5 Destinasi Wajib Saat ke Masjidil Aqsa

5 Destinasi Wajib Saat ke Masjidil Aqsa

5 Destinasi Wajib Saat ke Masjidil Aqsa

5 Destinasi Wajib Saat ke Masjidil Aqsa
5 Destinasi Wajib Saat ke Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa memang menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Selain itu, keindahan arsitekturnya membuat siapapun yang berkunjung akan jatuh hati. Namun, berkunjung ke Masjidil Aqsa tidak melulu hanya menikmati keindahannya saja. Masih ada 5 destinasi wajib saat ke Masjidil Aqsa yang sayang untuk Sahabat tour Aqsa lewatkan. Nah berikut ini wisata sekitar Masjidil Aqsa.

Dome of Rock

Dome of Rock menjadi salah satu bangunan yang masih satu kompleks dengan Masjid Al Aqsa. Dalam tour Aqsa, Dome of Rock memang sayang untuk Sahabat tour Aqsa lewatkan. Dikarenakan masih dalam satu kompleks Masjid Al Aqsa, banyak wisatawan yang mengira bahwa Dome of Rock itu adalah Masjidil Aqsa. Padahal keduanya merupakan dua bangunan yang sangat berbeda. Bagi bangsa Yahudi Dome of Rock dikenal dengan sebutan Temple of Mount of Gunung Kuil.

Dome of Rock mengadopsi gaya Bizantium dari abad ke-7.
Dome of Rock mengadopsi gaya Bizantium dari abad ke-7.

Dome of Rock merupakan bangunan yang menyimpan nilai historis. Konon katanya, Dome of Rock adalah batu yang dipercaya sebagai tempat di mana Nabi Muhammad SAW berpijak sebelum perjalanan Israj Mi’raj. Namun ada juga yang meyakini bahwa Dome of Rock adalah tempat di mana Nabi Ibrahim AS akan menyembelih anaknya, Nabi Ismail. Kepercayaan lainnya mengatakan bahwa Dome of Rock merupakan tempat di mana Nabi Daun AS dilahirkan.

Hal menarik dan unik lainnya dari Dome of Rock adalah bangunan yang memiliki bentuk persegi delapan. Gaya arsitektur Dome of Rock mengadopsi gaya Bizantium dari abad ke-7. Bentuk kubah dari Dome of Rock yang menawan diduga sebagai pelopor pengguna kubah masjid dengan bentuk setengah bola saat ini. Selain itu, Dome of Rock dikenal sebagai salah satu bangunan yang memiliki kubah terindah di dunia.

Kota tua Yerusalem

Destinasi wajib selanjutnya dalam travel tour Aqsa adalah Kota tua Yerusalem. Kota tua Yerusalem merupakan salah satu kota yang bersejarah. Di sini, Sahabat tour Aqsa bisa menjumpai berbagai bangunan bersejarah. Selain itu, ada juga museum sejarah, kitab agama samawi Yerusalem hingga pemandangan yang unik.

Untuk menikmati keindahan dari kota tua Yerusalem, tidak lain dengan berjalan kaki. Sahabat tour Aqsa tidak bisa dikatakan mengunjungi Yerusalem, kalau belum berkunjung ke kota Tua Yerusalem ini. Kota tua Yerusalem juga dikenal dengan kota suci bagi umat Kristiani dan Yahudi.

Bahkan, kota tua Yerusalem juga memiliki peranan penting bagi agama islam. Pasalnya, dulu Yerusalem digunakan sebagai kiblat umat muslim sebelum akhirnya Nabi Muhammad SAW memindahkan kiblat ke arah Kabah.

Kota Yerusalem memang selalu bergema di hati umat islam, yahudi dan kristen. Walaupun sering terjadi konflik
Kota Yerusalem memang selalu bergema di hati umat islam, yahudi dan kristen. Walaupun sering terjadi konflik

dan perselisihan dalam pembahasan kota ini. Pasalnya, ketiga agama memiliki cerita tersendiri akan kota tua Yerusalem. Walaupun begitu, baik umat islam, yahudi dan kristen tetap menghormati kota yang suci ini.

Bukan hanya menyimpan nilai sejarahnya yang tinggi. Kota tua Yerusalem juga dibagi menjadi tiga bagian. Di mana ada bagian untuk umat Kristiani, ada pembagian untuk umat yahudi dan pembagian untuk para muslim di sana. Di setiap bagian akan dibatasi dengan tembok batu yang mengeliling masing – masing area dengan agama yang berbeda.

Gunung Sion

Kunjungan selanjutnya dalam tour Aqsa dan sayang untuk terlewatkan oleh Sahabat tour Aqsa adalah Gunung Sion. Gunung Sion adalah gunung yang berada di bagian barat kota tua. Di jaman Romawi dan Yunani, Gunung Sion masuk ke dalam gunung di sisi Old City. Gunung yang berlokasi di luar kota Yerusalem ini memiliki nilai historis bagi orang Yahudi. Pasalnya, Gunung Sion erat hubungannya dengannya alkitab milik orang Israel.

Banyak yang mengatakan kalau Bukit Sion merupakan bukit yang suci. Saat ini, Gunung Sion merupakan salah satu tempat untuk mempelajari Al Kitab. Banyak dari orang kristen dan yahudi yang mendaki bukit yang satu ini, sesampainya di puncak Gunung Sion, mereka bersama – sama akan membaca alkitab dan mempelajarinya.

Banyak yang mengatakan kalau Bukit Sion merupakan bukit yang suci.
Banyak yang mengatakan kalau Bukit Sion merupakan bukit yang suci.

Untuk bisa mendaki Gunung Sion bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan tenaga dan pikiran yang fokus. Selain itu, perbekalan juga harus lengkap, jangan sampai kurang bekal saat sampai di puncak bukit.

Selain itu, air minum juga harus tersedia lebih. Pasalnya, cuaca di Yerusalem cukup lumayan terik sehingga membuat Sahabat tour Aqsa akan mudah haus. Bagi Sahabat tour Aqsa mungkin akan mengalami perbedaan cuaca di sini, sehingga membuat Sahabat tour Aqsa mudah pusing, berkunang – kunang dan dehidrasi. Jangan lupa siapkan juga obat – obatan pribadi saat mengunjungi Bukit Sion.

Dari Gunung Sion, Sahabat tour Aqsa bisa melihat kemegahan akan Masjidil Aqsa dengan pemandangan kota Yerusalem yang indah.

Bukit Zaitun

Bukit Zaitun menjadi destinasi travel tour Aqsa berikutnya. Bukit yang terletak di bagian Timur kota Yerusalem memiliki 3 puncak. Di namakan sebagai bukit Zaitun karena memang pernah ada perkebunan zaitun di lereng bukit ini.

Seperti yang diketahui buah tin merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk muslim. Sangking istimewanya buah yang satu ini, ada salah satu surat di Al Quran yang menyandingkan buah tin dengan buah zaitun. Saat ini buah tin juga banyak dibudidayakan di Indonesia.

Kota Deir Ghassana

Tidak ketinggalan selain Kota Tua Yerusalem, dalam tour Aqsa jangan lupa mengunjungi Kota Deir Ghassana. Kota yang sedikit menjauh dari Yerusalem ini, berada di kawasan tepi barat. Tepatnya, kota Deir Ghassana terletak di bagian utara kota Ramallah. Kota yang satu ini merupakan kota yang menarik dari Palestina. Maka sangat disayangkan oleh Sahabat tour Aqsa lewatkan.

Daya tarik dari kota Deir Ghassana yang bisa Sahabat tour Aqsa saksikan adalah banyaknya bangunan – bangunan kuno yang masih terbuat dari batu. Bangunan tersebut sudah berdiri sejak abad ke 18.

Selain itu, Sahabat tour Aqsa juga akan menjumpai berbagai rumah – rumah dari warga Deir Ghassana yang masih mempertahankan akan tradisi lama mereka. Di mana setiap sudut rumah memiliki sumur – sumur tua. Sumur – sumur tua yang berada di setiap sudut rumah merupakan sebuah bunker yang digunakan untuk menyimpan air, minyak zaitun dan juga biji – bijian. Ketiganya sangat dibutuhkan saat musim paceklik tiba atau saat perang.

kota Deir Ghassana memiliki berbagai sajian kuliner yang khas.
kota Deir Ghassana memiliki berbagai sajian kuliner yang khas.

Sama halnya dengan berbagai lokasi wisata lainnya di Palestina, kota Deir Ghassana memiliki berbagai sajian kuliner yang khas. Kota Deir Ghassana menjadi tempat terbaik bagi Sahabat tour Aqsa yang ingin mencoba berbagai kudapan khas Palestina yang menggugah selera. Selain itu, Kota Deir Ghassana juga merupakan kota yang sejuk, tidak seperti kebanyakan tempat di Timur Tengah lainnya yang sangat terik dan panas.

Itu dia 5 destinasi wajib saat ke Masjidil Aqsa. Bukan hanya tentang Masjid Al Aqsa saja, banyak masih tempat lainnya yang bisa Sahabat tour Aqsa jelajahi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *