5 Hal Yang Belum Diketahui Kebanyakan Orang Soal Aqsa

5 Hal Yang Belum Diketahui Kebanyakan Orang Soal Aqsa

5 Hal Yang Belum Diketahui Kebanyakan Orang Soal Aqsa

Terdapat 5 hal yang belum diketahui kebanyakan orang soal Aqsa, oleh sebab itu ada baiknya jika sahabat tour Aqsa mengetahui hal ini. Apalagi saat sudah banyak Travel tour Aqsa Jakarta yang bisa Anda gunakan jasanya jika ingin berlibur ke tempat ini, mengingat Masjidil Aqsa tidaklah asing bagi umat Islam. Sebab masjid ini termasuk dalam golongan masjid tersuci bagi umat Islam selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, sebab masjid ini juga pernah dijadikan sebagai kiblat pertama untuk shalat. Kehadiran masjid ini juga tidak dapat dipisahkan dari peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, apalagi masjid ini berdiri di atas kompleks suci untuk 3 agama yaitu Islam, Nasrani dan Yahudi. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika sahabat tour Aqsa berlibur ke tempat ini apabila ingin mendapatkan suasana yang baru.

1. Terdapat banyak masjid

tour aqsa dari jakarta
tour aqsa dari jakarta

Nama Al-Aqsa sendiri digunakan untuk menyebutkan situs yang berlokasi di Palestina bagian Timur ini, padahal masjid Al-Aqsa bukanlah satu-satunya masjid yang berada di lokasi tersebut sehingga banyak orang yang dibuat bingung. Sebenarnya nama tempat ini adalah Al Haram Asyarif yang berarti tanah suci yang mulia, tempat ini sendiri terdiri dari beberapa masjid selain Masjidil Aqsa seperti Masjid Qibli, Masjid Al Sakhra atau yang biasa dikenal sebagai Dome of Rock, Masjid Buraq, Masjid Mawarni dan masih banyak lagi. Tentunya setiap msjid memiliki bagian dari sejarah Islam, tentunya hal ini termasuk dalam 5 hal yang belum diketahui kebanyakan orang soal Aqsa.

2. Merupakan makam para nabi

Tempat ini juga tidak hanya memiliki beberapa masjid namun juga sebagai tempat makam untuk para nabi, tentunya tidak ada catatan mengenai berapa banyak nabi yang dimakamkan di tempat ini. Akan tetapi beberapa nabi dan sahabat Nabi Muhammad SAW dimakamkan di tempat ini salah satunya adalah Salman Farsi. Salah satu nabi yang diyakinkan dimakamkan di tempat ini adalah Nabi Sulaiman  yang meninggal di sekitar Masjidil Aqsa.

3. Pernah menjadi tempat sampah

tour aqsa di jakarta selatan
tour aqsa di jakarta selatan

Pada saat bangsa Romawi merebut wilayah Yerusalem dan mengusir seluruh orang Yahudi, tempat ini pernah dijadikan sebagai tempat sampah. Hal ini terjadi pada tahun 70 maseho dimana di bawah perintah Raja Titus, para tentara Romawi menguasai Yerusalem dan menghancurkan seluruh bangunan suci. Tentunya peralihan kekuasaan terus terjadi hingga pada saat Yerusalem dikuasai oleh Khalifah Umar bin Khattab,  dimana pada saat itu Umar membersihkan sampah di Masjidil Aqsa menggunakan tangannya sendiri.

4. Menjadi tempat lahirnya kitab besar

Masjidil Aqsa merupakan tempat dimana salah satu buku yang terkenal di dalam literatur Islam yaitu Ihyaa Ulum Al-Din yang merupakan karya besar dari Imam Al-Ghazali lahir. Tentunya masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini, dimana terdapat sebuah kamar di bawah kubah masjid yang menjadi lokasi tempat penulisan buku tersebut.

5. Menjadi lokasi pembantaian

Tempat ini juga pernah dijadikan sebagai tempat pembantaian pada saat perang Salib, dimana pada saat itu Tentara Salib menemukan banyak penduduk masjid di dalam masjid ini dan mengesekusinya dengan menyalibkan mereka pada sebuah salib besar yang dapat dilihat hingga sekarang. Oleh sebab itu sebelum melakukan Tour Aqsa Jakarta maka sahabat tour Aqsa wajib mengetahui hal ini agar menambah pengetahuan dan tidak bingung ketika berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *