5 Hal yang Tidak Banyak Orang Ketahui Soal Aqsa

5 Hal yang Tidak Banyak Orang Ketahui Soal Aqsa

5 Hal yang Tidak Banyak Orang Ketahui Soal Aqsa

Pengetahuan dan juga pengalaman wisata religi adalah salah satu hal yang sangat penting yang bisa didapatkan dari perjalanan Tour Aqsa yang Sahabat Tour Aqsa lakukan. Untuk Sahabat Tour Aqsa yang memiliki rencana untuk melakukan wisata tour Aqsa, ada juga beberapa pengetahuan yang mungkin perlu Sahabat Tour Aqsa tahu terlebih dahulu. Salah satunya adalah mengenai 5 hal menarik yang tidak banyak diketahui oleh orang tentang Aqsa berikut ini.

paket tour aqsa jakarta 2020
paket tour aqsa jakarta 2020

Hal menarik # 1 : Merupakan dome pertama

Salah satu hal menarik dari Aqsa yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang mengenai Aqsa adalah mengenai dome yang ada di kompleks Aqsa. Aqsa bukan hanya sebuah masjid tapi terdiri dari kompleks yang sangat luas dengan pusat bangunan dengan dome berwarna emas. Dome ini ternyata bukan sembarang dome. Dome ini namanya adalah Dome of the Rock.

Dome ini awalnya dibangun dengan menggunakan konstruksi kayu kemudian dilapisi dengan menggunakan batu marmer. Setelah dilapisi dengan batu marmer, bagian paling luar diberikan lapisan emas yang membuatnya menjadi sangat istimewa hingga saat ini. Pelapisan emas yang terjadi pada dome ini dilakukan oleh Ottoman Caliph Suleiman. Selain memiliki arsitektur yang unik dome ini merupakan bangunan pertama dengan bentuk “dome” dalam sejarah keislaman.

Hal menarik # 2 : Memiliki perpustakaan

Hal menarik lainnya yang dimiliki oleh Aqsa adalah mengenai bangunan perpustakaan yang dimilikinya. Tidak banyak orang yang tahu, tapi Aqsa adalah salah satu tempat yang sangat penting dan spesial karena merupakan sebuah monumen pengingat mengenai kejadian Isra’ Mi’raj dan bahkan pernah menjadi kiblat pertama bagi umat Islam. Keistimewaan yang dimiliki oleh Aqsa ini menyebabkan tempat ini memiliki sebuah perpustakaan sendiri dan menjadikan perpustakaan ini sebagai salah satu dari 5 Hal yang tidak banyak orang ketahui soal Aqsa.

tour muslim aqsa 2020 di jakarta
tour muslim aqsa 2020 di jakarta

Perpustakaan yang ada di Aqsa ini dibangun pada 1923. Lalu apa saja yang disimpan di dalam perpustakaan ini? Ada banyak hal yang disimpan di perpustakaan ini. Mulai dari manuskrip pening dalam sejarah keislaman, tulisan-tulisan yang berhubungan dengan agama Islam yang pernah dipublikasikan dan juga mengenai penelitian yang dilakukan oleh orang Arab.

Hal menarik # 3 : Merupakan tempat yang menyaksikan keajaiban

Hal menarik lain dari Aqsa adalah mengenai hal apa saja yang pernah disaksikannya. Ada banyak hal yang sudah disaksikan oleh bangunan di Aqsa hal ini disebabkan karena bangunan di daerah ini memang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Di antara banyaknya kejadian yang sudah disaksikan oleh bangunan di Aqsa ini, salah satu kejadian yang paling menarik yang pernah disaksikan oleh Aqsa adalah keajaiban yang didapatkan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat Isra’ Mi’raj.

Pada Isra’ Mi’raj dalam kepercayaan Islam, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari masjid Mekah ke Masjid Al Aqsa. Perjalanan inilah yang kemudian disebut dengan Isra’ Mi’raj. Namun ternyata perjalanan dari Yerusalem ke Mekah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ini terjadi dengan sangat magis. Pasalnya banyak orang percaya bahwa Nabi Muhammad SAW dipindahkan dengan menunggang binatang surga dari Mekah ke Yerusalem. Bahkan setelah dari Mekah ke Yerusalem, dipercaya Nabi Muhammad SAW juga berkendara dengan tunggangannya ke surga. Bangunan masjid Aqsa ini disinyalir sebagai salah satu saksi bisu mengenai keajaiban yang terjadi tersebut.

paket tour perjalanan ke aqsa di jakarta 2020
paket tour perjalanan ke aqsa di jakarta 2020

Hal menarik # 4 : Masjid Al Aqsa pernah hampir hangus terbakar

Salah satu dari 5 Hal yang tidak banyak orang ketahui soal Aqsa adalah mengenai peristiwa kebakaran yang pernah terjadi di Aqsa. Peristiwa ini merupakan salah satu peristiwa penting dari Aqsa. Hal ini disebabkan karena kebakaran yang besar ini menyebabkan kondisi dari masjid menjadi sangat membahayakan dan hampir rubuh.

Kejadian ini terjadi pada tahun 1969 tepatnya pada bulan Agustus tanggal 21. Peristiwa kebakaran ini di sebut di mulai dari api yang sengaja dibuat oleh seorang pria ekstremis dari Australia yang bernama Denis Michael Rohan. Api yang di buat oleh pria ini digunakan untuk membakar bagian Masjid Qibly dan hampir menyebabkannya runtuh karena hangus terbakar. Karena hal ini, bagian Aqsa tersebut harus menjalani renovasi.

Hal menarik # 5 : Mesir pernah membantu renovasi dari bagian Aqsa

Selain di renovasi setelah dibakar oleh pria ekstremis yang disebutkan sebelumnya, renovasi lain juga terjadi pada Aqsa pada beberapa waktu. Salah satunya adalah pada awal abad ke 20. Pada masa itu renovasi dilakukan cukup besar. Renovasi ini tepatnya dilakukan sekitar tahun 1924. Pada kegiatan renovasi tersebut ada banyak orang yang terlibat. Tidak hanya orang dalam Aqsa tapi juga orang dan bahkan pemerintah negara lain.

perjalanan tour aqsa mei 2020
perjalanan tour aqsa mei 2020

Salah satu negara yang ikut andil dalam menjaga keutuhan dari Aqsa hingga saat ini adalah Mesir. Pada tahun tersebut, Mesir mengutus salah satu tenaga teknik bangunan terbaik yang dimilikinya untuk membantu proses renovasi yang dilakukan pada Masjid Aqsa. Bahkan tidak hanya menyumbangkan tenaga, selai menyumbangkan tenaga, Mesir juga membantu dalam hal ekonomi yang dilakukan pada renovasi. Masa indah di mana Mesir membantu kegiatan renovasi yang dilakukan pada masjid Aqsa ini terjadi pada masa Raja Farouk. Untuk salah satu hasil pendanaan yang didapatkan oleh masjid Aqsa adalah bagian langit-langit dari masjid.

Menyaksikan fakta menarik dari masjid Aqsa

Selain mengenai fakta yang disebutkan sebelumnya, masih ada banyak fakta menarik lain yang dimiliki oleh Aqsa sebagai salah satu situs penting sejarah dalam agama Islam. Untuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai Aqsa dan juga hal unik yang ada di dalamnya yang tidak banyak diketahui oleh orang lain, Sahabat Tour Aqsa bisa datang sendiri ke Aqsa untuk mencari tahu. Dengan datang ke Aqsa sendiri Sahabat Tour Aqsa bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru yang pastinya sangat menarik dan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Kegiatan wisata religi Sahabat Tour Aqsa akan makin afdol jika Sahabat Tour Aqsa menggunakan jasa tour untuk menjalankan liburan. Dengan menggunakan jasa tour, maka Sahabat Tour Aqsa tidak perlu repot dan bingung mengenai mana tempat yang harus dikunjungi dan apa makna religi suatu tempat karena pihak tour akan menjelaskannya dengan baik.

paket tour mesir 2020
paket tour mesir 2020

Namun untuk mendapatkan pengetahuan yang lengkap, Sahabat Tour Aqsa tidak boleh memilih jasa Travel Tour Aqsa sembarangan untuk wisata. Pastikan Sahabat Tour Aqsa hanya menggunakan jasa tour Touraqsa.com untuk membantu perjalanan. Ada banyak kelebihan yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan jika menggunakan jasa ini. Selain nyaman, harga paket yang dimiliki oleh Touraqsa.com ini juga murah dan sesuai dengan akomodasi yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan. Hal inilah yang membuat jasa Touraqsa.com bisa menjadi jasa travel terbaik untuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin datang dan mengungkap banyak rahasia di Aqsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *