqsa hendaknya mengetahui bahwasannya pintu Al – Asbath ini memiliki dua daun pintu yang berbahan dasar kayu. Salah satu daun pintu terdapat pintu kecil yang memungkinkan untuk di masuki satu orang. Selain itu, terdapat pula tangga yang terhubung langsung menuju lorong utara. Pintu Al – Asbath ini seringkali di gunakan sebagai pintu darurat saat terjadi serangan di Masjd Al – Aqsa. Hal ini dikarenakan hanya pintu ini yang memungkinkan untuk di masuki mobil ambulance dan konstruksi lantainya rata dengan tanah.

  1. Pintu Al – Magharibah

Pintu al – Magharibah menjadi salah satu pintu yang dikenal juga dengan sebutan pintu an-Nabi atau pintu al-Buraq. Hal ini dikarenakan melalui jalur inilah Rasulullah Saw masuk ke kawasan Masjidil Aqsa pada saat malam Isra’ Mi’raj. Latar belakang penamaan dengan pintu Al – Magharibah ialah karena pintu ini memiliki akses langsung ke perkampungan oran – orang Maroko (Maghribi). Akan tetapi, kampung ini sudah digusur dan digantikan dengan perkampungan ilegal Yahudi. Pintu Al – Magharibah ini diperbaharui pada masa Kesultanan Mameluk pada tahun 737 H / 1336 M pada saat Sultan Nasir Muhammad Qalawun berkuasa. Dari arah luar masjid, pintu  Al – Magharibah ini berbentuk melengkung di bagian atasnya dan dari arah dalam masjid, pintu ini berbentuk persegi panjang dengan perbandingan panjang dan lebar 2 m : 3 m. Diketahui bahwa pintu Al – Magharibah ini berbahan dasar kayu dengan satu daun pintu. Pintu ini beratapkan dua kubah. Di sebelah utara pintu ini terdapat masjid kecil yang dinamakan Masjid al – Buraq. Masjid ini dibangun pada masa Mameluk pada tahun 707-737 H. Diketahui bahwa masjid ini berbentuk persegi empat dengan ketinggian 3 meter.

  1. Pintu Ar – Rahmah

Sahabat Tour Aqsa hendaknya mengetahui bahwa Pintu Ar – Rahah Ini merupakan pintu gerbang kedua di sebelah timur Masjid Al – Aqsa. Pintu ini terdiri dari dua pintu masuk yang dinamakan dengan Ar – Rahmah dan At – Taubah. Pintu Ar – Rahmah berada di sebelah selatan dan pintu At – Taubah berada disebelah utara. Pada mulanya pintu ini terbuka hingga datangnya perang salib. Tentara salib menjadikan pintu ini sebagai pintu masuk untuk menyerang Masjidil Aqsha dan kota al-Quds. Kemudian pintu ini ditutup pada masa Sultan Shalahuddin al – Ayyubi untuk menjaga masjid dan al – Quds dari berbagai serangan. Di dalam pintu ini Shalahuddin menuliskan salah satu potongan ayat al – Qur’an surat al – Hadid ayat 13 yang artinya “Pada hari orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang beriman : Tunggulah kami! Kami ingin mengambil cahayamu. Kepada mereka dikatakan: Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu). Lalu di antara mereka dipasang dinding (pemisah) yang berpintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat dan di luarnya hanya ada azab”. Adapun orang-orang Yahudi dan Nasrani menyebut pintu ini dengan sebutan pintu az-Zahabi (emas). Mereka meyakini bahwasannya Isa bin Maryam akan datang melewati pintu ini pada akhir zaman.

  1. Pintu al-Munfarid

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Pintu Al – Munfarid ini letaknya berada di pagar selatan Masjid Al –  Aqsa, tepatnya di sebelah timur Pintu Ats – Tsulasi. Pintu ini pernah dibuka di sebelah dinding selatan atas perintah Fatimiyah ad-Dohir pada tahun 425 H / 1034 M.

  1. Pintu Al – Hadid

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pintu Al – Hadid ini letaknya berada di sebelah barat Masjid Al – Aqsa. Pintu ini merupakan salah satu dari beberapa pintu yang menjadi cabang dari jalan al – ‘Amud dan menjadi salah satu jalan masuk benteng al – Quds. Pintu Al – Hadid ini memiliki nama lain yakni pintu Argun. Latar belakang penamaan pintu Argun dikarenakan pintu ini diperbaharui pada masa Amir Argun yang wafat tahun 758 H./1356 M. Argun dalam bahasa arab berarti al – Hadid (Besi). Jauh di atas pintu terdapat ruangan yang pernah difungsikan pada masa Mamalik. Di tengah – tengahnya ada jendela berbentuk persegi empat yang dikelilingi batu dengan ornamen melengkung berbentuk zig – zag. Kemudian list jendelanya diketahui berbagan dasar dari batu dengan warna merah dan putih.

  1. Pintu Ats – Tsulasi

Pintu Ats – Tsulasi merupakan salah satu pintu di Masjidil Aqsa yang letaknya berada di pagar selatan Masjid Al – Aqsa yang mengarah ke Musholla Al – Marwani. Terdiri dari tiga pintu yang tertutup dan dibangun atas perintah Fatimiyah ad-Dohir pada tahun 425 H./1034 M. Pintu ini ditutup atas perintah Sultan Shalahuddin al – Ayyubi untuk menjaga masjid dan al – Quds dari serangan. Pada tahun 1990 – an, penjajah zionis membangunkan tangga untuk mencapai pintu ini gunanya untuk menguasai Mushalla Marwani, Akan tetapi dicegah oleh Yayasan Al – Aqsa yang dengan segera merenovasi mushalla dan menjadikannya tempat shalat.

  1. Pintu Darul Khitobah

Sahabat Tour Aqsa hendaknya mengetahui bahwa masih ada beberapa pintu lagi yang harus Sahabat Tour Aqsa ketahui. Pintu selanjutnya ini ialah bernama Pintu Darul Khitobah. Pintu Darul Khitobah merupakan salah satu pintu yang berada di Masjid Al – Aqsa yang letaknya berada di dinding bagian selatan Masjid Al – Aqsa yang mengarah ke Darul Khitobah dari sisi barat. Akan tetapi sayangnya Bani Utsmani menutup pintu Darul Khitobah ini pada tahun 925 H / 1519 M.

  1. Pintu As – Sakinah

Diketahui bahwa Pintu As – Sakinah ini berada di koridor barat Masjid Al – Aqsa. Pintu As – Sakinah ini bersambungan langsung dengan pintu As – Silsilah dari sisi utara. Pintu ini dikenal juga dengan sebutan Pintu As – Salam. Pintu ini dibangun pada masa al – Ayyubi, dengan ditemukannya prasasti pada salah satu ruangan belajar anak – anak (kuttab) pada bagian atas pintu yang tertulis tahun 595 H / 1198 M.

  1. Pintu Al – Janaiz

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pintu ini berada di sebelah timur Masjid Al – Aqsa. Pagar masjid sebelah timur juga merupakan pagar (benteng) kota al-Quds. Di pagar ini hanya terdapat dua pintu yakni pintu Al – Janaiz dan pintu Ar – Rahmah. Pintu Al – Janaiz khusus digunakan untuk membawa jenazah dari dalam masjid ke makam Rahmah yang letaknya di samping masjid. Pintu ini ditutup pada masa Sultan Shalahuddin al-Ayyubi untuk menjaga masjid dan al – Quds dari berbagai serangan.

  1. Pintu Al – Muzdawij

Sahabat Tour Aqsa hendaknya mengetahui bahwa Pintu Al – Muzdawij memiliki arti dua. Dinamakan demikian karena pintu tersebut memang berjumlah dua. Letaknya berada di selatan masjid. Dibangunkan pintu ini sebagai pintu masuk Amir dan Sultan untuk shalat di Masjid Qibli sebagai imam shalat. Pintu ini berhimpitan langsung dengan istana Bani Umayyah yang berada di selatan masjid. Pintu ini diketahui telah ditutup atas perintah Shalahuddin al – Ayyubi untuk menjaga masjid dan al – Quds dari serangan. Karena pagar masjid al – Aqsa di sebelah selatan juga menjadi pagar kota al – Quds.

  1. Pintu Al – Ghowanimah

Diketahui bahwa pintu Al – Ghowanimah ini berada di sisi barat laut Masjid Al – Aqsa. Pintu Al – Ghowanimah ini memiliki bentuk yang kecil serta berada di jalur yang mengarah ke Bani Ghonim. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Yahudi pernah melakukan hal ekstrim terhadap pintu ini yakni membakar pintu ini pada tahun 1998 M. Akan tetapi, kemudian Badan Wakaf Islam Al – Aqsa memperbaharuinya kembali. Ketika Sahabat Tour Aqsa hendak memasuki pintu ini , jamaah harus menaiki delapan anak tangga dan di atasnya terdapat rumah penduduk setempat. seru sekali bukan?

Demikianlah informasi seputar Paket Tour Aqsa Terbaik bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian. Semoga, Sahabat Tour Aqsa dapat menjalankan liburan dengan kesan yang berbeda bersama Tour Aqsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *