5 Masjid di Masjidil Aqsa

5 Masjid di Masjidil Aqsa

5 Masjid di Masjidil Aqsa

5 Masjid di Masjidil Aqsa
5 Masjid di Masjidil Aqsa

Tour Aqsa memang selalu menjadi paket tour favorit yang ditawarkan oleh banyak Travel Tour Aqsa terutama bagi wisatawan muslim yang memang menginginkan wisata religi.

Wisata Religi Di Aqsa

Berwisata memang menjadi sebuah aktifitas yang menyenangkan. Apalagi jika dari aktifitas wisata tersebut bisa memberikan manfaat atau edukasi, misalnya saja wisata religi. Wisata religi di Aqsa selain bisa memberikan pengalaman menjelajah tempat baru juga bisa sekaligus menjadi wisata edukasi. Karena seperti yang Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Yerusalem ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Bukan rahasia umum lagi jika Yerusalem memang menyimpang banyak sejarah penting, terutama yang berkaitan dengan perjalanan Islam. Banyak sekali bangunan dan tempat bersejarah yang menjadi saksi perjuangan Islam. Bahkan bisa dikatakan Yerusalem menyimpan banyak rahasia perjalanan Islam yang luar biasa. Sehingga ketika memutuskan untuk melakukan tour Halal ke Yerusalem, maka ada banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Bisa dikatakan bahwa ketika Sahabat Tour Aqsa melakukan  Tour Aqsa ini akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah Islam. Banyak sekali bangunan – bangunan bersejarah di Yerusalem yang menjadi saksi perjalanan Islam. Dan sebagian kini menjadi destinasi wisata wajib dikunjungi. Banyak Travel Tour Aqsa yang menjadikan 5 Masjid di Masjidil Aqsa sebagai bagian dari wisata religi, antara lain :

Masjid Al Aqsa

Wisata religi memang masih menjadi favorit wisatawan muslim. Selain Mekkah dan Madinah, Yerusalem juga menjadi salah satu pilihannya. Destinasi wisata pertama ketika Tour Aqsa terutama Masjid Aqsa. Menurut cerita, Masjid Aqsa merupakan masjid yang disucikan oleh Islam.

Pada masa kejayaan Romawi, masjid ini dipergunakan sebagai istana sekaligus markas. Kemudian setelah kejayaan Romawi berakhir, Aqsa berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim. Masjid Aqsa mampu menampung jamaah hingga ribuan orang.

Menurut cerita, Masjid Aqsa memiliki beberapa keunggulan yaitu :

  • Merupakan masjid yang disucikan dalam Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
  • Masjid Aqsa merupakan kiblat pertama bagi umat muslim sebelum Ka’bah.
  • Aqsa juga menjadi tempat terjadinya Isra’ Mi’raj.
  • Masjid Aqsa (tanah Palestina) adalah tanah yang sangat diberkahinoleh Allah SWT serta dijauhkan dari segala kesyirikan.

Melihat beberapa keistimewaan diatas, rasanya tak heran jika akhirnya banyak Travel Tour Aqsa yang memasukkan Aqsa sebagai bagian dari wisata religi.

Dome Of The Rock

Dome Of The Rock
Dome Of The Rock

Selain Masjid Aqsa, dalam Tour Aqsa juga wajib mengunjungi Dome Of The Rock. Sama halnya dengan Masjid Aqsa, Dome Of The Rock ini juga memiliki sejarah Islam didalamnya. Masjid ini dibangun sekitar tahun 700 – an Masehi. Dome Of The Rock sendiri merupakan bukti kejayaan Dinasti Umayyah. Masjid ini memiliki ciri khas kubah emasnya.

Didalam Dome Of The Rock ini terdapat sebuah batu yang dipercaya menjadi pijakan Nabi Muhammad SAW pada saat melakukan Isra’ Mi’raj. Ada pula versi yang menyebutkan bahwa batu tersebut menjadi tempat Nabi Ibrahim AS menyembelih anaknya. Dengan cerita – cerita inilah, tak heran jika setiap Travel Tour Aqsa memasukkan Dome Of The Rock sebagai bagian dari tour.

Masjid Marwan

Masjid ketiga yang bisa dikunjungi saat  Tour Aqsa adalah Masjid Marwan. Jika Sahabat Tour Aqsa ingin mengetahui tentang sejarah masjid ini, mungkin tidak akan menyangka sebelumnya kalau masjid ini dulunya merupakan sebuah kandang kuda. Lokasinya yang berada dibawah tanah didalam kompleks Masjid Aqsa rasanya tak heran jika dulunya memang berfungsi sebagai kandang kuda.

Bekas ikatan tali kudanya pun masih ada hingga kini. Namun setelah Yerusalem bebas dari perang, seorang khalifah bernama Marwan mengubah kandang kuda tersebut menjadi tempat ibadah. Hingga sampai sekarang, tempat ini difungsikan sebagai masjid yang diberi nama sesuai penemunya yaitu Masjid Marwan. Travel Tour Aqsa umumnya juga memasukkan masjid ini kedalam halal tour Aqsa.

Masjid Buraq

Masjid selanjutnya yang memiliki nilai sejarah islam adalah Masjid Buraq. Dalam Tour Aqsa memang tak ada salahnya mengunjungi masjid yang satu ini karena berdasarkan cerita, Masjid Buraq merupakan tempat dimana Nabi Muhammad SAW mengikat kuda bersayap.

Kuda bersayap ini konon merupakan binatang yang dinaiki oleh Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj. Tempatnya sangat sempit dna berada dibawah tanah. Untuk bisa mencapai tempat ini bisa menuruni tangga. Masjid Buraq sudah ditutup selama berabad – abad. Namun saat ini dibuka untuk umum setiap hari Jum’at dan hari – hari tertentu saja mengingat bangunannya sudah mulai mengalami keretakan.

Jika Sahabat Tour Aqsa mengunjungi Yerusalem untuk napak tilas perjalanan Nabi Muhammad SAW, maka Masjid Buraq bisa menjadi salah satu destinasinya. Beberapa Travel Tour Aqsa yang menawarkan paket tour religi ke Aqsa biasanya juga memasukkan Masjid Buraq ini kedalam itenerarynya.

Masjid Qibly

Selain keempat masjid yang sudah disebutkan diatas, ada satu masjid lagi yang termasuk kedalam 5 Masjid di Masjidil Aqsa yaitu Masjid Qibly. Mungkin Sahabat Tour Turki bertanya – tanya tentang apa keistimewaan yang dimiliki oleh masjid ini. Tak berbeda dari keempat masjid sebelumnya, masjid Qibly juga memiliki nilai sejarah Islam yang cukup penting.

Sejak pertama kali dibangun, masjid ini sudah mengalami beberapa kali pemugaran. Letaknya berada diselatan Masjid Aqsa dan ketika masa perang salib, Masjid Qibly ini sempat difungsikan sebagai  kantor, tempat tinggal pasukan serta gereja. Namun ketika pasukan muslim mampu mengalahkan pasukan salib, Masjid Qibly difungsikan kembali sebagaimana mestinya yaitu sebagai masjid untuk beribadah.

Sama seperti beberapa masjid yang ada dikompleks Masjid Aqsa, Masjid Qibly juga mampu menampung ribuan jamaah. Berdasarkan cerita, Masjid Qubly merupakan masjid yang berada pada masa Umar Bin Khatab.

Dari semua penjelasan diatas, ternyata tak hanya Masjid Aqsa saja yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata halal atau wisata religi di Yerusalem. Karena ternyata dikompleks Masjid Al Aqsa sendiri ada 4 masjid lain yang juga memiliki nilai sejarah Islam yang tak kalah menarik untuk diketahui.

Dari semua penjelasan diatas, ternyata tak hanya Masjid Aqsa saja yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata halal atau wisata religi di Yerusalem.
Dari semua penjelasan diatas, ternyata tak hanya Masjid Aqsa saja yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata halal atau wisata religi di Yerusalem.

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin melakukan tour religi dan memilih Aqsa sebagai tujuan utamanya, maka tak perlu bingung karena disekitaran masjid Aqsa sendiri ternyata memiliki banyak tempat lain, baik yang berupa bangunan masjid maupun bangunan lain. Dimana semuanya memiliki nilai sejarah Islam.

Memilih wisata religi ke Aqsa memang menjadi pilihan yang tepat terutama bagi Sahabat Tour Aqsa yang beragama Islam. Selain bisa berkunjung ke Yerusalem yang, begitu terkenal Sahabat Tour Aqsa bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah. Sehingga swlain berwisata, sahabat Tour Aqsa bisa sekaligus menambah pengetahuan tentang sejarah Islam di Yerusalem.

Tak perlu bingung jika Sahabat Tour Aqsa belum pernah ke Aqsa sebelumnya. Karena saat ini sudah ada banyak sekali travel tour yang bisa membantu mewujudkan tour religi ke Aqsa tersebut. Sehingga impian untuk wisata halal ke Aqsa bisa dengan mudah dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *