Informasi Tour Aqsa Terlengkap

Informasi Tour Aqsa Terlengkap

Sebagai umat muslim, pastinya Sahabat Tour Aqsa ingin berkunjung ke beberapa tempat bersejarah yang berkaitan dengan peristiwa istimewa yang diyakini umat islam kan? Tentunya tak terkecuali kawasan Al – Aqsa yang kini dibanjiri para wisatawan. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Al – Aqsa menjadi bagian penting dalam peristiwa istimewa yang pernah terjadi di sejarah islam. Peristiwa istimewa yang pernah terjadi di Al – Aqsa ini ialah peristiwa isra’ Miraj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad untuk memenuhi perintah Allah Swt. Di dalam peristiwa inilah yang menjadi momen penting yakni Nabi Muhammad Saw mendapat wahyu untuk melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Tentunya wahyu ini diperuntukkan bagi umatnya di semesta alam ini. Dari sekilas kisah inilah Al – Aqsa kini menjadi kawasan suci yang menjadi destinasi kunjungan umat muslim saat ingin pergi berlibur ke luar negeri. Untuk Sahabat Tour Aqsa yang berkeinginan untuk pergi berlibur kesana, Sahabat Tour Aqsa juga dapat mendaftar Tour Aqsa 2022. Dengan mendaftar Paket Tour Aqsa 2022, Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung ke Al – Aqsa dan memandang secara langsung bangunan – bangunan yang menjadi saksi bisu peristiwa istimewa yang pernah terjadi di masa silam. Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin berkunjung ke Aqsa dan negara sekitarnya yang kaya akan sejarah islamnya, Sahabat Tour Aqsa juga dapat berkunjung dengan paket Tour Aqsa Jordan mesir 2022. Untuk Informasi Tour Aqsa Terlengkap bisa Sahabat Tour Aqsa lihat berikut ini ya! Travel Tour Aqsa

Menariknya Kota Tua Yerusalem di Al Aqsa

Tampaknya Sahabat Tour Aqsa tak banyak yang tahu bahwa Al – Aqsa menyimpan berbagai kisah yang dilengkapi dengan keunikannya. Berdasarkan sejarah, diketahui bahwa kawasan ini pernah diperebutkan oleh Yordania dan Israel. Kemudian, menurut informasi negara Israel berhasil menguasai bagian barat. Sedangkan Yordania berhasil menguasai timur Yerusalem hingga tahun 1967. Ada beberapa keunikan Al – Aqsa yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui. Apa saja? Berikut lebih jelasnya!

  1. Terdapat Lebih Dari 1.500 Taman dan Kebun Umum

Hal istimewa serta uniknya Yerusalem ialah di dalamnya terdapat lebih dari 1.500 taman serta kebun umum. Bayangkan saja, di sebuah kota yang berada di daerah gurum, kota Yerusalem ini terdapat kawasan yang hijau. Diketahui bahwa lebih dari 1.500 taman serta kebun umum berada di kawasan kota Yerusalem. Sahabat Tour Aqsa dapat melihat flora dan fauna yang berada di kota Yerusalem ini sekaligus menikmari kehijauan taman yang sunggub meneduhkan.

  1. Menjadi Pusat Teknologi Dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

Saat tahun 2015, sebuah majalah yakni majah Time menobatkan kota Yerusalem sebagai salah satu pusat tekonologi tinggi yang diketahui tumbuh paling cepat di dunia. Tentunya hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Hal ini dikarenakan kota Yerusalem dianggap sebagai kawasan yang tertinggal oleh berkembangnya zaman, baik secara ekonomi dan sosial serta secara fundamental ditantang karena konstruksi geopolitik dan sosialnya yang unik.

  1. Terdapat 60 Museum

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Kota Tua Yerusalem di Al Aqsa terdapat 60 museum yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi. Diketahui bahwa di Yerusalem tersedia museum seni, museum sejarah, museum sains dan lain sebagainya.

  1. Menjadi Pusat Ziarah Tiga Agama

Keunikan yang paling terlihat di kawasan Yerusalem Al Aqsa ini ialah menjadi pusat ziarah bagi tiga agama. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa umat islam meyakini bahwa kawasan ini sebagai tempat Nabi Muhammad Saw melakukan peristiwa Isra Miraj. Kemudian, umat kristen meyakini bahwasannya sebagai tepat Yesus menderita dan juga menang. Lalu bagi umat Yahudi, kawasan ini menjadi bukti kemegahan serta kemerdekaan prasejarah, serta sebagai pusat kebangkitan nasional. Diketahui bahwa kawasan ini terdapat lebih dari 50 gereja Kristen, 33 masjid Muslim serta 300 sinagog Yahudi. 

  1. Kawasannya Dikelilingi Oleh Tembok

Uniknya kawasan kota Yerusalem di Al – Aqsa ini memanglah berbeda dengan kota yang lainnya. Karena di kota Yerusalem ini kawasannya dikelilingi oleh tembok sepanjang 2,5 mil dengan tinggi 40 kaki. Diketahui terdapat 34 menara pengawas telah tersebar di sepanjang tembok. Di zaman kuno, seluruh kota dikelilingi tembok tinggi untuk melindungi dari serangan musuh. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin masuk ke kota Yerusalem, Sahabat Tour Aqsa dapat masuk melalui satu dari tujuh gerbang yang tersedia.

  1. Menjadi tempat Kelahiran Tokoh Terkenal

Keunikan kota tua Yerusalem yang selanjutnya ialah menjadi tempat kelahiran tokoh terkenal. Seperti pemenang piala Oscar sekaligus pembuat film yakni Natalie Portman yang merupakan keturunan Israel dan Amerika ini lahir di Yerusalem. Kemudian, penulis skenario yang memenangkan penghargaan Emmy yakni Novelis Amos OZ serta sutradara Gideon Raff juga berasal dari Yerusalem. 

  1. Wisata yang Mempesona Bagi Wisatawan

Tak bisa dibohongi bahwa kawasan Yerusalem memanglah mempesona. Sebab itu, tak heran apabila wisatawan tertarik untuk berkunjung ke kawasan ini. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pariwisata di kota Yerusalem menjadi penyumbang besar perekonomian negara. Tentunya hal ini menjadi salah satu sumber pendapatan yang utama. Karena diketahui ada sekitar 3,5 juta wisatawan mengunjungi kawasan ini setiap tahunnya. Selain pesonanya yang menawan, Yerusalem juga kaya akan tradisi, budaya, sejarah serta kulinernya.

  1. Terdapat Banyak Toko Kippah

Saat Sahabat Tour Aqsa berada di Yerusalem, Sahabat Tour Aqsa akan menemui keunikan disana yakni terdapat banyaknya toko kippah. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang tak mengetahui kippah, kippah ialah sejenis peci yang digunakan sebagai penghormatan kepada Tuhan pada saat berdoa. Kippah menjadi salah satu jenis souvenir yang sering dibeli wisatawan pada saat berkunjung ke Yerusalem. 

  1. Kota Pertama Yang Menjalankan Trem

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa kawasan Yerusalem menjadi kota pertama yang menjalankan Leight Rapid Transit (LRT) atau disebut sebagai Trem. Diketahui bahwa terdapat sebuah jalur yang melintasi di jantung kota tua Yerusalem ini. Hal inilah yang membuat transportasi ke berbagai daerah di Yerusalem menjadi lebih mudah. Sekedar informasi bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian bahwa Trem di Yerusalem dapat dinaiki setiap 10 menit.

Mengulas Beragam Kisah di Masjidil Aqsa

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Al – Aqsa menjadi Tanah Suci ketiga yang diyakini dalam umat islam. Kawasan yang diyakini sebagai  tanah suci ketiga ini berada di Kota Al – Quds, Palestina. Dari beragam jenis kota di dunia ini, dalam ajaran agama Islam terdapat tiga kota yang suci nan mulia. Kota yang dianggap suci nan mulia ini ialah Makkah al – Mukarramah, Madinah al – Munawwarah serta Al – Quds. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa dari ketiga kota tersebut letaknya berada di tanah yang suci. Mekkah dan Madinah menjadi tempat berdirinya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Perihal keutamaan masjid yang menjadi lokasi Ka’bah tersebut, Nabi Muhammad Saw bersabda bahwasannya “Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100 ribu (kali) shalat di masjid lainnya.” Tak sampai disitu, keistimewaan Masjid Nabawi ini pun dinyatakan oleh Nabi Muhammad Saw bahwasannya “Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama dari seribu kali shalat di masjid lain.” (HR Bukhari dan Muslim).

Memang benar adanya bahwa kawasan Al – Quds merupakan rumah bagi Masjidil Aqsa. Terlebih Masjid ini merupakan masjid yang dibangun kedua di bumi ini setelah Masjidil Haram. Dalam sejarah Islam, kedudukan Al – Aqsa amatlah berarti. Karena di kawasan inilah kiblat umat muslim dalam menjalankan sholat. Begitupun dengan Nabi Muhammad Saw serta para pengikutnya yang kala itu melaksanakan sholat dengan menghadap ke arah kiblat ini. Pada saat perintah sholat lima waktu diturunkan, umat muslim tetap berkiblat ke arah Masjidil Aqsa selama 17 bulan lamanya hingga turunnya Surat Al – Baqarah ayat 144. Dalam firmannya Allah memberi perintah untuk memalingkan kiblatnya ke Ka’bah. Tak sampai disitu, Al – Aqsa pun menjadi salah satu tujuan Nabi Muhammad Saw pada saat hendak memenuhi perintah Allah dalam pelaksanaan Isra Miraj. Dari Makkah, Nabi Muhammad Saw menaiki Buraq yang diingi dengan Malaikat Jibril menuju ke Al – Quds. Kemudian, dilanjut dari Masjidil Aqsa Nabi Muhammad naik ke Sidratul Muntaha untuk menyaksikan berbagai kebesaran Allah serta menerima perintah shalat lima waktu. Lalu dari langit ketujuh, Nabi Muhammad Saw kembali lagi ke Makkah. Semua perjalanan itu ditempuh, secara jasmani sekaligus rohani dan hanya dalam waktu satu malam.

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa makna dari kata Al – Aqsa memiliki arti “yang paling jauh”. Diketahui bahwa tolak ukur jauhnya merupakan posisi dari Makkah, sehingga Masjidil Haram seolah – olah menjadi masjid yang terdekat dan Masjid di Al – Quds tersebut terjauh letaknya. Secara geografis, Masjidil Aqsa berada di Kota Al – Quds atau dikenal dengan Baitul Maqdis. Keberadaannya persis diatas dataran tinggi Murayya atau biasa dikenal dengan Gunung Baitul Maqdis. Sebutan gunung ini hanya berlaku untuk umat muslim saja. Karena orang – orang yahudi menyebutnya dengan Gunung Haikal. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bagian – bagian di Masjidil Aqsa. Apa saja? Berikut lebih jelasnya.

  1. Masjid Qadim

Ada hal yang menarik pada bangunan di kawasan Masjidil Aqsa ini yakni pada bangunan Masjid Qadim yang penamaannya dikarenakan bangunan tersebut lebih dulu didirikan daripada bagian – bagian lain yang ada di kawasan Al – Aqsa. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa sebutan lain untuk Masjid Qadim ini ialah Masjid Janubi atau Masjid Jami’ Qibli karena letaknya di arah kiblat. Pendiri dari masjid ini ialah Umar bin Khattab yang kala itu menjabat sebagai khalifah yang berhasil membebaskan Al – Quds dari jajahan Romawi. Untuk bangunan saat ini yang dapat Sahabat Tour Aqsa lihat merupakan renovasi dari Khalifah Abdul Malik bin Marwan dan putranya Malik. Masjid yang dilengkapi dengan kubah perak ini memiliki luas sekitar 4.500 meter persegi dari total luas Al – Aqsa dan untuk kapasitasnya sekitar 5.500 jamaah. Tak jauh dari sini, terdapat Masjid Umar serta Musholla Qadim. Bangunan di Masjid Umar terdapat atap yang bersambung dengan Jami’ Qibli. Sedangkan untuk Musholla Qadim terdiri atas dua paviliun yang dapat menampung hingga seribu jamaah.

  1. Masjid Ash – Shakhrah

Masjid Ash – Shakhrah merupakan salah satu bangunan yang berada di kawasan Masjidil Aqsa yang sering disebut juga dengan Dome of the Rock. Bangunan yang berdiri saat Dinasti Umayyah berkuasa ini dapat dianggap sebagai komponen yang pesonanya paling mencolok di antara seluruh bagian Al – Aqsa. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa kubahnya berwarna keemasan. Bangunan ini memiliki diameter 20 meter dengan tinggi 10 meter dan jaraknya dari permukaan tanah ialah 30 meter. Berbeda halnya dengan bangunan lain di kawasan Masjidil Aqsa yang menampilkan corak arsitektur Islam klasik yang terinspirasi dari budaya Romawi Timur (Bizantium). Umat muslim meyakini bahwa di batu yang berada disini lah Nabi Muhammad Saw melakukan peristiwa Isra Miraj. Sebab itu, kesuciannya sering disamakan dengan Hajar Aswad yang berada di Masjidil Haram.

  1. Masjid al – Buraq

Salah satu dari sekian bangunan yang berada di Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwasannya di kawasan Masjidil Aqsa terdapat bangunan Masjid yang bernama Al – Buraq. Penamaan masjid ini dikarenakan di lokasi ini kendaraan yang digunakan Nabi Muhammad Saw saat Isra Miraj di tambatkan disini. Seperti halnya Ash – Shakhrah bahwa pembangunan masjid ini dilakukan sejak Bani Umayyah. Akan tetapi, bentuknya yang kini dapat Sahabat Tour Aqsa lihat ialah hasil renovasi pada masa sultan di masa dinasti Mamluk. Kawasan Masjid Al – Buraq ini diketahui memiliki luas yang ditaksir sekitar 100 meter persegi yang berada di samping tembok barat Al – Aqsa. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Zionis seringkali memicu konflik di sana karena menganggap bahwa tembok masjid tersebut merupakan bagian dari sisa Haikal Sulaiman atau yang disebut sebagai Tembok Ratapan. Di area kawasan Al – Aqsa yang tepatnya berada di sisi barat daya, terdapat bangunan Masjid Al – Magharibah yang diketahui dibangun oleh Sultan Shalahuddin al – Ayyubi.

Selain itu, ada pula Musholla An – Nisa. Pada mulanya, bagian dari tanah suci ketiga ini sesuai namanya yakni menjadi tempat bagi jamaah perempuan. Akan tetapi, saat ini ia menjadi pusat perpustakaan Al – Aqsa. Adapun pada sisi tenggara kawasan Al – Aqsa, terdapat Musholla Al – Marwani. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa bangunan seluas 4.000 meter persegi tersebut didirikan oleh Khalifah Walid bin Abdul Malik. Ketika Al – Quds diserbu oleh Pasukan Salib, bagian Al – Aqsha ini dialih fungsikan menjadi kandang kuda. Ada hal yang selanjutnya perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Gerbang al – Magharibah yang berada di kawasan masjidil Aqsa ini disebut pula dengan Gerbang Buraq karena dekat dengan tembok Masjid al – Buraq. Akan tetapi, terdapat satu gerbang pada tembok tersebut yang saat ini telah ditutup paksa oleh Yahudi karena diklaim sebagai bagian dari Tembok Ratapan.

  1. Terdapat Beberapa Menara Serta Kubah

Ada yang menarik dari kawasan Masjidil Aqsa ini karena pesonanya yang mirip dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa pesona Masjidil Aqsa ini juga dilengkapi dengan adanya menara – menara. Lokasinya berada tepat di atas berbagai gerbang Masjidil Aqsa, seperti Gerbang Al – Magharibah, As – Silsilah atau Al – Asbath. Selain menara, terdapat pula kubah – kubah yang menjadi ciri khas di kawasan Masjidil Aqsa. Tak hanya kubah emas serta perak yang terdapat pada Masjid Qubbah ash – Shakhrah dan Jami’ Qibli, akan tetapi ada pula beberapa kubah lagi yang menarik perhatian.

Salah satunya ialah Kubah Nabi yang berada di sisi barat Qubbah ash – Shakhrah yang dibangun pada abdan ke 16 M. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa kubah ini diketahui menandakan titik tempat Nabi Muhammad Saw yang diyakini pernah mendirikan shalat ketika peristiwa Isra Miraj.

  1. Terdapat 25 Sumur di dalam Kompleks

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa untuk pengairam di sekitar kawasan kompleks Masjidil Aqsa ini mengandalkan beberapa sumber air dari area setempat. Diketahui abhwa terdapat 25 sumur yang ada di dalam kompleks tersebut. Dari ke 25 sumur tersebut tak diketahui secara pasti kapan masa penggaliannya. Namun, dari ke 25 sumur yang ada kini terdapat 2 sumur utama yang dianggap paling penting. Hal ini karena kedua sumur tersebut masih mengalirkan airnya hingga kini. Kedua sumur yang dianggap penting tersebut bernama Sumur Al – Jannah dan Sumur Rumanah.

Inilah Usaha Nuruddin Zanki Guna Hasilkan Generasi Pembebas Al – Aqsa

Tahukah Sahabat Tour Aqsa pada saat umat islam berada di ambang kehancuran karena kemunduran, kecintaan terhadap duniawi serta pertikaian ini membuat pasukan salib mencari kesempatan untuk memasuki dan berniat menguasai tempat suci yakni Masjidil Aqsa. Namun, perlahan kebangkitan Islam mulai terwujud dengan bangkitnya dinasti Zanki di Mosul. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Imanuddin Zanki menyusun negara yang kuat membentang dari Mosul hingga Ma’arat An – Nu’man pada 521 H.  Dengan tegas, Imanuddin Zanki menyatakan tekadnya memperkuat fondasi umat Islam serta mempersiapkan diri untuk menghadapi seluruh bahaya yang mengancamnya dari segala arah. Setelah Imanuddin Zanki wafat, posisinya digantikan oleh Nuruddin Zanki. Nuruddin Zanki merupakan salah satu tokoh yang dididik para ulama dalam pelajaran – pelajaran ilmu. Pada masa kepemimpinan Nuruddin inilah terjadi perubahan yang besar. Kesultanan Zanki menjadi pusat pertemuan tokoh – tokoh  serta murid – murid madrasah yang memiliki visi yang sama. Diketahui bahwa Nuruddin Zanki telah membuka pintu lebar – lebar bagi setiap orang yang mau berjuang di jalan Allah. Kemudian, kesultanan menempatkan setiap individu atau kelompok guna melaksanakan tugas sesuai keahlian yang dimiliki masing – masing. Dalam kepemimpinannya, Nuruddin Zanki memiliki enam kebijakan yang menjadi salah satu upayanya untuk membangkitkan umat serta melahirkan generasi pembebas Al – Aqsa. Beragam kebijakan tersebut antara lain :

  1. Pertama

Mempersiapkan masyarakat sekaligus generasi islami, membersihkan kehidupan keagamaan serta budaya dari perngaruh aliran pemikiran yang menyimpang seperti aliran kebatinan, filsafat yunani serta tatacara ibadah serta ritual yang dikembangkan oleh kerajaan Fatimiyah.

  1. Kedua

Membangun sistem pemerintahan yang Islami, meratakan keadilan dan solidaritas sosial.

  1. Ketiga

Menghilangkan permusuhan antar madzab, membangun beragam kekuatan Islam dan mengkoordinasi potensi dalam satu pola aksi dan kepemimpinan yang integral serta saling mendukung.

  1. Keempat

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membangun berbagai fasilitas dan infrastruktur publik.

  1. Kelima

Membangun kekuatan militer serta mengembangkan industri perlengkapan perang.

  1. Keenam

menghapus kerajaan – kerajaan kecil yang berada di wilayah Syam serta menyatukan kendali pemerintahan Syam, Mesir dan Jazirah Arab.

Itulah sekilas Informasi Tour Aqsa Terlengkap bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana berlibur ke Al – Aqsa. Semoga informasi ini dapat membantu serta menambah pengetahuan Sahabat Tour Aqsa sebelum berlibur ke Al – Aqsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *