5 Masjid Yang Ada Di Masjidil Aqsa

5 Masjid Yang Ada Di Masjidil Aqsa

5 Masjid Yang Ada Di Masjidil Aqsa

Setelah sahabat tour Aqsa mendapatkan Travel tour Aqsa Jakarta maka jangan lupa mencari info mengenai 5 masjid yang ada di masjidil Aqsa. Tentunya lokasi Masjidil Aqsa sendiri memiliki beberapa masjid dimana memiliki sejarah tersendiri, namun saat ini masih banyak orang yang mengetahui bahwa Masjidil Aqsa merupakan nama untuk sebuah masjid saja padahal terdapat beberapa masjid yang terdapat di dalamnya. Dengan mengetahuinya tentunya akan membantu sahabat tour Aqsa untuk mendapatkan pengetahuan baru mengingat masih banyak orang yang jarang berkunjung ke masjid ini karena terdapat konflik di dalamnya. Padahal berkunjung ke masjid ini akan membantu sahabat tour Aqsa untuk mengetahui sejarah dalam agama Islam, sebab masjid ini merupakan saksi bisu dari sejarah di dunia dari mulai perang Salib hingga sejarah Isra’ dan Mi’rajnya Nabi Muhammmad SAW.

1. Masjid Qibli

Masjidil Qibli Masjid yang ada di Komplek masjidil Aqsa
Masjidil Qibli Masjid yang ada di Komplek masjidil Aqsa

Masjid Qibli merupakan salah satu bagian dari Masjidil Aqsa, dimana masjid ini berada di selatan Masjidil Aqsa. Tentunya banyak sekali sejarah yang terjadi di masjid ini dimana pernah dijadikan sebagai istana saat Perang Salib namun fungsinya dikembalikan oleh setelah kemenangan umat Islam dalam Perang Salib kedua, penamaan masjid ini sendiri karena arahnya yang sama dengan arah kiblat. Masjid ini sendiri dibangun oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayyah dan disempurnakan pada masa kepemimpinan anaknya yaitu Al-Walid bin Abdul Malik. Pada saat pertama sekali dibangun, masjid ini hanya memiliki 15 lorong namun setelah diperbarui setelah terjadinya gempa maka masjid ini telah memiliki 7 lorong saja.

2. Masjid Al Sakhra

Masjid Dome Of The ROCK
Masjid Dome Of The ROCK

Dikenal sebagai dome of rock atau kubah batu, masjid ini termasuk dalam 5 masjid yang ada di masjidil Aqsa. Namun berbeda dengan namanya, masjid ini memiliki kubah emas bahkan banyak yang mengira bahwa masjid ini merupakan Masjidil Aqsa. Untuk kaum Yahudi sendiri menyebut masjid ini sebagai Tempel Mount, bangunan ini memiliki bentuk persegi delapan dimana untuk strukturnya mengambil dari tradisi arsitektur khas Bizantium pada abad ke 7. Pada saat terjadinya perang Salib masjid ini pernah dijadikan sebagai kapel dan ruang bawah tanahnya menjadi kandang kuda.

3. Masjid Mawarni

Masjid yang satu ini merupakan masjid yang berlokasi di bawah Masjidil Aqsa dimana masjid ini lebih luas dibandingkan masjidil Aqsa sendiri. Tidak heran jika masjid ini mampu menampung hingga 14.000 jamaah, walaupun masjid ini terlihat seperti basement pada Masjidil Aqsa.

4. Masjid Buraq

Masjidi Buraq sendiri terletak di bagian barat daya Masjidil Aqsa dimana masjid ini diyakini sebagai tempat Nabi Muhammad SAW memakirkan Buraq ketika akan melakukan perjalanan Isra’ dan Mi’raj. Tentunya masjid ini termasuk dalam bagian dari Masjidil Aqsa.

5. Jami’ Al-Aqsa

Masjid Qodim
Masjid Qodim

Masjid yang satu ini merupakan masjid yang berkubah biru dimana terletak di bagian selatana dari komplek Masjidil Aqsa. Masjidil Aqsa sendiri merupakan nama komplek dari bangunan ini bukan nama sebuah bangunan, masjid ini sendiri merupakan tempat Umar bin Khattab shalat Jumat ketika berkunjung ke Yarussalem dimana Umar pula yang memerintahkan untuk membangun masjid di tempat ini. Oleh sebab itu inilah 5 masjid yang terdapat pada Masjidil Aqsa, dimana sahabat tour Aqsa wajib mengetahui sebelum melakukan Tour Aqsa Jakarta nanti sehingga dapat menambah ilmu dan tidak bingung mengingat tempat ini memiliki banyak sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *