Paket Tour Aqsa 2021 Terbaik

Paket Tour Aqsa 2021 Terbaik

Ketika musim liburan telah tiba, tentunya ini pertanda bahwa saatnya Sahabat Tour Aqsa berupaya memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Salah satu caranyanya ialah dengan cara melaksanakan liburan dan mengunjungi destinasi wisata. Ada yang memutuskan untuk berlibur di dalam negeri, ada pula yang berkunjung ke luar negeri. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke luar negeri dengan destinasi wisata yang memberikan kesan positif dan dalam akan makna, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berkunjung ke Al – Aqsa dengan memilih paket Tour Aqsa. Siapa sih yang tak mengenal Al – Aqsa? Tentunya, Sahabat Tour Aqsa juga tak asing bukan? Al – Aqsa menjadi rekomendasi liburan yang tepat bagi Sahabat Tour Aqsa karena dikenal tak hanya dari segi keindahan arsitekturnya saja. Melainkan destinasi yang dikunjungi memiliki sejarah yang dapat menambah wawasan Sahabat Tour Aqsa sekalian. Pastinya saat Sahabat Tour Aqsa berlibur ke Al – Aqsa akan mendapatkan kesan liburan yang berbeda dari sebelumnya. Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftarkan diri dengan memilih Paket Tour Aqsa 2021 Terbaik. Bagaimana? Berminat untuk mencobanya? Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui seputar Tour Aqsa dan memantau informasi terkait Tour Aqsa Jakarta dan Tour Aqsa 2021, yuk simak informasi dibawah ini.

Jenis Pintu di Masjid Al – Aqsa

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwasannya Masjid Al – Aqsa merupakan Kawasan yang tak hanya terdiri dari satu masjid saja, melainakan ada beberapa masjid. Masjid Al – Aqsa ini ditaksir memiliki luas sekitar 144.000 meter persegi. Tentunya luas sekali bukan? Oleh karena itulah, tentunya jumlah pintu yang berada di Masjid Al – Aqsa ini berjumlah lebih dari satu. Pintu yang berada di Masjid Al – Aqsa memiliki bentuk seperti gerbang dan diketahui terdapat sepuluh pintu yang terbuka. Diketahui sisa pintu tersebut berjumlah 5, namun tertutup oleh dinding karena alasan keamanan. Pasalnya pintu yang tertutup tersebut merupakan perbatasan langsung dengan kota Al – Quds. Oleh sebab itulah, pintu tersebut ditutup. Apa saja nama pintu yang berada di Masjid Al – Aqsa? Yuk simak dibawah ini. Travel Tour Aqsa

  1. Pintu Hittah

Pintu Hittah merupakan pintu yang memiliki letak diantara madrasah At – Turbah Al – Auhadiyah dengan madrasah Al – Karimiyah. Pintu Hittah ini menjadi salah satu pintu kuno masjid yang berada di Lorong utara masjid, lebih tepatnya sebelah utara. Pintu ini telah mengalami pembaharuan Ketika Al – Malik Al – Mu’adzam Isa berkuasa yakni pada masa pemerintahan Ayyubiyah pada tahun 617 Hijriah atau sekitar 1220 Masehi.

  1. Pintu Al – Atam

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pintu Al – Atam ini merupakan pintu yang terletak diantara pintu Ghawanimah dan pintu Hittah, tepatnya di sebelah utara masjid Al – Aqsa. Arti dari atam ini memiliki arti gelap, inilah latar belakang masyarakat Baitul Maqdis menyebut demikian. Pintu Al – Atam juga memiiki nama lain yakni Pintu Raja Faisal yang dinisbatkan kepada Raja Faisal bin Husain. Beliau merupakan Raja Syiria yang berkunjung ke Masjid Al – Aqsa pada tahun 1930 Masehi yang lewat melalui pintu ini. Selain itu, terdapat nama lain pula yakni pintu Ad – Duwaidariyah. Disebut sebagai pintu Ad – Duwaidariyah dikarenakan terletak di samping madrasah Ad – Duwaidariyah. Pintu Al – Atam ini mengalami pembaharuan pada saat renovasi Lorong sebelah utara. Pembaharuan Pintu Al – Atam dilakukan pada masa pemerintahan Al – Malik Al – Mu’adzam bin Al – Malik Al – Adil Abu Bakar bin Ayyub yang berasal dari kesultanan Ayyubiyah pada tahun 610 Hijriyah atau sekitar 1213 Masehi.

  1. Pintu Al – Asbat

Pintu Al – Asbat merupakan salah satu pintu masuk yang memiliki dua daun pintu yang berbahan dasar kayu. Pintu Al – Asbat ini berada di sebelah utara paling kiri Masjid Al – Aqsa. Pada masa pemerintahan Ayyubiyah tepatnya pada taahun 610 Hijriah atau sekitar 1213 Masehi, Pintu Al – Asbat ini mengalami pembaharuan. Pembaharuan yang dilakukan juga meliputi Lorong utara. Pada pojok pintu Al – Asbat ini terdapat bagian dalam yang memiliki rongga dan tersambung langsung ke Lorong utara, serta pintu bagian luar yang memiliki bentuk persegi Panjang melengkung yang runcing. Diketahui Pintu Al – Asbat ini memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan lebar 2 meter.

  1. Pintu Al – Gawanimah

Pintu Al – Gawanimah merupakan salah satu pintu yang berada di Masjid AL – Aqsa yang didirikan pada masa Umawiyah. Pintu Al Gawanimah ini ialah pintu pertama yang berada di Lorong sebelah barat. Letaknya berada di sebelah timur laut Masjid Al – Aqsa. Pintu ini telah mengalami pembaharuan pada masa pemerintahan Ayyubiyah pada tahun 707 Hijriyah atau sekitar 1307 Masehi. Pintu Al – Gawanimah ini memiliki nama lain yakni Pintu al _ walid, yakni dinisbatkan kepada al – Walid bin Abdul Malik. Pada masa pembangunan Lorong barat, pintu al – Gawanimah ini kecil dan memiliki bentuk persegi Panjang. Perkiraannya antara lebar dan tinggi sisi pintunya terlihat sangat berbeda. Pintu ini terbuat dari bahan dasar kayu serta memiliki satu daun pintu yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya orang yang berkunjung. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak memasuki pintu Al – Gawanimah ini harus menaiki delapan anak tangga terlebih dahulu. Ada fakta terkait Pintu al – Gawanimah ini yakni pernah terjadi pembakaran yang dilakukan oleh pemukim yahudi pada tahun 1998.

  1. Pintu An – Nazir

Pintu An – Nazir merupakan pintu yang terletak di sebelah barat Masjid AL – Aqsa. Pintu ini telah mengalami pembaharuan pada masa pemerintahan Ayyubiyah yakni pada tahun 600 Hijriyah atau sekitar 1203 Masehi. Pintu An – Nazir memiliki nama lain yakni pintu al – Habs yang memiliki arti penjara. Latar belakang dinamakan pintu al _ habs karena pintu ini berdekatan dengan penjara pada masa kesultanan Turki.

  1. Pintu Al – Hadid

Pintu Al – Hadid merupakan salah satu pintu yang terletak di sebelah barat Masjid Al – Aqsa. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pintu Al – Hadid ini menjadi salah satu pintu dari beberapa pintu yang menjadi cabang dari jalan bab al – ‘Amud yakni salah satu jalan yang menuju Al – Quds. Pintu Al – Hadid memiliki nama lain pula yakni pintu Aqgun. Hal yang melatar belakangi disebut pintu Argun karena pintu Al – Hadid ini diperbaharui pada masa Amir Argun yang wafat pada tahun 758 Hijriyah atau sekitar 1356 Masehi. Di atas Pintu Al – Hadid merupakan terdapat ruangan yang pernah difungsikan pada masa Mamalik. Ditengah – tengahnya terdapat jendela yang berbentuk persegi empat yang dikelilingi batu dengan ornament melengkung berbentuk zig – zag.

  1. Pintu Al – Magharibah

Pintu Al – Magharibah ialah salah satu pintu yang berada di Masjid Al – Aqsa. Dinamakan Magharibah karena pintu ini memiliki langsung menuju perkampungan orang – orang Maroko. Akan tetapi, kampung tersebut telah digusur dan digantikan dengan perkampungan yahudi. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pintu Maghribah memiliki sebutan pintu Al – Buraq. Mengapa demikian? Karena banyak sekali yang meyakini bahwasannya Rasulullah Saw masuk ke dalam Masjid Al – Aqsa Ketika malam Isra’ melalui pintu ini. Pintu Al – Magharibah ini pada bagian atasnya berbentuk melengkung. Dari dalam masjid, pintu ini terlihat berbentuk persegi Panjang. Pintu Al – Magharibah ini telah mengalami pembaharuan pada masa kesultanan Mameluk pada tahun 737 Hijriyah atau sekitar 1336 Masehi.

  1. Pintu As – Silsilah

Pintu As – Silsilah merupakan pintu yang terletak di sebelah Barat Masjid Al – Aqsa. Sebagian orang mengatakan bahwa pintu Al – Silsilah ini terdiri dari 2 pintu yakni pintu pertama disebut sebagai As – Silsilah yang berarti rantai karena pada zaman dahulu diyakini bahwa terdapat rantai yang tergantung di pintu. Sedangkan pintu kedua dinamakan As – Sakinah. Akan tetapi pintu yang kedua ini ditutup dan hanya dibuka pada saat dalam keadaan darurat saja. Untuk pintu yang selalu dibuka ialah pintu As – Silsilah. Bagian atas pada pintu As – Silsilah ini tertutup kubah dan kubah ini berdiri di atas dinding – dinding pintu. Tentunya dekorasi pada kubah ini sangat indah dan berbentuk persegi delapan. Pada bagian atas pintu terdapat bangunan berupa ruangan yang diketahuhi sejarah pembangunannya Kembali ke zaman Mameluk dan Kesultanan Turki Utsmani. Pintu ini telah mengalami pembaharuan pada masa pemerintahan Ayyubiyah pada tahun 600 Hijriyah atau sekitar 1266 Masehi

Persiapan Tour Aqsa 2021

               Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak merencanakan liburan untuk berkunjung ke Al – Aqsa pastinya sedang bertanya – tanya terkait berpakah biaya yang hendaknya dipersiapkan. Terlebih Sahabat Tour Aqsa yang ingin sekali untuk berlibur ke Al – Aqsa, pastinya saat ini sedang mencari jasa travel yang menyediakan paket Tour Aqsa yang terpercaya. Penting sekali bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian sebelum memilih jasa travel, alangkah lebih baiknya memeriksa terlebih dahulu. Memerika ini guna memastikan bahwa jasa travel yang dipilih benar – benar terpercaya. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berlibur ke Al – Aqsa, tenang saja perihal mencari jasa travel yang terpercaya. Perlu diketahui bahwasannya biaya untuk berkunjung ke Al – Aqsa lebih terjangkau apabila Sahabat Al – Aqsa memilih jasa travel yang telah terpercaya dan berpengalaman, Salah satunya ialah Satutours Travel. Karena Satutours Travel hadir untuk Sahabat Tour Aqsa dan siap mendampingi untuk berkeliling menjajahi Al – Aqsa. Dengan Sahabat Tour Aqsa memilih paket Tour Aqsa di Satutours Travel, maka akan dipastikan bahwa seluruh pelayanan serta fasilitas yang disuguhkan akan membuat Sahabat Tour Aqsa nyaman selama berlibur.  Biaya yang dipersiapkan pun cukup terjangkau yakni mulai dari 2400 USD saja. Dengan biaya tersebut, Sahabat Tour Aqsa sudah dapat berlibur ke Aqsa dan menikmati berbagai destinasi wisata yang telah disuguhkan. Dengan biaya tersebut pula, Sahabat Tour Aqsa dapat menikmati berbagai fasilitas nyaman dan lengkap. Sahabat Tour Aqsa dapat membandingkannya dengan jasa travel lain, yang tentunya Satutours Travel memiliki keistimewaan yang tak dimiliki oleh travel lain.

Mengunjungi Masjid Al – Qibli di Aqsa

Salah satu masjid yang terdapat dalam kompleks Masjid Al-Aqsa ialah Masjid Al – QIbli. Masjid Al – Qibli letaknya berada di wilayah selatan Masjid, seringkali orang salah menyebutnya sebagai Masjid Al-Aqsa. Padahal Masjid Al-Aqsh adalah seluruh wilayah di atas bukit ini yakni yang dikelilingi dinding Di wilayah kota Tua Al-Quds Yarusalem. Masjid Al – Qibli didirikan oleh khilafah Abdul Malik Bin Marwan dari Bani Umayyah dan pengerjaannya diselesaikan oleh anaknya al-Walid bin Abdil Malik antara tahun 86-96 H/705-714. Pada Dinasti Fathimiyah Masjid ini pernah terkena Gempa. Hingga menyebabkan beberapa lorong menuju Masjid Al-Qibli hancur dari jumlah semula sebanyak 15 lorong hingga hanya tersisa 7 lorong yang dapat di gunakan hingga sekarang ini.

Pada saat kota Al-Quds dikuasai oleh tentara salib, masjid ini dibagi menjadi 3 bagian. Yang pertama dijadikan sebagai tempat komando pimpinan tentara Salib. Kedua, dijadikan sebagai tempat tinggal pasukan berkuda, dan ketiga, dijadikan gereja. Ketika Al-Quds dibebaskan kembali oleh Shalahuddin Al-Ayyubi pada tahun 583 H/1187 M, masjid ini kembali di fungsikan sebagai tempat beribadah. Masjid Al-Qibli sudah beberapa kali direnovasi pada masa pemerintahan Islam. Diantaranya ialah pada masa Mameluk, masa Utsmani dan ketika awal penjajahan Inggris atas tanah Palestina. Setelah Al-Quds jatuh ke tangan penjajah Zionis, Masjid Al-Qibli mendapat banyak ancaman dan serangan. Di antaranya pembakaran masjid pada tanggal 21 Agustus 1969, ketika Mimbar Nuruddin az-Zanky yang berada di dalamnya ikut terbakar. Kemudian usaha peledakan dan serangan roket pada tahun 1980 dan 1984. Di samping usaha-usaha penggalian yang sangat berpengaruh pada fondasi masjid. Terdiri dari satu ruwaq (lorong) besar di tengah dan tiga ruwaq masing-masing di sisi kanan dan kirinya. Masjid Al-Qibli memiliki satu kubah besar yang terbuat dari kayu di sisi dalamnya dan dilapisi timah di sisi luarnya, dengan tinggi 17 meter. Panjang masjid ini mencapai 80 meter dan lebarnya 55 meter. Luasnya mencapai 4.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat 11 pintu masuk dan pada saat ini dapat menampung 5.500 jemaah.

Seputar Al – Aqsa

Tak diragukan lagi terkait keistimewaan Al – Aqsa, sebagai umat muslim Sahabat Tour Aqsa tentunya juga telah mengerti terkait banyak sekali keistimewaan Al – Aqsa ini. Mulai dari sebagai saksi terkait perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw, pernah menjadi kiblat pertama umat muslim sebelum dipindah serta menjadi bangunan masjid kedua yang ada di dunia. Keistimewaan yang dimiliki Al – Aqsa inilah yang menajdi daya tarik tersendiri bagi umat muslim yang ingin berkunjung kesana. Oleh karena itu, tak heran apabila Kawasan Al – Aqsa menjadi destinasi wisata favorit para pengunjung, hal ini tentunya karena sejarah menarik yang melatarbelakangi. Sahabat Tour Aqsa akan merasakan sensasi yang berbeda Ketika mengamati dan berada langsung melihat keistimewaan Al – Aqsa saat berkunjung kesana. Bagi yang bertanya – tanya apa saja keistimewaan yang ada pada Al – Aqsa, berikut penjelasannya.

  1. Negeri Yang Diberkahi

Al – Aqsa merupakan tempat yang menjadi saksi diutusnya para nabi serta tempat turunnya para malaikat. Al – Aqsa juga menjadi tempat tujuan nabi Musa setelah kejaran Fir’aun dan  menyeberangi Laut Merah. Secara fisik, makna berkah bisa juga dari tanah yang subur dan kekayaan alam yang dimiliki Al – Aqsa. Sebagaimana yang tertuang di dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya (21) ayat 81 yang artinya, “Dan (Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami berikan berkah padanya. Dan Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.”

  1. Negeri Yang Disucikan

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwasannya Allah telah mensucikan Al – Aqsa ini untuk segenap kaum muslim. Pada zaman Nabi, Allah mengirimkan orang-orang saleh yang mampu memberantas kesyirikan di sana. Oleh karena itu, Al – Aqsa menjadi tempat yang bersih dari kesyirikan dan ditinggali orang-orang beriman. Kesucian Al – Aqsa ini termaktub dalam Alquran, juga Injil dan Taurat. Penjelasan tersebut terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Ma’idah (5) ayat 21 yang artinya, “Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang yang rugi.”

  1. Negeri Islam

Al – Aqsa menjadi negeri Islam sejak pada masa Nabi Sulaiman AS. Nabi Sulaiman AS menjadi pemimpin atas kerajaan yang membawa ajaran tauhid dari Allah SWT kepada umatnya. Pada saat itu, Kerajaan Nabi Sulaiman AS sangat megah dan mampu menyejahterakan rakyat secara merata di tanah Al – Aqsa. Penjelasan tersebut terdapat dalam firman Allah: “ Dikatakan kepadanya (Balqis),”Masuklah ke dalam istana.” Maka ketika dia (Balqis) melihat (lantai istana) itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya (penutup) kedua betisnya, Dia (Sulaiman) berkata,”Sesungguhnya ini hanyalah lantai istana yang dilapisi kaca.” Dia (Balqis) berkatalah,” Ya Tuhanku, sungguh aku telah berbuat zhalim terhadap diriku. Aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan seluruh alam.” (QS 27:44)

  1. Negeri Seluruh Umat Muslim

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Al – Aqsa akan menjadi rumah negeri Islam saat terjadi cobaan dan fitnah begitu dahsyat ketika akhir zaman nanti. Pada saat itulah tanah Al – Aqsa akan menjadi tempat berkilaunya iman Islam. Penjelasan tersebut terdapat pada surat Al-Anbiya (21) ayat 71 yang artinya, “Dan Kami selamatkan dia (Ibrahim) dan Lut ke sebuah negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam.” Pada hadist tersebut dijelaskan, bahwa negeri diberkahi untuk seluruh alam bukan hanya untuk Palestina saja. Akan tetapi, alam ini milik Allah. sehingga Palestina menjadi negeri yang keberkahannya dirasakan oleh umat muslim hingga akhir zaman.

  1. Negeri Isra Mi’raj Rasulullah

Al – Aqsa menjadi napak tilas akhir dari perjalanan Isra’ Nabi Muhammad Saw dan menjadi titik awal Mi’rajnya ke langit untuk menerima perintah shalat lima waktu. Peristiwa penuh makna ini sangat penting bagi umat muslim. Oleh karena itu, setiap tahun ada peringatan untuk mengenang kisah yang tidak pernah terlepas dari sejarah tanah Al – Aqsa. Penjelasan tersebut termaktub dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 1 yang artinya : “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Itulah uraian singkat terkait Paket Tour Aqsa 2021 Terbaik untuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin berkunjung ke Al – Aqsa. Bagi Sahabat Tour Al – Aqsa yang berminat untuk berkunjung ke Al – Aqsa dengan mendaftar paket Tour Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftarkan diri ke Satutours Travel. Begitu banyak keuntungan ketika Sahabat Tour Aqsa memilih berlibur dengan menggunakan Tour Aqsa ini. Semoga informasi ini membantu Sahabat Tour Aqsa dalam menentukan liburan yang ingin dijalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *