Paket Tour Aqsa Jordan Mesir 2022 Jakarta

Paket Tour Aqsa Jordan Mesir 2022 Jakarta

Saat Sahabat Tour Aqsa memiliki rezeki yang cukup untuk pergi berlibur, cobalah sesekali untuk pergi berlibur ke luar negeri. Tentunya hal ini bukan soal hanya untuk gaya – gayaan atau untuk pamer. Akan tetapi, dengan berlibur ke luar negeri Sahabat Tour Aqsa akan melihat hal – hal yang tak biasanya Sahabat Tour Aqsa temui. Sehingga dengan Sahabat Tour Aqsa berlibur ke luar negeri, Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru serta hal menarik yang dapat memberi inspirasi Sahabat Tour Aqsa sekalian. Sahabat Tour Aqsa tak perlu bingung perihal negara manakah yang akan dijadikan tujuan destinasi. Apabila Sahabat Tour Aqsa senang berkunjung ke destinasi yang menarik sekaligus penuh sejarah, Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung ke Al – Aqsa. Jika Sahabat Tour Aqsa tertarik untuk mencoba berlibur ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftar Tour Aqsa 2022 di Satutours  Travel dengan memilih Paket Tour Aqsa 2022. Selain Tour Aqsa, Sahabat Tour Aqsa juga dapat berkunjung ke 3 negara sekaligus yakni dengan memilih paket Tour Aqsa Jordan mesir 2022 Jakarta. Bila Sahabat Tour Aqsa tertarik untuk berkunjung ke 3 negara sekaligus tersebut, Sahabat Tour Aqsa dapat segera mendaftar dengan memilih Paket Tour Aqsa Jordan Mesir 2022 Jakarta. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar Aqsa Jordan Mesir, yuk simak berikut ini. Travel Tour Aqsa

Inilah Makam Mesir Kuno Yang Menjadi Wisata Publik

Tak bisa dipungkiri bahwa selama ini Sahabat Tour Aqsa hanya mengeneal wisata di Mesir hanyalah sebatas Piramida Giza dan piramida lainnya. Faktanya, di negara Mesir banyak sekali destinasi wisata yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi selain Piramida. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa kini Mesir telah menambah kawasan destinasi wisata yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi pada saat berada di Mesir. Objek wisata yang baru dibuka ini berada di kawasan kuburan Saqqara yang berada dekat denga Giza yakni makam kuno yang sebenarnya sudah ditemykan semenjak tahun 1940 oleh Zaki Saad. Menariknya ialah bahwa makam yang berumur 4 abad lamanya ini bukanlah makam dari petinggi Mesir layaknya di Piramida Giza atau Valley of The Kings. Supaya Sahabat Tour Aqsa dapat mengetahui informasi lebih lengkap seputar makam Mesir kuno, yuk simak berikut ini.

  1. Makam Milik Pejabat Mesir

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa makam kuno ini merupakan makam milik pejabat Mesir yang bernama Mehu. Diketahui bahwa pada saat itu Mehu bekerja untuk Raja Pepi yakni raja pertama dari dinasti keenam dalam sejarah Mesir Kuno. Hal istimewanya ialah karena Mehu merupakan seorang pejabat yang memiliki 48 gelar. Tak sampai disitu, Ke 48 gelar ini terpahat di dinding yang berada di ruang makam milik Mehu. Beberapa gelar yang dimiliki Mehu antara lain sebagai perdana menteri, kepala hakim hingga juru tulis dokumen kerajaan. Ada hal lain yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui yakni selain Mehu, makam ini juga menjadi tempat bersemayam anak lelakinya yang bernama Meren Ra serta cucunya yang bernama Heteb Kha. Tak kalah dengan Mehu, anaknya yang bernama Meren Ra ini juga memiliki 23 gelar untuk dirinya sendiri. Kemudian, cucunya yang bernama Heteb Kha memiliki 11 gelar yang salah satu di antaranya sebagai kepala pengurus kerajaan. Maka dari itu, tak heran apabila keluarga ini sampai mendapat kompleks makam khusus.

  1. Berbeda Dari Makam Lainnya

Tak hanya makam milik Mehu beserta yang keluarganya saja. Akan tetapi, ada pula makam – makam lainnya yang tersebar luas di kawasan makam ini. Apabila dibandingkan, aneka warna yang terdapat pada pahatan serta lukisan yang ada di dinding makam Mehu rupanya masih terlihat mencolok dan belum pudar. Tak hanya itu, lukisan yang terdapat di makam ini juga menggambarkan keadaan masyarakat Mesir Kuno pada zaman itu yang berburu dan memancing. Ada pula yang menggambarkan sebuah perayaan yang dimeriahkan dengan tarian akrobatik. Berdasarkan pernyataan para ahli sejarah, beragam gambar semacam ini belum pernah ditemukan di makam – makam lainnya loh.. 

  1. Sebab Pembukaan Makam Ini

Cukup memakan waktu yang lama bagi pemerintah Mesir untuk memutuskan makam kuno ini sebagai salah satu destinasi kunjungan yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan diketahui sejak 80 tahun setelah penemuannya, baru kini lah makam kuno ini dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Sepertinya, hal ini disebabkan karena menurunnya jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Mesir. Dengan segala macam keunikannya, pemerintah Mesir berharap agar makam kuno ini dapat menjadi destinasi wisata baru yang ada di Mesir.

Hikmah Saat Peristiwa Isra’ Mi’raj di Aqsa Saat Malam Hari

Tentunya Sahabat Tour Aqsa juga sering mendengar bahwasannya Isra’ miraj merupakan kisah terkait perjalanan semalam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw untuk memenuhi perintah dari Allah Swt yakni menjalankan perintah shalat lima waktu dalam sehari semalam. Sebenarnya perlu Sahabat Tour Aqsa ketahiu bahwa peristiwa Isra dan Miraj merupakan dua peristiwa yang cukup berbeda. Akan tetapi, keduanya terjadi dalam waktu bersamaan. Karena itulah disebut dengan Isra Miraj. Agar Sahabat Tour Aqsa tak merasa bingung dan lebih paham, perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Haram yang berada di Mekkah menuju ke Masjidil Aqsa yang berada di Yerusalem. Sedangkan Miraj merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad Saw dari bumi naik ke langit ke tujuh dan dilanjutkan dengan menuju ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah dari Allah Swt yang berupa menjalankan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Walaupun terdapat beberapa hadis dan pendapat yang menjelaskan waktu terjadinya Isra Miraj, namun dari kutipan ayat Al – Qur’an dalam surat Al Isra’ ayat 1 cukup jelas bahwa peristiwa ini terjadi di malam hari. Berikut kutipannya : “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui perihal apa saja hikmah atas peristiwa Isra Miraj ini, yuk simak informasi dibawah ini.

  1. Waktu Wajib Sholat

Terdapat alasan terjadinya peristiwa isra miraj di malam hari yakni pada malam hari merupakan waktu yang diwajibkan untuk sholat. Hal ini bersumber pada sebuah ayat dalam Surat Al – Muzammil ayat 2 yang artinya “Dirikanlah sholat di malam hari, kecuali sedikit.”

  1. Ujian untuk Percaya Hal Ghaib

Karena pelaksanaan isra miraj terjadi di malam hari, hal ini juga mengandung hikmah sekaligus ujian bagi umat muslim. Ujian bagi umat muslim ialah untuk percaya pada hal yang tergolong ghaib yakni sesuatu yang cukup susah dicerna dengan akal, serta sebagai ujian bagi orang kafir untuk mengetahiu apakah mereka tetap ingkar dengan risalah Nabi ataukah akan beriman.

  1. Waktu yang Mulia

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Allah Swt menjadikan peristiwa isra miraj di waku yang amat mulia ialah karena peristiwa istimewa lainnya juga terjadi di waktu malam. Terlebih pada ragam kisah yang terjadi dalam kehidupan para Nabi sebelum Nabi Muhammad Saw. Diantaranya ialah terdapat kisah Nabi Ibrahim yang mulanya menganggap bintang sebagai Tuhan. Namun, kemudian sadar bahwa bintang bukanlah Tuhan karena dapat menghilang. Kisah ini tersirat dalam surat Al – An’am ayat 76 yang artinya : “Ketika malam telah gelap, ia melihat sebuah bintang (lalu) ia berkata: Inilah Tuhanku, tetapi tatkala bintang itu tenggelam ia berkata: Saya tidak suka kepada yang tenggelam” Lalu diketahui pula bahwa malam menjadi waktu dikabulkannya doa Nabi Yaqub. Hal ini juga tersirat dalam firman Allah pada surat Yusuf ayat 98 yang artinya : Dia (Yaqub) berkata, “Aku akan memohonkan ampunan bagimu kepada Tuhanku. Sungguh, Dia Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.” Tak hanya dua kisah yang tertulis di atas, namun masih ada beberapa kisah lagi yang menunjukkan kemuliaan malam di kehidupan para nabi sebelumnya.

  1. Waktu Berkumpul

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa peristiwa Isra Miraj menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dengan orang – orang yang dicintai.karena itulah, Allah Swt memberangkatkan Nabi Muhammad Saw di malam hari.

  1. Waktu Terbaik yang Dijanjikan

Tak banyak yang menegtahui bahwa hikmah dari peristiwa Isra Miraj ini merupakan waktu yang disebutkan dan dijanjikan oleh Allah Swt sebagai waktu terbaik dari seribu bulan atau lailatul qadar. Seperti yang Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa tak ada waktu lain, selain malam yang mempunyai keistimewaan seperti ini.

  1. Waktu Turun Wahyu Pertama

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa alasan lain yang mendasari peristiwa isra miraj yang terjadi di malam hari ialah karena salah satunya waktu turunnya wahyu pertama itu terjadi pada malam hari. Hal ini tertulis pada Hadist Riwayat Bukhari no. 6982 dan Muslim no. 160 yang isinya “…Malaikat Jibril datang (ke gua hira) dan berkata: “Bacalah!” Beliau menjawab: “Aku tidak bisa baca”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan: Maka Malaikat itu memegangku dan memelukku sangat kuat kemudian melepaskanku dan berkata lagi: “Bacalah!” Beliau menjawab: “Aku tidak bisa baca”. Maka Malaikat itu memegangku dan memelukku sangat kuat kemudian melepaskanku dan berkata lagi: “Bacalah!”. Beliau menjawab: “Aku tidak bisa baca”. Malaikat itu memegangku kembali dan memelukku untuk ketiga kalinya dengan sangat kuat lalu melepaskanku, dan berkata lagi: (Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah).” (HR. Bukhari no. 6982, Muslim no. 160).

  1. Waktu Dikabulkannya Doa

Sepertinya Sahabat Tour Aqsa juga tak asing dengan informasi yang menyatakan bahwasannya malam hari diyakini sebagai waktu yang mustajab untuk dikabulkannya doa. Hal ini tentunya berbeda saat di siang hari. Ini terkhusus untuk hari Jumat yang waktu siangnya disebut memiliki keutamaan tersebut.

Berkunjung ke Lokasi Bersejarah di Kawasan Mesir Yuk!

  1. Alexandria

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Alexandria menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Mesir. Alexandria juga sering disebut dengan Al – Iskandariyyah yang merupakan kota yang amat mempesona dengan pemandangan kotanya yang menyejukkan mata. Dari kota inilah, Sahabat Tour Aqsa dapat menyaksikan berbagai pesona bangunan Sphinx dan juga teater Romawi Kuno. Dari sini pula Sahabat Tour Aqsa dapat menjumpai salah satu tempat yang masuk ke dalam 7 keajaiban dunia yang bernama The Great Lighthouse. Tak hanya itu, ada pula pantai yang menghadap lautan mediterania. Pasir putihnya membentang luas hingga 25 kilometer dan membatasi kota Alexandria dengan garis pantai yang indah akan membuat para wisatawan akan sangat menikmatai pada saat berada di negara Mesir.

  1. Patung Ramses II

Salah satu destinasi wisata yang juga tak pernah sepi pengunjung ialah patung Ramses II yakni sebuah patung perwujudan dari Raja Fir’aun Ramses II. Diketahui bahwa patung tersbeut treletak di halaman sebuah kuil bernama Abu Simbel serta berada di kawasan Ain Shams yakni tepat di bagian timur kota Kairo, Mesir. Menurut sejarah, kuil ini dibangun pada masa dinasti ke – 19. Sedangkan patung raja Fir’aun Ramses II telah berusia ribuan tahun dan masih kokoh berdiri hingga kini. Di bagian kuil lain yang lebih besar terdapat 4 buah patung raja Fir’aun Ramses II dengan keadaan duduk. Diketahui bahwa patung – patung ini memiliki tinggi lebih dari 20 meter. Di kawasan ini juga terdapat patung – patung yang lebih kecil. Patung – patung ini merupakan anak dari raja Fir’aun Ramses II yakni Nefertari. Apabila Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke tempat ini untuk melihat patung – patung raja Fir’aun Ramses II beserta anak – anaknya, perlu Sahabat Tour Aqsa ingat bahwa lokasinya berada di pinggir Danau Nasser yang dulunya disebut Nubia pinggiran. 

  1. Benteng Shalahuddin Al – Ayubbi

Saat Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Mesir, hendaknya Sahabat Tour Aqsa tak melewatkan untuk berkunjung ke benteng Shalahuddin Al – Ayubbi. Dijamin Sahabat Tour Aqsa tak akan kecewa, karena memang kawasan ini dikenal karena keindahannya serta pesonanya. Benteng yang letaknya berada di dataran tinggi ini usianya telah mencapai ratusan tahun. Menariknya, di dalam benteng ini terdapat sebuah masjid yang diberi nama Masjid Muhammad Ali. Pada saat Sahabat Tour Aqsa memasuki area dalam benteng, Sahabat Tour Aqsa akan melihat beberapa fasilitas yang disediakan diantaranya restoran yang disertai dengan pemandangan kota Kairo yang terlihat indah dari ketinggian. Ada pula Museum Militer serta Museum Polisi. Di kawasan ini Sahabat Tour Aqsa akan menemukan taman yang cantik dan terdapat pepohonan yang rindang dan terawat dengan baik. Apabila dilihat sekilas, pohon – pohon di tempat tersbeut mirip dengan tanaman bonsai yang berukir tulisan Arab. Hal ini menjadi bukti jika sebelum menjadi museum, Masjid Muhammad Ali merupakan bangunan yang sangat gagah nan agung karena didirikan oleh ulama besar pada masa peperangan Mesir. Bagian dinding Masjid Muhammad Ali terdapat kaligrafi Arab yang memenuhi dinding tersebut. Bahkan di kubah masjid juga terdapat tulisan kaligrafi yang indah.

  1. Benteng Qaitbay

Benteng Qaitbay menjadi salah satu benteng yang berada di kawasan Mesir yang dibangun di tempat bekas mercusuar kuno yang hancur karena gempa bumi. Pada mulanya berada di sebuah pulau yang disebut Pharos. Letak benteng ini berada di kawasan tepi lautan Mediterania yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Al – Asyraf Al – Nasr Syaifuddin Qaitbay yang berasal dari dinasti Mamluk pada tahun 1423. Pada zaman dahulu, benteng Qaitbay dibangun untuk mempertahankan negara Mesir dari serangan musuh yang menyerang. Dengan bentuk lorong dan memiliki banyak celah, benteng ini bertujuan agar mudah dalam mengamati musuh yang datang. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya wisatawan berkunjung ke Mesir, benteng ini telah menjadi salah satu tujuan wisata utama saat berkunjung ke Mesir. Apabila Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Mesir, benteng ini menjadi salah satu rekomendasi untuk Sahabat Tour Aqsa jadikan kunjungan wisata bersejarah di Mesir.

  1. Taman Kerajaan Montazah

Destinasi wisata bersejarah selanjutnya yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi pada saat di Mesir ialah Taman Kerajaan Montazah. Letak taman ini berada di istana Muntaza atau yang juga disebut dengan El Montazah Palace. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa istana ini merupakan tempat beristirahatnya keluarga Raja Fuad I serta kerabatnya setelah selesai berburu. Taman ini dibangun pada tahun 1932 oleh Raja Fuad I. Kawasan taman ini berada persis di lingkungan istana Raja Farouk yang memiliki banyak pohon kurma di halamannya dan tertata begitu rapi nan indah. Daya tarik utamanya tentu pada istana Raja Farouk ini yang kini beralih fungsi hanya digunakan untuk menjamu para tamu kenegaraan saja.

  1. Masjid Abu Al – Abbas Al – Mursi

Salah satu Masjid bersejarah di Mesir yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi ialah Masjid Abu Al – Abbas Al – Mursi. Masjid ini didirikan pada tahun 1775 yang menjadi penanda juga bahwa telah hadir nilai agung arsitektur islam. Masjid Abu Al – Abbas Al – Mursi berada di kawasan Anfoushi, kota Alexandria. Tentu menjadi suatu kewajaran bila masjid ini tampak megah dan besar. Hal ini karena tingginya mencapai 23 meter dengan pintu masuk yang berada di sisi utara dan timur serta kubah yang berbentuk silinder berukiran artistik yang amat indah. Kemudian pada bagian selatan terdapat sebuah menara yang memiliki tinggi sekitar 73 meter. Perihal gaya ornamen masjid Abu Al – Abbas Al – Mursi ini dibangun dengan arsitektur budaya Mamluk. Adapun gaya desain masjid ini merupakan perwujudan dari dinasti Islam Mamluk yang pernah menguasai Mesir dan Siria sepanjang abad ke – 13.

  1. Perpustakaan Besar Alexandria

Tak berlebihan rasanya apabila kota Alexandria dijuluki sebagai kota pendidikan islam paling terkenal di seluruh dunia. Apabila Sahabat Tour Aqsa berkunjung ke Mesir, hendaknya Sahabat Tour Aqsa tak melewatkan untuk berkunjung ke perpustakaan yang pernah dinobatkan menjadi perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan Alexandria juga sering disebut dengan perpustakaan Iskandariyah. Bangunan perpustakaan ini didirikan di awal abad ke – 3 Sebelum Masehi di masa pemerintahan Ptolemeus II. Pada mulanya bangunan ini diperuntukkan sebagai pusat ilmu pengetahuan bidang hellenistik. Namun, kini dialihfungsikan hanya sebagai tempat membaca yang nyaman. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa tempat ini menyimpan tak kurang dari 400.000 hingga 700.000 naskah penting yang bersejarah dalam bentuk papirus yang terbuat dari tumbuh – tumbuhan subur yang tumbuh di rawa – rawa sepanjang sungai Nil. Selain itu, perpustakaan Alexandria juga memiliki berbagai macam koleksi penting yang berbentuk manuskrip keagamaan termasuk juga salinan langka dari kitab suci Al Qur’an. Wah.. Luar biasa kan?

Seperti itulah sekilas ulasan mengenai Paket Tour Aqsa Jordan Mesir 2022 Jakarta teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang berencana berlibur ke Aqsa, Jordan dan Mesir. Semoga informasi yang disamapaikan dapat menjadi referensi terbaik bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian. Selamat merencanakan liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *