5 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Aqsa

5 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Aqsa

5 Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Aqsa

Paket tour Aqsa 2021
Paket tour Aqsa 2021

Jika sahabat tour Aqsa mendengar kata Aqsa, pasti yang terlintas di pikiran kalian adalah masjid yang berada di negara Palestina. Untuk sahabat tour Aqsa yang akan mengunjungi negara Palestina, sebelum menggunakan pelayanan travel tour Aqsa Jakarta, harusnya menelisik 5 hal yang harus Anda ketahui tentang Aqsa. Simak beberapa uraian berikut !

  1. Kiblat Pertama Umat Muslim

 

tour aqsa terpercaya di jakarta
tour aqsa terpercaya di jakarta

Masjid Al Aqsa yang terletak di Kota Yerussalem merupakan kiblat pertama bagi umat muslim seluruh dunia. Masjid ini juga termasuk dalam salah satu dari tiga masjid yang dianjurkan sebagai tujuan ibadah umat Islam yakni Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al Aqsa. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa umat muslim yang melakukan ibadah shalat di Masjid Aqsa maka hitungan pahalanya sama dengan 250 kali shalat di Masjid lainnya.

  1. Kubah Pertama di Dunia

Jika sahabat tour Aqsa selama ini berpikir bahwa kubah merupakan salah satu arsitektur Islam, maka itu adalah kesalahan. Kubah bukan berasal dari arsitektur Islam. Hal itu dikarenakan Islam tidak membawa langsung budaya fisik dan tidak mengajarkan tata bentuk arsitektur.

Masjid yang berada di kompleks Masjid Al Aqsa atau yang lebih dikenal dengan Masjid Qubbat as Sakhrah atau Masjid Kubah Batu adalah sebuah bangunan masjid pertama yang memiliki kubah. Dalam kubah tersebut terdapat satu batu besar yang merupakan tempat berdirinya Rasulullah SAW saat hendak naik ke langit dalam peristiwa Isra’ Mi’raj.

  1. Tempat Lahir Kitab Ihya Ulumuddin

Aqsa merupakan tempat lahirnya buku Ihya Ulumuddin yang paling terkenal dan menjadi pedoman hidup umat Islam. Penulisnya merupakan ulama besar yakni Abu Hamid Al Ghazali. Saat menulis buku tersebut beliau diketahui tinggal di Masjid Al Aqsa yang hingga kini ada sebuah bangunan untuk menandai lokasi kamar lama Al Ghazali.

  1. Tempat Pemakaman Para Nabi

Nabi Sulaiman adalah salah satu yang yang diyakini meninggal di sekitar Masjid Al Aqsa serta makamnya juga terletak dalam komplek tersebut. Memang tidak ada catatan pasti terkait berapa Nabi yang dimakamkan di komplek tersebut. Namun kabar yang diketahui bahwa saat meninggal, Nabi Sulaiman sedang memantau kegiatan pembangunan Al Aqsa.

  1. Tidak Hanya Ada Satu Masjid di Al Aqsa

tour aqsa jakarta
tour aqsa jakarta

Kebanyakan orang berpikir bahwa Al Aqsa hanya terdiri dari satu masjid saja, namun kenyataannya Al Aqsa adalah wilayah yang ada di dalam pagar. Terdapat beberapa bangunan yang berfungsi sebagai masjid, mushalla, sekolah, sumber ai, sumur dan lainnya. Masjid yang terdapat di komplek Al Aqsa antara lain adalah Masjid Al Qibly, Masjid Buraq, Masjid Marwani dan beberapa masjid lainnya.

Masjid Al Aqsa terletak di sebelah selatan Masjid Qubbta As Sakhrah. Memiliki panjang banguna sekitar 83 meter dengan lebar 56 meter. Mampu menampung 5000 mah. Jika ditambah dengan luas daerah sekelilingnya adalah sekitar 144.000 meter persegi dan mampu menampung 400.000 jamaah. Faktanya adalah masjid Al Aqsa berkubah lebih gelap karena terbuat dari timah. Menurut hadis Nabi, masjid ini dibangun 40 tahun setelah Ka’bah.

Setelah membaca 5 hal yang harus anda ketahui tentang Aqsa, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan tour Aqsa Jakarta lengkap dengan kunjungan ke tempat-tempat terbaik tentunya dengan memilih travel tour yang baik pula.

Semoga uraian di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk memeriksa barang bawaan sahabat tour Aqsa mulai dari kamera hingga perlengkapan lainnya. Nikmati perjalanan menyenangkan tanpa ada momen yang terlewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *