Informasi Travel Tour Aqsa Terpercaya

Informasi Travel Tour Aqsa Terpercaya

Informasi Travel Tour Aqsa Terpercaya

Informasi Travel Tour Aqsa Terpercaya
Informasi Travel Tour Aqsa Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk berlibur, pastinya Sahabat Tour Aqsa mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk persiapan berlibur bukan? Nah, itu merupakan hal yang penting dalam salah satu persiapan yang t dilakukan sebelum berangkat untuk berlibur. Karena dengan mencari informasi seputar destinasi yang akan dikunjungi, maka Sahabat Tour Aqsa juga dapat mempersiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan liburan dengan semaksimal mungkin. Pada umumnya, sebelum berlibur Sahabat Tour Aqsa menentukan liburan yang akan dilakukan bertempat dimana. Ada beberapa pilihan yakni dalam negeri atau luar negeri, wisata alam atau religi dan lain sebagainya. Sahabat Tour Aqsa dapat memilih sesuai dengan pilihan yang diinginkan. Tentunya juga meyesuaikan dengan budget yang tersedia. Apabila Sahabat Tour Aqsa berencana untuk berlibur ke luar negeri dan mengunjungi destinasi wisata yang religi, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk mengunjungi Al – Aqsa. Tak perlu khawatir perihal informasi seputar Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat memperoleh informasi lengkap seputar Tour Aqsa dengan mengunjungi website dan membaca segala informasi yang ada di touraqsa.com. Untuk Informasi Travel Tour Aqsa Terpercaya, Sahabat Tour Aqsa dapat membaca dengan lengkap informasi di bawah ini.

Aneka Ragam Kubah di Masjidil Aqsa

Informasi Travel Tour Aqsa Jakarta
Informasi Travel Tour Aqsa Jakarta

Tahukah Sahabat Tour Aqsa sekalian bahwasannya kubah merupakan salah satu bagian yang terpenting pada suatu bangunan masjid. Kubah itu sendiri merupakan bangunan yang berbentuk setengah bola yang terletak diatas atap. Bangunan kubah ini memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai tempat ibadah, I’tikaf, memepringati suatu acara dan lain sebagainya. Karena Masjid Al – Aqsa merupakan masjid yang tak hanya terdiri dari hanya satu bangunan masjid saja, maka kubah yang terdapat dalam Masjid Al – Aqsa tentunya terhitung lebih dari satu. Diketahui kubah masjid Al – Aqsa ini berjumlah sebanyak 15 kubah. Dalam pembangunannya kubah ini terjadi pada beberapa jaman pemerintahan islam seperti Bani Umayyah, masa Ayyubiyah, masa Mameluk serta masa bani Utsmaniyah. Nama – nama kubah yang berada di Masjidil Aqsa antara lain :

  1. Kubah Musa

Kubah selanjutnya bernama kubah Musa. Kubah Musa ini merupakan kubah yang dibangun oleh al – Malik Najmuddin Ayyub pada tahun 647 Hijriyah. Bangunan kubah ini memiliki bentuk persegi empat dengan satu mihrab di arah kiblat. Diketahui Panjang dan lebarnya masing – masing ialah 6 meter. Bangunannya memiliki 6 jendela serta pintu masuk yang terletak disisi utara. Letak kubah Musa ini berada diantara pintu As – Silsilah di barat dan Kubah An – Nahwiyah di Timur yakni di pelataran barat Masjid Al – Aqsa. Kubah ini bernama Kubah Musa karena terinspirasi dari salah satu guru yang pernah mengajar di bangunan tersebut atau yang dinisbatkan yakni Nabi Musa AS. Pada mulanya kubah ini disebut dengan kubah asy – Syajarah karena dulunya banyak sekali pohon rindang di sekitar bangunan tersebut. Bangunan kubah ini diketahui berdiri diatas masthabah yang memiliki mihrab tersendiri. Pada saat ini kubah ini digunakan sebagai ruangan Tahfiz al – Qur’an. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa disinilah markas Al – Qur’an pertama kali berdiri dan hingga sekarang masih menghasilkan generasi penghafal dan pembelajar Al – Qur’an. Masyaallah yaa..

  1. Kubah An – Nahwiyah

Kubah An – Nahwiyah merupakan bangunan yang terletak di sebelah barat daya pelataran ash – Shakhrah. Kubah ini didirikan oleh al – Malik Syarafuddin Abu Mansur Isa al – Ayyubi pada tahun 604 Hijriyah. Tujaun dari pembangunan kubah ini ialah digunakan sebagai lokasi untuk Pendidikan serta pengajaran ilmu nahwu dan Sharaf. Kubah An – Nahwiyah ini memiliki 3 ruang di dalamnya dan salah satu dari ketiga ruang tersebut yang terletak di sebelah barat memiliki kubah diatasnya. Pintu masuk pada kubah ini mengahdap ke bagian arah utara. Pada jaman dahulu saat inggris menjajah, kubah ini dirubah menjadi perpustakaan. Kini, bangunan kubah ini telah menjadi kantor pengadilan agama tingkat banding yang merupakan bagian dari kantor pengadilan agama di Al – Quds. Menarik sekali ya sejarahnya.

  1. Kubah Sulaiman

Pada mulanya, kubah ini dinamakan kubah Sulaiman karena memang dinisbatkan kepada Sulaiman bin Abdul Malik yakni salah satu seorang khalifah Umawiyah yang menjadi pemimpin pada tahun 96 hingga 99 Hijriyah sebelum Khalifah Umar bin Abdul Aziz naik tahta. Kubah Sulaiman ini terletak di sebelah barat daya pintu al – Atam yani pintu Raja Faisal atau lebih spesifiknya di halaman tengah bagian utara Masjid Al – Aqsa. Pembangunan kubah ini dilakukan pada masa Ayyubiyah yakni pada tahun 600 Hijriyah atau sekitar 1203 Masehi dan mengalami pembaharuan pada masa kesultanan Utsmaniyah. Kubah Sulaiman memiliki persegi delapan serta memiliki satu mihrab. Spesifik dari kubah ini ialah memiliki tiang yang berjumlah 24 buah dan terbuat dari marmer. Memiliki pintu kubah yang terletak di sebelah utara bangunan. Konon katanya, kubah ini pernah digunakan untuk beribadah, berkhalwat serta untuk menyimpan data – data penting pengadilan agama serta arsip – arsip Masjid Al – Aqsa. Kemudian urusan wakaf dan pembangunan untuk memeperbaharuinya dan menjadikannya untuk kantor urusan konseling.

  1. Kubah Al – Mizan

Kubah Mizan merupakan salah satu kubah yang ada di Al – Aqsa. Latar belakang penamaan kubah mizan ini ialah karena memiliki posisi yang menempel dengan baikah selatan. Baikah ini dikenal dengan Al – Mizan yang berarti timbangan. Oleh karena itu, nama kubah yang menempel ini dinisbatkan kepada baikah ini. Letak dari kubah mizan ini berada di sebelah selatan pelataran kubah Ash – Shakhrah dan menempel di baikah selatan. Diketahui bahwa kubah mizan ini merupakan bangunan yang terdiri dari enam tiang penyangga yang terbuat dari batu marmer. Tiangnya berbentuk persegi delapan dan antara satu tiang dengan tiang yang lainnya disambungkan dengan tiga ikatan yang berbentuk setengah cincin. Di atasnya terdapat tonjolan yang melingkari kubah ini, kubah ini juga berada diatas ubin marmer. Kubah ini terletak di atas mimbar Burhanuddin. Pada mulanya, mimbar tersebut dibuat pada masa Ayyubiyah dengan berbahan dasar kayu. Namun, setelah itu diganti dengan bahan dasar batu marmer pada masa Mameluk. Penggantian ini dilakukan oleh Qadhi Burhanuddin pada tahun 790 Hijriyah. Qadhi Burhanuddin ini dikenal sebagai seorang guru yang mengajar di sekolah Shalahiyah dan khatib di Masjid Al – Aqsa.

  1. Kubah Ash – Shakhrah

Kubah Ash – Shakhrah merupakan kubah yang terletak tepat diatsa Ash – Shakhrah al – Musyarrafah. Pada bagian dalam kubah terdapat mozaik, dekorasi yang menawan serta kaligrafi yang indah. Kubah Ash – Shakhrah ini merupakan kubah yang memiliki lapisan emas yang memiliki tinggi sekitar 35 meter dengan diameter 20 meter. Pada bagian atas kubah terdapat bentuk bulan sabit yang diketahui memiliki tinggi sekitar 4 meter. Kubah Ash – Shakhrah memiliki 2 bagian yakni bagian dalam dan bagian luar. Jarak antara kubah bagian dalam dan bagian luar diketahui sekitar satu meter. Kubah bagian dalam diketahui terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kapur emas. Sedangkan yang bagian luar pada mulanya terbuat dari timah yang dilapisi oleh emas. Kemudian bahannya diubah menjadi lempengan timah yang dilapisis aluminium emas yang bertahan hingga tahun 1950. Pada tahun 1995 kubah Ash – Shahrah ini ditutup menggunakan seng yang di cat dengan emas murni yang menghabiskan emas sebanyak 24 kg. Kubah Ash – Shakhrah ini merupakan bangunan yang telah ada sejak masa Umayyah hinga masa Utsmaniyah yang tertutupi oleh berbagai ukiran mozaik yang menawan. Pada masa kekuasaan Sultan Sulaiman Al – Qanuni dari Utsmaniyah, beliau memerintahkan untuk mengganti mozaik yang terdapat pada ubah tersebut dengan ubin berkaca yang berwarna biru. Ubin kaca yang dimaksud ialah terbuat dari keramik yang dilapisis dengan cat halus dan menyala. Selain itu, pada kekuasaan Sultan Abdul Hamid, beliau memerintahkan untuk menuliskan surat Yasin di sekeliling bangunan yang berbentuk persegi delapan tersebut. Kaligrafi yang ditulis pada kubah ini pertama kali dilakukan oleh seorang kaligrafer yang bernama Muhammad Syafiq.

  1. Kubah Al – Mi’raj

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa kubah Ash – Shakhrah ini merupakan bangunan yang didirikan oleh Al – Amir Al – Isfisihlar Izzuddin yakni Gubernur Al – Quds pada masa kesultanan Ayyubiyah tahun 597 Hijriyah. Kubah Al – Mi’raj merupakan salah satu kubah yang terletak di barat laut pelataran Ash – Shakhrah. Kubah ini dibangun dengan tujuan untuk mengenang peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw. Kubah ini merupakan bangunan yang memiliki bentuk persegi delapan dengan memiliki satu mihrab di arah kiblat. Diketahui bahwa dinding dari kubah ini tertutup dengan marmer putih dan pintunya terletak di sebelah utara. Bangunan kubah ini memiliki tiang yang berjumlah 30 tiang. Kemudian di atasnya terdapat kubah yang terbuat dari lembaran timah. Kemudian di atas kubah tersebut juga terdapat kubah kecil lainnya seperti mahkota yang terletak di atas kepala. Pada saat ini kubah Mi’raj ini digunakan sebagai kantor urusan pembangunan Masjid Al – Aqsa.

  1. Kubah As – Silsilah

Kubah As – Silsilah merupakan kubah yang dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan pada tahun 65 hingga 68 Hijriyah yang terletak di sebelah timur dari kubah Ash – Shakhrah. Banyak pendapat yang bermunculan melalui para ahli sejarah terkait asal – usul pembangunan kubah As- Silsilah tersebut. Akan tetapi, banyak yang mengatakan bahwa kubah ini dibangun sebagai tempat untuk memantau pembangunan kubah Ash – Shakhrah dan pada mulanya hanya sebagai miniature kubah As – Shakhrah. Konon katanya, Khalifah yang bernama Sulaiman bin Abdul Malik ini pernah duduk di dalamnya untuk mengawasi rakyatnya. Seperti yang diketahui bahwa kubah ini pernah digunakan untuk tempat sholat, proses belajar mengajar serta hal yang lainnya. Pada saat tentara dari perang salib menguasai Masjid Al – Aqsa, kubah As – Silsilah ini dijadikan sebagai gereja yang memiliki nama Gereja Saint James. Diketahui kubah ini memiliki tiang yang berjumlah sebelas buah. Tiang yang berada di Kubah As – Silsilah ini terbuat dari bahan dasar marmer dan satu mihrab yang berada di sebelah barat dari arah kiblat. Pada bagian dalam kubah juga terdapat tiang yang berjumlah sebanyak 6 buah. Tiang yang berada dalam kubah ini mengangakt leher kubah yang memiliki bentuk segi enam. Wah, menarik sekali bukan?

Pentingnya Vaksin Sebelum Berlibur

Travel Tour Aqsa Jakarta
Travel Tour Aqsa Jakarta

Sahabat Tour Aqsa tentunya mengerti bahwa liburan ke luar negeri merupakan hal yang menyenangkan. Namun, perlu diketahui bahwasannya sebelum berangkat ke luar negeri hendaknya Sahabat Tour Aqsa sekalian melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Mengapa harus vaksinasi terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar negeri? Hal ini dikarenakan karena arus keluar masuk pendatang yang berasal dari berbagai penjuru tentunya beresiko menularkan beberapa penyakit. Oleh karena itu, sebelum berangkat untuk berlibur ke luar negeri, Sahabat Tour Aqsa disarankan untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Ada beberapa vaksin yang dianjurkan sebelum Sahabat Tour Aqsa berlibur ke luar negeri. Apa saja? Yuk simak informasi dibawah ini.

  1. Vaksinasi Yellow Fever

Tahukah Sahabat Tour Aqsa apabila Sahabat Tour Aqsa berencana liburan ke beberapa daerah di Afrika (Etiopia, Nigeria & Sudan) dan Amerika Selatan, maka diwajibkan untuk Sahabat Tour Aqsa melakukan vaksinasi yellow fever. Yellow Fever ini merupakan sebuah virus (Flavivirus) yang ditularkan dari gigitan nyamuk aedes dan hemogogus yang telah terinfeksi. oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya penularan virus, sebelum berangkat ke negara yang disebutkan tadi hendaknya melakukan vaksinasi Yellow Fever terlebih dahulu. Setelah vaksinasi, biasanya Sahabat Tour Aqsa akan memilki sertifikat vaksinasi Internasional. Terkait vaksinasi yellow fever ini masa berlakunya selama sepuluh tahun.

  1. Vaksinasi Meningitis

Diketahui Meningitis merupakan pembengkakan pada selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Tujuan pelaksanaan vaksinasi meningitis  ini juga menjadi syarat untuk orang yang hendak melakukan ibadah haji atau umroh. Namun, bagi Sahabat Tour Aqsa yang akan berencana untuk bepergian ke daerah endemis, misalnya sub sahara Afrika, vaksinasi ini adalah wajib untuk melindungi diri dari penyakit meningitis. Oleh arena itulah, Sahabat Tour Aqsa disarankan untuk melakukan vaksinasi meningitis terlebih dahulu sebelum berangkat. Hal ini tentunya untu menjaga kesehatan Sahabat Tour Aqsa sekalian dari penyakit yang ada supaya tak tertular dan terhindar dari penyait sepulang dari negara yang dikunjungi tersebut. Hendaknya Sahabat Tour Aqsa tak melupakan pelaksanaan vaksin meningitis ini. Karena apabila sudah terkena penyakit meningitis ini, tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan diri Sahabat Tour Aqsa. travel tour aqsa

  1. Vaksinasi polio

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang Ingin mengunjungi negara-negara seperti Kamerun, Somalia, Etiopia, Kenya ataupun Suriah untuk melakukan kegiatan kemanusiaan. Hendaknya sebelum pergi, pastikan Sahabat Tour Aqsa melakukan vaksinasi polio terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan Polio merupakan salah satu penyakit virus yang sangat menular dan penularan lebih cepat terjadi pada anak-anak. Oleh karena itulah, vaksinasi polio direkomendasikan untuk wisatawan yang berkunjung ke negara epidemis polio. Sebisa mungkin Sahabat Tour Aqsa tak menyepelekan hal tersebut yakni melakukan vaksinasi. karena efeknya tentu akan fatal apabila tak dilakukan. Tour Aqsa

  1. Vaksinasi Hepatitis A

Vaksin Hepatitis A merupakan vaksin yang direkomendasikan untuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak berkunjung ke negara endemis hepatitis A, negara berkembang atau negara dengan tingkat sanitasi yang rendah atau keterbatasan air bersih. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan dua minggu sebelum keberangkatan, lakukan vaksinasi hepatitis A untuk melindungi Sahabat Tour Aqsa selama satu tahun. Hepatitis A ini merupakan infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan dari virus hepatitis A yang menular melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Virus ini yang menyebabkan radang serta mempengaruhi fungsi hati. Terlihat menyeramkan bukan? oleh karena itulah, sebelum berkunjung ke negara tujuan seperti yang tertera diatas, hendaknya Sahabat Tour Aqsa melakukan vaksinasi terlebih dahulu. Karena Vaksinasi ini juga bermanfaat untuk tubuh Sahabat Tour Aqsa sendiri agar takk mudah terserang virus yang dapat membahayakan tubuh.

  1. Vaksinasi Hepatitis B

Tak hanya hepatitis A saja yang terdapat vaksin agar tak tertular virus Hepatitis A. Akan tetapi, terdapat pula vaksin Hepatitis B. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang memilih melakukan perjalanan ke daerah endemis hepatitis B (Seperti Afrika, Amerika Selatan, Asia Tengah dan Asia Tenggara) hendaknya tak melupakan untuk melakukan vaksinasi Hepatitis B. Begitu juga bagi orang bekerja pada bidang kesehatan atau yang melakukan kontak lewat darat atau melakukan kontak seksual dengan masyarakat di daerah tersebut. Hepatitis B ini merupakan virus yang menginfeksi hati dan banyak terjadi pada orang dewasa. Oleh karena ini, hendaknya Sahabat Tour Aqsa melakukan vaksinasi yang bertujuan untuk melindungi diri dari berbagai virus. Jangan lupa untuk melakkan vaksinasi tersebut sebelum keberangkatan.

Cara Memilih Jasa Travel Tour Terpercaya

Biaya Tour Aqsa Jakarta
Biaya Tour Aqsa Jakarta
  1. Harga Yang Rasional

Hendaknya Sahabat Tour Aqsa jangan mudah tergiur memilih tawaran paket wisata dengan harga yang murah. Siapa yang tidak suka bisa liburan ke luar negeri dengan harga yang murah, namun perlu teliti dan hati-hati. Penawaran harga murah tersebut bisa saja terjadi akibat ketidaklengkapan dan minimnya fasilitas yang akan disediakan selama wisata. Hendaknya sahabat Tour Aqsa menanyakan juga mengenai fasilitas apa saja yang akan diperoleh dengan harga paket perjalanan yang ditawarkan dengan harga murah tersebut, yakni apakah sudah meliputi transportasi, akomodasi hingga snack dan lain sebagainya. Hal ini tidak lain karena banyak jasa travel yang menggunakan cara menawarkan promo harga murah namun setelah sampai ke negara tujuan, sahabat tour Aqsa harus mencari makan dan akomodasi sendiri, dan banyak pula pengeluaran-pengeluaran yang tidak ditanggung, yang harus dibayar sendiri, dan lain sebagainya.

  1. Cara Pembayarannya Jelas

Untuk melihat bahwa jasa travel memang meyakinkan, sahabat Tour Aqsa dapat melihat dari cara pembayarannya pula. jasa travel yang resmi pada umumnya menggunakan jasa perbankan untuk transaksi pembayarannya. Pastikan bahwa jasa travel tersebut memiliki rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi. Selain itu, hindari jasa travel yang meminta pelunasan pembayaran di awal pedaftaran. Hal ini dilakukan agar Sahabat Tour Aqsa tak mengalami penipuan yang bisa saja terjadi.

  1. Memiliki Ijin Resmi

            Langkah pertama yang hendaknya diperhatikan sebelum memilih jasa travel yang hendak dipercaya ialah dengan memperhatikan ijin resmi pihak travel. Hal ini dikarenakan untuk memastikan bahwa jasa travel tersebut memang berhak untuk memberangkatkan serta telah terverifikasi. Dengan begitu, jasa travel tersebut dapat dikatakan aman untuk digunakan apabila telah terdaftar resmi. Dengan mengetahui kejelasan terkait jasa travel perihal ijin resminya, maka Sahabat Tour Aqsa akan terhindar dari kasus penipuan dana ataupun penggelapan dana oleh pihak travel. Bagi sahabat Tour Aqsa yang mencari jasa travel yang tepat dan terpercaya, Satutours Travel adalah solusinya. Karena paket yang disediakan Satutours Travel telah legal dan terverifikasi. Oleh karena itulah, keamanan tentunya telah jelas dan tak perlu untuk diragukan lagi.

Travel Tour Aqsa di Jakarta Selatan
Travel Tour Aqsa di Jakarta Selatan

Itulah Sekilas Informasi Travel Tour Aqsa terpercaya bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berkunjung ke Al – Aqsa. Semoga suguhan informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *